Review Copa America 2015 Semifinal: Argentina 6-1 Paraguay

Argentina berhasil melaju ke babak final Copa America 2015 setelah menghancurkan tim kuda hitam Paraguay dengan skor 6-1 pada hari Rabu (1/7) pagi WIB kemarin. Dengan kemenangan ini, tim Tango sudah ditunggu oleh tuan rumah Chile untuk memainkan laga puncak di Santiago, hari Minggu (5/7) pagi WIB yang akan datang.

Setengah lusin gol Argentina pada laga semifinal kemarin disumbangkan oleh Marcos Rojo, Javier Pastore, Sergio Aguero, Gonzalo Higuain dan Angel Di Maria yang memborong dua gol. Sementara itu, satu-satunya gol hiburan Paraguay diceploskan oleh striker yang sebetulnya lahir dan besar di Argentina, Lucas Barrios.

Sejak awal laga, Argentina memang langsung menekan pertahanan Paraguay. Alhasil, setelah 15 menit, tim Tango sudah mampu meraih keunggulan lewat sepakan Marcos Rojo yang diawali oleh free-kick Lionel Messi. Pada menit ke-27, La Albiceleste kembali menambah gol lewat sontekan cantik Javier Pastore.

Tertinggal dua gol, pelatih Paraguay yang berasal dari Argentina langsung melakukan pergantian pemain. Derlis Gonzales dan Roque Santa Cruz ditarik keluar. Setelah itu, Ramon Diaz memasukkan Bobadilla dan Lucas Barrios. Keputusan ini terbukti tepat.

Pada menit ke-43, Barrios yang sudah menjebol Argentina pada laga perdana grup B, kembali mengoyak gawang Sergio Romero. Skor pun berubah menjadi 2-1. Para fans Albiceleste mulai terbayang-terbayang kegagalan tim kesayangan mereka meraih kemenangan setelah unggul dulu dua gol, seperti yang pernah terjadi pada pertemuan pertama.

Namun, kekhawatiran tersebut sirna pada awal babak kedua. Di Maria yang mendapatkan umpan matang dari Pastore tak menyia-nyiakan kesempatan untuk merobek gawang Justo Villar. Argentina pun kembali unggul dua gol dengan skor 3-1. Hal ini langsung membuat mental Paraguay yang semula membumbung tinggi menjadi jatuh.

Pada menit ke-53, Villar kembali harus memungut bola dari gawangnya. Tembakan Pastore yang masih mampu dia blok ternyata disambar oleh Di Maria untuk menciptakan gol keduanya. Argentina semakin di atas angin dengan skor 4-1. Paraguay pun tampak sudah kehabisan asa.

Sementara itu, Messi yang terus-menerus berusaha menjebol gawang lawannya, tetap gagal untuk menambah pundi-pundi golnya di Copa America. Entah mengapa, kran gol La Pulga seakan macet saat memperkuat Argentina di even mayor. Meski demikian, kontribusi peraih Ballon d’Or empat kali beruntun itu sangat besar bagi Albiceleste.

Keberhasilan Argentina kemarin tidak bisa dilepaskan dari aksi Messi yang mengobrak-abrik pertahanan Paraguay dengan aksinya membawa bola. Hal tersebut membuat para bek lawan hanya terfokus padanya dan akhirnya membuka ruang bagi para pemain Argentina lainnya untuk merangsek ke depan dan berpesta gol.

Pada menit ke-80, Kun Aguero tak mau ketinggalan dalam menggagahi gawang Paraguay. Menyambut crossing dari Di Maria, striker hasil binaan klub Independiente itu menanduk bola dan mengubah skor menjadi 5-1 untuk Argentina.

Setelah mencetak gol, Aguero langsung ditarik keluar oleh Tata Martino karena takut terkena kartu kuning. Selain Kun, Javier Mascherano sudah terlebih dahulu digantikan oleh Fernando Gago pada menit ke-77. Sebagai catatan, Aguero, Mascherano, dan Messi memang sudah mengantong satu kartu kuning dan terancam tidak bisa tampil di final seandainya pada laga kemarin kembali mendapat kartu kuning.

Pada menit ke-83, Gonzalo Higuain, yang baru masuk menggantikan Aguero, menutup pesta Argentina dengan golnya yang kedua di ajang Copa America 2015 ini. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor 6-1 tetap tidak berubah. Paraguay pun merana setelah di-Brazil-kan oleh La Albiceleste. La Albirroja harus puas dengan menghadapi Los Incas Peru pada laga perebutan tempat ketiga pada hari Sabtu (4/7) pagi WIB.

***

Ratings

Argentina (4-3-3): 7
Romero 6; Zabaleta 6.5, Otamendi 6.5, Demichelis 6.5, Rojo 7.5; Biglia 7, Mascherano 6.5/Gago 6 (77′), Pastore 8/Banega 6 (73′); Messi 9, Aguero 7.5/Higuain 6.5 (81′), Di Maria 9.
Coach: Tata Martino 7.

Paraguay (4-4-2): 5.5
Villar 5; B. Valdez 5.5, Aguilar 5, Da Silva 5.5, Piris 4.5; D. Gonzalez 5.5/Bobadilla 5 (27′), Caceres 5.5, Ortiz 5.5, Benitez 5.5; N. Valdez 6.5/Romero 5.5 (56′), Santa Cruz 5.5/Barrios 6.5 (30′).
Coach: Ramon Diaz 5.5.

Referee: Sandro Ricci 6.

Man of the Match: Lionel Messi.

Review Copa America 2015 Semifinal: Argentina 6-1 Paraguay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s