Preview Copa America 2015 Semifinal: Argentina vs. Paraguay

Argentina tinggal dua langkah lagi untuk mengakhiri puasa gelar di even mayor. Terakhir kali tim Tango meraih trofi internasional di tingkat senior adalah ketika Gabriel Batistuta dkk menjuarai Copa America 1993. Terhitung, sudah 22 tahun lamanya La Albiceleste menuai kegagalan. Padahal, skuat mereka selalu dihuni oleh para pemain bertalenta kelas dunia.

Tahun ini, tuan rumah Chile sudah menunggu di final setelah tadi pagi WIB (30/06) menghempaskan tim kejutan Peru dengan skor 2-1. Namun, sebelum meladeni Arturo Vidal dkk di partai puncak, Argentina harus terlebih dahulu menyingkirkan Paraguay yang sempat menahan seri mereka pada laga perdana grup B.

Memang, di atas kertas, Argentina yang secara kualitas lebih unggul, tidak akan kesulitan untuk membekuk Paraguay. Kekuatan tim Tango merata di semua lini. Meski demikian, Roque Santa Cruz dkk tidak bisa diremehkan begitu saja. Brazil sudah menjadi korban mereka di perempat final. Jika, Javier Mascherano dkk kembali terlena seperti pada laga perdana, tim asuhan Ramon Diaz itu bisa saja menghadirkan kejutan dan kembali lolos ke final seperti empat tahun yang lalu.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh Argentina adalah rasa frustrasi yang melanda bintang utama mereka, Lionel Messi. Hingga melakoni empat laga di Copa America 2015, La Pulga baru menorehkan satu gol. Itu pun lewat titik penalti ketika ditahan seri Paraguay di laga perdana.

Messi pun sempat mengakui betapa sulitnya mencetak gol bersama Argentina. Padahal, saat membela Barcelona, si Kutu sangat mudah dalam mengoyak gawang lawan-lawannya. Ibaratnya, dengan mata tertutup pun Messi bisa membikin gol saat berlaga bersama Andres Iniesta dkk. Namun, bersama tim Tango, situasi itu berbalik 180 derajat.

Tandem Messi di lini depan, Sergio Aguero, juga mengaku sering dicurhati oleh sahabatnya tersebut tentang kesulitannya dalam mencetak gol bersama Argentina di major event seperti Piala Dunia dan Copa America. Kun, demikian mantan menantu Diego Maradona itu biasa disapa, hanya bisa menghibur Leo untuk tetap tenang dan gol tersebut pasti akan datang.

Selain Messi, ambisi menggebu untuk meraih gelar juara bersama Argentina juga dirasakan oleh Angel Di Maria. Bahkan, winger yang penampilannya flop bersama Manchester United itu rela menukar semua trofi yang dia raih di tingkat klub demi sebuah titel bersama tim Tango. Termasuk, trofi Champions League yang dia rebut susah payah bersama Real Madrid tahun lalu.

Di lain pihak, penyerang veteran Paraguay, Roque Santa Cruz memperkirakan Argentina bakal tampil berbeda dibandingkan dengan laga pertama grup B yang lalu. Sergio Romero dkk pasti bakal lebih waspada dan tidak akan meremehkan Nelson Haedo Valdez dkk. Hingga kini, gawang tim Tango memang baru kebobolan dua gol di Copa America. Dan, dua gol tersebut seluruhnya diborong oleh Lucas Barrios dkk.

Paraguay sendiri sadar. Jika ingin membuat kejutan dan lolos ke final, mereka tidak bisa lagi tertinggal dua gol seperti pada laga perdana. Argentina tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Maka dari itu, Justo Villar akan berusaha mati-matian menjaga gawangnya agar tidak kebobolan dan berharap bisa mencuri gol lewat serangan balik. Selain itu, La Albirroja juga masih memiliki senjata pamungkas dengan memaksakan adu penalti seperti ketika Derlis Gonzalez dkk menghempaskan Brasil di perempat final.

***

Probable Line-ups

Argentina (4-3-3):
Romero; Zabaleta, Garay, Otamendi, Rojo; Biglia, Mascherano, Pastore; Messi, Aguero, Di Maria.
Coach: Tata Martino.

Paraguay (4-4-2):
Villar; M. Caceres, Silva, B. Valdez, Piris; Bobadilla, Ortigoza, Molinas, Benitez; Barrios, N. Valdez.
Coach: Ramon Diaz.

Referee: Sandro Ricci (BRA).
Venue: Estadio Municipal, Concepcion.
Kick-off: Wed, Jul 1, 2015, 06.30 WIB.
Live: KompasTV / K-Vision Bola Indonesia.

Prediction: Argentina 1-0 Paraguay.

Preview Copa America 2015 Semifinal: Argentina vs. Paraguay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s