Review Formula 1 British Grand Prix 2015

Williams sempat membuat kejutan di awal lomba GP Inggris 2015. Felipe Massa yang start dari posisi ketiga langsung menyodok dan menyalip Lewis Hamilton dan Nico Rosberg sekaligus. Namun, pada akhirnya, berkat strategi pergantian ban dan guyuran hujan, sang pole sitter Hamilton-lah yang memenangi balapan di kandangnya sendiri, Minggu (5/7) kemarin.

Di lap pertama itu juga, safety car langsung keluar menyusul terjadinya insiden antara duo Lotus dan McLaren. Romain Grosjean, Pastor Maldonado, dan Jenson Button akhirnya harus out di awal lomba, sedangkan Fernando Alonso harus mengganti sayap depan yang rusak. Bagi Massa, hal ini juga merugikan. Pebalap asal Brasil itu terpaksa merelakan Hamilton dan Rosberg kembali mendekat di belakangnya.

Gebrakan Massa selepas start juga diikuti oleh rekan setimnya, Valtteri Bottas. Pebalap asal Finlandia itu juga mengancam duo Mercedes dan menyalip Rosberg di posisi ketiga. Hamilton, yang terlalu bernafsu menyalip Massa, akhir melebar dan posisinya juga diambil alih oleh Bottas.

Pada lap kelima, Hamilton dan Rosberg, untuk sementara, harus rela menonton di belakang duo Williams yang tampaknya saling berkejaran di depan. Nafsu Bottas untuk menyalip Massa akhirnya tak tersalurkan setelah ada perintah dari timnya untuk menahan diri. “No racing your teammate,” begitu bunyi team order dari Williams.

Keunggulan Williams di depan akhirnya memang tidak bertahan lama. Pada lap ke-19, Hamilton melakukan pergantian ban pertama dengan tipe hard. Massa dan Rosberg menyusul masuk ke pit bersamaan satu lap kemudian. Setelah pit stop tersebut, Massa harus merelakan posisinya diambil alih oleh Rosberg karena kalah cepat dalam mengganti ban. Keduanya keluar dari pit di belakang Hamilton.

Pada lap ke-21, tiba giliran Bottas yang sedang memimpin lomba untuk mengganti ban. Pit stop Bottas ini memakan waktu hingga 3,2 detik, saat keluar kembali ke lintasan, rekan senegara Kimi Raikkonen ini berada di belakang Hamilton dan harus threesome dengan Hamilton dan Massa. Sementara itu, duo Ferrari terus memburu keempat pebalap tersebut di posisi kelima dan keenam.

Pada lap ke-35, hujan mulai mengguyur Sirkuit Silverstone. Sebastian Vettel yang seorang rain master kemudian menyalip rekan setimnya sendiri di lintasan becek. Ferrari pun langsung gerak cepat dengan menyuruh Kimi masuk pit untuk mengganti ban dengan tipe intermediate pada lap ke-38. Namun, keputusan itu tampaknya terlalu cepat karena setelah itu hujan malah mereda. Strategi keliru itu akhirnya membuat pebalap cool idola wanita tersebut kehilangan banyak waktu.

Lintasan yang setengah kering dan setengah becek memang menyulitkan pebalap. Bottas akhirnya menjadi korban. Pebalap yang kabarnya diincar Ferrari sebagai pengganti Kimi itu ditikung oleh Rosberg dan mengambil alih posisi ketiganya. Hamilton yang berada di depan juga terus didekati oleh Massa di posisi kedua.

Tidak berapa lama kemudian, ada kabar hujan bakal kembali turun. Hamilton pun segera mengganti bannya dengan intermediate pada lap ke-43. Demikian juga dengan Sebastian Vettel yang bersamaan melakukan pit stop dengan pebalap asal Inggris itu. Saat keluar dari pit, Hamilton dengan mudah mengejar serta menyalip Massa dan kembali memimpin lomba.

Pada lap ke-44, giliran Rosberg yang mengganti bannya dengan intermediate dan keluar dari pit di belakang Hamilton. Duo Williams akhirnya juga melakukan pit stop mengikuti Rosberg. Tapi, keduanya sudah kehilangan banyak waktu dan harus puas berada di belakang Vettel yang menguntit duo Mercedes di posisi ketiga.

Hingga finish pada lap ke-52, Hamilton tetap unggul jauh 10 detik di depan Rosberg, diikuti Vettel 26 detik di belakangnya, yang secara luar biasa mampu mencuri podium dari Massa dan Bottas. Dengan kemenangan di kandang sendiri ini, Hamilton telah mencapai 194 poin dan masih kukuh di puncak klasemen. Rosberg dan Vettel di bawahnya baru mengumpulkan 177 dan 135 angka.

Balapan selanjutnya bakal tetap di Eropa, tepatnya di Budapest, Hungaria, dua pekan lagi. Apakah Rosberg berhasil mempertipis jarak dengan Hamilton sebelum sirkus F1 menjalani libur musim panas selama sebulan? Sampai jumpa di Hungaroring!

Review Formula 1 British Grand Prix 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s