Preview Formula 1 Belgian Grand Prix 2015

Setelah menjalani istirahat musim panas hampir sebulan, sirkus Formula 1 bakal kembali lagi akhir pekan ini, tepatnya di sirkuit legendaris Spa-Francorchamps di Belgia. Bagi para pebalap, Spa memang termasuk salah satu sirkuit klasik yang menantang. Dengan panjang lintasan sekitar tujuh kilometer, dibutuhkan usaha ekstra untuk menaklukkannya bila dibandingkan dengan sirkuit-sirkuit lain yang lebih pendek. Sekali saja mereka kehilangan fokus, bisa fatal akibatnya.

Dihiasi trek lurus sepanjang dua kilometer, Spa sebenarnya lebih cocok bagi tim-tim yang memiliki power mesin besar, semacam Mercedes musim ini. Sementara itu, bagi Renault dan Honda yang loyo, Spa adalah mimpi buruk. Maka dari itu, tim-tim yang menggunakan dua mesin tersebut, seperti Red Bull dan McLaren, tidak terlalu berharap banyak di GP Belgia weekend ini.

Namun, Mercedes selaku unggulan utama juga tidak boleh gegabah. Ingat, tahun lalu mereka kecolongan oleh Daniel Ricciardo. Padahal, pebalap asal Australia itu menunggangi mobil Red Bull yang bermesin Renault, yang di atas kertas seharusnya tidak berdaya di Belgia. Kenyataannya, di atas lintasan Spa, segalanya bisa terjadi.

Tahun lalu, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton yang sedang panas-panasnya terlibat insiden saat balapan baru memasuki lap kedua. Rosberg yang berusaha menyalip Hamilton akhirnya menyundul ban belakang jagoan Inggris tersebut. Tak ayal, ban belakangnya pun sobek dan Hamilton terpaksa out dari lomba. Nasib Rosberg lebih beruntung kala itu. Meski sayap depannya rusak, pebalap asal Jerman itu masih mampu melanjutkan balapan. Namun, karena kehilangan banyak waktu untuk mengganti front-wing di pit, penggawa Mercedes itu harus merelakan kemenangannya di Spa direbut oleh Ricciardo dari Red Bull.

Tahun ini, insiden Hamilton versus Rosberg part two juga berpotensi terulang di GP Belgia. Apalagi, keduanya sedang bersaing ketat di klasemen sementara. Jika tidak waspada, bisa jadi kemenangan yang sudah di depan mata lepas kembali. Sejumlah tim, terutama Ferrari, sangat berambisi untuk mencuri puncak podium dari Mercedes di Spa akhir pekan ini.

Di Hungaroring bulan lalu, Ferrari lewat Sebastian Vettel sudah membuktikan bahwa mereka tidak bisa diremehkan. Meski saat ini Vettel tertinggal cukup jauh dari Hamilton di klasemen sementara (42 poin), Mercedes tidak bisa menutup mata atas kebangkitan tim Kuda Jingkrak tersebut. Apalagi jika Hamilton dan Rosberg kembali tampil mengecewakan dan gagal naik podium seperti di GP Hungaria kemarin.

Selain Vettel, ancaman Ferrari juga bakal datang dari Kimi Raikkonen. The Iceman bakal membalap di Spa dengan semangat berlipat karena baru saja mendapat perpanjangan kontrak untuk musim 2016. Setelah sempat dirumorkan bakal terdepak dari F1 dan digantikan oleh Valtteri Bottas, juara dunia tahun 2007 itu bisa dengan tenang menggeber mobil merahnya hingga akhir tahun depan.

Patut dicatat juga, dari seluruh pebalap yang aktif di F1 musim ini, Kimi adalah yang paling sukses di Spa. Sepanjang sejarah GP Belgia, Raikkonen sudah menang empat kali di sana, sama dengan Jim Clark, dan hanya kalah dari Ayrton Senna (5 kali) dan Michael Schumacher yang enam kali berjaya di puncak podium. Akhir pekan ini, meski tidak terlalu diunggulkan, bukan tidak mungkin pebalap asal Finlandia itu mampu menambah catatan victory-nya, seperti halnya Ricciardo tahun lalu.

Setelah Ferrari, tim lain yang berpeluang mencuri kemenangan dari the Silver Arrows di Spa adalah Williams. Sirkuit berkarakter cepat itu tidak hanya cocok dengan mesin Mercedes yang powerful, tapi juga sesuai dengan karakteristik sasis mobil FW37 yang digeber oleh Felipe Massa dan Valtteri Bottas. Apalagi, sejak menang di GP Spanyol 2012, tim besutan Sir Frank Williams itu memang belum pernah lagi menapak podium tertinggi. Bisa jadi akhir pekan ini di Belgia peruntungan mereka berubah.

Sementara itu, meski tidak bermimpi untuk menang atau naik podium di Spa, tim McLaren-Honda cukup optimistis weekend ini. Hal tersebut terkait dengan keberhasilan Fernando Alonso dan Jenson Button finish top ten pada balapan terakhir bulan lalu di Hungaria. Bahkan, Alonso berhasil mengakhiri lomba di posisi kelima, capaian terbaik tim tersebut musim ini.

Di GP Belgia, Honda selaku pemasok mesin bagi McLaren bakal membawa powerplant baru. Meski masih jauh dari Mercedes, dengan upgrade tersebut, mereka berharap bisa menyaingi horsepower mesin Ferrari. Maka dari itu, bisa jadi Alonso atau Button bakal membuat kejutan lagi, atau setidaknya mampu finish di sepuluh besar seperti halnya di Budapest bulan lalu.

Berbeda dengan Honda yang cukup positif, tim-tim yang bermesin Renault tidak terlalu bermimpi di Belgia. Red Bull, meski menang tahun lalu dan ditambah lagi dua pebalapnya naik podium di Hungaroring bulan lalu, diperkirakan bakal sulit untuk mengulang capaian mereka itu. Demikian juga dengan Scuderia Toro Rosso yang mengandalkan dua pebalap ababil. Tetapi, sekali lagi, ini adalah Spa. Sirkuit klasik yang kerap menghadirkan kejutan. Tidak ada yang bisa memperkirakan hasil akhirnya.

2015 Formula 1 Shell Belgian Grand Prix akan dimulai pada hari Jumat, 21 Agustus 2015, dengan sesi Free Practice 1 (15.00 WIB) dan Free Practice 2 (19.00 WIB). Hari Sabtu, 22 Agustus 2015, akan diawali sesi Free Practice 3 (16.00 WIB) dan dilanjutkan sesi Qualifying (19.00 WIB). Hari Minggu, 23 Agustus 2015, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 19.00 WIB. Live di FOX Sports 2. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Belgian Grand Prix 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s