Review Formula 1 Magyar Nagydij 2015

Hungaroring, yang biasanya diplesetkan menjadi Hungaboring karena saking membosankannya, pada hari Minggu (26/07) kemarin menyajikan balapan yang penuh drama dan cukup menghibur para F1 mania. Kisah utamanya adalah keberhasilan Sebastian Vettel mencuri kemenangan dari duo Mercedes yang biasanya begitu superior. Kemenangan di GP Hungaria kemarin adalah kemenangan kedua musim ini, setelah GP Malaysia, bagi pebalap Ferrari tersebut.

Selain harus merelakan victory untuk Vettel, untuk pertama kalinya musim ini dua pebalap Mercedes gagal menaiki podium. Lewis Hamilton hanya finish di posisi keenam, sedangkan Nico Rosberg, lebih buruk lagi, di posisi kedelapan. Padahal, dari sembilan seri sebelumnya, the Silver Arrows mengangkangi delapan kemenangan dan hanya “kecurian” oleh Ferrari di Sepang, Malaysia.

Keterpurukan Mercedes kemarin memang tidak terduga. Bayangkan, sejak hari Jumat, saat sesi latihan bebas, Hamilton selalu memuncaki catatan waktu dengan menjadi pebalap tercepat. Begitu juga saat sesi kualifikasi, the Silver Arrows menguasai start 1-2 dengan Hamilton menduduki pole position.

Bencana bagi Mercedes bermula saat lomba baru dimulai. Vettel, yang start dari posisi ketiga, langsung melibas Hamilton dan Rosberg. Rekan setimnya, Kimi Raikkonen, yang start di posisi keenam, dengan sigap langsung mengikuti di belakangnya. Tak ayal, Ferrari pun langsung memimpin lomba dengan posisi 1-2 pada lap pertama.

Karena start yang buruk, Hamilton, yang semula berada di pole position, melorot ke posisi ketiga. Sialnya, saat berusaha menyalip Rosberg yang berada di posisi kedua, mantan kekasih Nicole Scherzinger itu malah melebar dan semakin anjlok ke posisi ke-10. Lewat radio, Hamilton pun langsung menuduh Rosberg sengaja menutup jalur balap dan memaksanya keluar lintasan. Tampaknya, friksi di tubuh Mercy bakal kembali memanas.

Meski demikian, terdampar di posisi ke-10 bukan akhir dari segalanya bagi Hamilton. Dengan mengerahkan segala kemampuan dan dihiasi duel dengan Felipe Massa, mantan pebalap McLaren itu sedikit demi sedikit berhasil merangsek ke posisi kelima pada lap ke-24. Pada lap ke-29, Hamilton kemudian memanfaatkan DRS untuk menyalip Daniel Ricciardo di posisi keempat. Setelah itu, dia memburu rekan setimnya, Rosberg, yang sedang berada di posisi ketiga di belakang duo Ferrari.

Upaya Hamilton untuk kembali menembus tiga besar terbantu oleh insiden yang kali ini melibatkan pebalap Force India, Nico Hulkenberg. Sayap depan Hulk mrothol dan sejurus kemudian mobil pebalap asal Jerman itu menghajar pagar pembatas. Safety car pun terpaksa harus keluar. Hamilton, yang semula tertinggal sekitar delapan detik di belakang Rosberg, diuntungkan dengan adanya safety car. Gapnya kembali menipis seperti di awal lomba.

Kembali dikuntit oleh Hamilton membuat Rosberg berusaha menjauh. Setelah safety car masuk, putra juara dunia F1 Keke Rosberg itu langsung menggeber mobilnya dan berhasil menyalip Kimi yang mengalami loss of power di posisi kedua. Melihat aksi pesaingnya itu, Hamilton juga tak tinggal diam dan langsung tancap gas untuk menembus tiga besar.

Namun, nasib buruk kembali menimpa Hamilton. Saat lagi getol-getolnya memburu podium, mobilnya mengalami serempetan dengan Daniel Ricciardo. Pebalap Mercedes itu pun dikenai drive-through penalty karena dianggap bersalah. Seusai menjalani hukuman, Hamilton kembali terlempar ke belakang.

Sementara itu, Kimi yang sebelumnya mengeluh mobilnya kehilangan tenaga, akhirnya memang ngadat saat mengganti ban. Meski masih mampu keluar dari pit dan terpuruk di posisi ke-17, juara dunia tahun 2007 itu akhirnya memutuskan untuk kembali garasi dan mengakhiri lomba tanpa poin beberapa lap sesudahnya.

Dengan mogoknya Raikkonen, posisi tiga besar dikuasai oleh Vettel, Rosberg, dan Ricciardo. Namun, sial bagi Rosberg, saat lagi bersemangat mengejar Vettel, tiba-tiba Ricciardo menyundulnya dari belakang. Ban Rosberg pun sobek, sedangkan sayap depan Ricciardo mrothol.

Beruntung bagi Ricciardo, setelah melakukan pit stop untuk mengganti sayap depan, pemenang GP Hungaria tahun lalu itu masih mampu kembali ke posisi ketiga di belakang rekan setimnya, Daniil Kvyat. Sementara itu, apes bagi Rosberg, setelah mengganti ban, dia terpuruk di posisi ke-10. Dengan hanya beberapa lap tersisa, musnah sudah peluangnya untuk meraih kemenangan di Hungaroring.

Bagi Kvyat, balapan kemarin menorehkan rekor sebagai pebalap termuda yang berhasil naik podium setelah Vettel di GP Italia pada tahun 2008. Selain itu, podium GP Hungaria kemarin juga merupakan podium pertama bagi pebalap asal Russia tersebut. Bagi Red Bull, untuk pertama kalinya musim ini dua pebalapnya naik podium karena Ricciardo juga berhasil finish di posisi ketiga.

Bagi Vettel, kemenangan di GP Hungaria kemarin adalah yang ke-41 di F1, sekaligus menyamai rekor sang legenda Ayrton Senna. Saat ini, prestasi mantan pebalap Red Bull itu hanya kalah dari Michael Schumacer (91) dan Alain Prost (51). Tak lupa, juara dunia empat kali itu juga mendedikasikan victory-nya di Hungaroring untuk mendiang Jules Bianchi, yang seandainya tidak mengalami kecelakaan, hampir dipastikan bakal menjadi pebalap Ferrari di masa depan.

Selain Ferrari, tim yang layak berpesta kemarin adalah tim “papan bawah” McLaren-Honda. Setelah berkali-kali terpuruk, untuk pertama kalinya musim ini, dua pebalap juara dunia mereka, Fernando Alonso dan Jenson Button, berhasil finish 10 besar. Bahkan, Alonso yang finish di posisi kelima, mampu mempermalukan duo Mercedes, Hamilton dan Rosberg.

Meski gagal meraih kemenangan, Hamilton tetap memuncaki klasemen pebalap dengan 202 poin, meninggalkan Rosberg (181) dan Vettel (160) di posisi kedua dan ketiga. Sementara itu, Kimi (76) berada di posisi kelima, diapit oleh duo Williams, Valtteri Bottas (77) dan Felipe Massa (74).

Setelah GP Hungaria ini, sirkus F1 bakal break musim panas selama sebulan dan kembali menyambangi para pemirsa di Sirkuit Spa-Francorchamps. Apakah Ferrari bisa mencuri kemenangan lagi dari Mercedes? Sampai jumpa di Belgia!

Review Formula 1 Magyar Nagydij 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s