Preview Formula 1 Magyar Nagydij 2015

Setelah istirahat tiga pekan, sirkus Formula 1 akan berlanjut weekend ini di Hungaria. Sirkuit Hungaroring di Budapest bakal menjamu para pebalap yang masih diselimuti suasanan duka atas meninggalnya Jules Bianchi. Mantan pebalap Marussia yang juga binaan Ferrari itu sebelumnya koma selama sembilan bulan setelah mengalami kecelakaan pada GP Jepang tahun lalu.

Selain menunggu aksi tim-tim papan atas, yang patut dicermati di Hungaria akhir pekan ini adalah perkembangan tim-tim papan bawah. Karakter sirkuit yang tidak membutuhkan tenaga besar bakal membuat tim-tim semacam Red Bull-Renault dan McLaren-Honda yang musim ini tampil loyo berpeluang naik podium atau minimal merebut poin.

Secara tampilan, trek di Sirkuit Hungaroring yang panjangnya 4,3 kilometer itu memang sangat sempit. Bahkan, saking sempitnya, sampai dijuluki sebagai “Monaco tanpa dinding”. Maka dari itu potensi salip-menyalip di sana sangat kecil dan sering kali membuat balapan berlangsung membosankan. Tak heran, banyak F1 mania yang memplesetkan Hungaroring menjadi Hungaboring.

Sebanyak 13 tikungan yang menghiasi Hungaroring berkarakter lamban. Jadi, jangan harap bakal disuguhi banyak aksi tikung-menikung akhir pekan ini. Posisi start pun menjadi sangat menentukan karena sulitnya melakukan over-taking. Maka dari itu, sesi kualifikasi pada hari Sabtu, bisa dibilang, menjadi lomba yang sesungguhnya bagi para pebalap.

Seperti halnya di Monaco, McLaren-Honda memang berambisi finish top ten lagi di Hungaria. Di Monte Carlo, Jenson Button berhasil “pecah telor” dengan mempersembahkan poin perdana bagi tim asal Inggris tersebut. Begitu juga dengan Fernando Alonso yang sudah gatal untuk bangkit karena berkali-kali gagal menyelesaikan lomba musim ini.

Selain McLaren, Red Bull juga memiliki misi untuk mengulangi capaian musim lalu ketika Daniel Ricciardo berhasil mencuri kemenangan dari duo Mercedes di Hungaroring. Hanya saja, musim ini kondisi tim asal Austria itu termasuk mengecewakan. Rekan setim Ricciardo, Daniil Kvyat pun termasuk salah satu pebalap yang waspada dalam menyongsong balapan di Hungaria.

Bagi para pebalap pemula, Hungaroring memang sulit ditaklukkan, seperti halnya Monaco. Mereka menganggap trek sirkuit tersebut terlalu sempit untuk mobil F1 masa kini. Sekali saja melakukan kesalahan dalam melibas tikungan, para pebalap bakal keluar jalur dan menabrak dinding pembatas.

Sementara itu, Mercedes yang tahun lalu dipecundangi Ricciardo, musim ini bertekad meraih kemenangan di Hungaroring. Dengan kecepatan yang mereka miliki, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg bakal tidak tertandingi saat sesi kualifikasi. Jika pole position berhasil diamankan, seharusnya tidak ada alasan bagi the Silver Arrows untuk kembali gagal kali ini.

Begitu juga dengan Ferrari, duet Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen seharusnya mampu meraih hasil baik setelah akhir-akhir selalu dikangkangi oleh Williams. Jika menilik kiprah tim Kuda Jingkrak di Monaco yang karakternya mirip Hungaroring, seharusnya posisi podium di belakang duo Mercedes bisa diraih. Meski demikian, ancaman bakal tetap datang dari duo Valtteri Bottas dan Felipe Massa yang berambisi mengalahkan dua juara dunia tersebut.

Dengan cuaca yang diperkirakan bakal kering dan panas, strategi ban juga akan memainkan peran penting di Hungaroring weekend ini. Para pebalap dituntut untuk menghemat pemakaian ban yang bakal boros saat digeber di atas trek yang sangat menyengat. Pirelli selaku pemasok akan menyediakan dua tipe ban, yaitu medium dan soft.

Formula 1 Pirelli Magyar Nagydij 2015 akan dimulai pada hari Jumat, 24 Juli 2015, dengan sesi Free Practice 1 (15.00 WIB) dan Free Practice 2 (19.00 WIB). Hari Sabtu, 25 Juli 2015, akan diawali sesi Free Practice 3 (16.00 WIB) dan dilanjutkan sesi Qualifying (19.00 WIB). Hari Minggu, 26 Juli 2015, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 19.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

#CiaoJules

Preview Formula 1 Magyar Nagydij 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s