Preview Liga Italia Serie A Musim 2015-2016

Liga Italia Serie A musim 2015-2016 akan bergulir akhir pekan ini (22/08). Sejumlah klub, terutama AC Milan dan Inter Milan, sudah melakukan pembenahan besar-besaran untuk mengejar ketertinggalan mereka dari Juventus. Setelah empat musim terpuruk, duo klub dari Kota Milano itu memang sangat agresif dan jor-joran di bursa transfer untuk menggaet para pemain baru. Tujuannya hanya satu, yaitu menghentikan dominasi sang Nyonya Tua di Italia. Berhasilkah upaya mereka?

Juara

Meski sudah kehilangan Andrea Pirlo, Arturo Vidal, dan Carlos Tevez, musim ini Juventus tetap menjadi unggulan utama untuk meraih Scudetto kelima secara beruntun. Kepergian tiga pemain pilar itu sudah diantisipasi oleh manajemen tim Zebra dengan mendatangkan Sami Khedira, Paulo Dybala, Simone Zaza, dan Mario Mandzukic. Jika berhasil mendapatkan seorang trequartista (hingga tulisan ini dibuat, Juve masih mengincar Julian Draxler dari Schalke), maka kekuatan pasukan Max Allegri itu bakal semakin lengkap.

Memang, sejumlah pemain baru tersebut masih butuh waktu untuk menyatu dalam skema permainan Juventus. Namun, hal itu tidak terlalu mengkhawatirkan karena pondasi permainan Juve sudah kokoh. Apalagi, bintang utama Paul Pogba masih bercokol di sana dan siap memimpin rekan-rekannya dengan jersey baru bernomor punggung 10. Butuh usaha ekstra bagi tim-tim pesaing untuk mendongkel hegemoni La Vecchia Signora yang sudah terlanjur mengakar di Italia.

Zona Liga Champions

Seperti halnya dua musim terakhir, penantang utama Juve sepertinya tidak akan jauh dari Roma. Meski tidak seboros duo Milano, tim besutan Rudi Garcia tersebut cukup aktif di bursa transfer dengan mendatangkan Wojciech Szczesny, Mohamed Salah, dan Edin Dzeko. Memang, mereka hanya berstatus pinjaman. Tapi, ketiganya diperkirakan bakal menjadi kekuatan inti pasukan Serigala Ibu Kota musim ini.

Satu-satunya kelemahan utama Roma, sepertinya, ada di lini belakang. Apalagi, mereka sudah kehilangan bek bermasa depan cerah, Alessio Romagnoli, yang digaet Milan. Jika tidak bisa mendapatkan bek tengah tangguh sebagai pendamping Leandro Castan yang baru sembuh dari tumor otak, il Giallorossi bakal kebobolan banyak gol dan kesulitan bersaing dengan Juve.

Selain Roma, dua tim lain yang bakal bersaing ketat di zona tiga besar adalah Milan dan Inter. Setelah menghabiskan uang banyak untuk mereformasi tim mereka, lolos ke Liga Champions adalah target yang wajib dicapai oleh dua klub yang selalu tertinggal dari Juventus tersebut. Hanya saja, melihat penampilan di pramusim, tampaknya AC Milan lebih berpeluang daripada Inter.

Dengan mengandalkan tangan dingin Sinisa Mihajlovic yang musim lalu cukup sukses bersama Sampdoria, Milan kemungkinan besar bakal kembali ke pentas Eropa musim depan. Carlos Bacca dan Luiz Adriano siap menjadi mesin gol Rossoneri yang dulu lemah syahwat ketika ditangani oleh Filippo Inzaghi.

Sementara itu, dilihat dari aktivitasnya di bursa transfer, rekrutan Inter sebenarnya tidak kalah dibandingkan Milan. Jeison Murillo, Miranda, Geoffrey Kondogbia, dan Stevan Jovetic berhasil didatangkan. Namun, tim besutan Roberto Mancini itu juga harus kehilangan Xherdan Shaqiri dan Mateo Kovacic yang terpaksa dijual agar Nerazzurri tidak melanggar aturan Financial Fair Play dari UEFA.

Hengkangnya Kovacic ke Madrid adalah pukulan telak. Playmaker muda asal Kroasia itu sebenarnya digadang-gadang menjadi pemimpin Inter di masa depan. Tapi, apa boleh buat. Harus ada yang dikorbankan oleh Boss Erick Thohir agar neraca keuangan La Beneamata tetap seimbang. Kini, Mancini tinggal berharap agar Jovetic fit sepanjang musim agar bisa menggantikan peran Kovacic sebagai pengatur serangan Inter.

Zona Liga Europa

Untuk zona Liga Europa, Napoli adalah kandidat utama. Meski sudah ditinggal oleh Rafa Benitez, il Partenopei mendapat pengganti yang musim lalu sukses membesut Empoli, yaitu Maurizio Sarri. Kehadiran pelatih asal Italia ini diharapkan bisa memberi warna baru bagi Marek Hamsik dkk. Apalagi, Sarri dikenal piawai dalam mengorbitkan pemain-pemain yang sebelumnya kurang terkenal.

Selain Napoli, Lazio juga tidak bisa dikesampingkan. Meski terkesan compang-camping saat pramusim, tim besutan Stefano Pioli itu sukses menembus tiga besar musim lalu. Kali ini, tanpa rekrutan baru yang cukup menonjol, Biancoceleste mungkin butuh usaha ekstra untuk mengulang prestasi tersebut. Namun, tidak ada yang tidak mungkin. Bisa jadi di akhir musim nanti Antonio Candreva dkk malah kembali membuat kejutan dan menggusur tim-tim yang lebih tenar semacam Milan atau Inter.

Kuda Hitam

Sementara itu, calon tim kuda hitam musim ini adalah Fiorentina. Setelah ditinggalkan oleh Vincenzo Montella, tidak ada pengamat yang berani menjagokan La Viola untuk menembus lima besar. Namun, hasil pramusim yang cukup bagus, antara lain mengalahkan Barcelona dan Chelsea, menjadi pertanda bahwa tim asuhan Paulo Sousa ini tidak bisa diremehkan. Bukan tidak mungkin di akhir musim nanti tim asal Kota Florence ini malah menembus zona Europa League.

Selain Fiorentina, calon tim kuda hitam lainnya adalah Sampdoria, Genoa, dan Torino. Hanya saja, ditilik dari pramusim, performa ketiganya tidak semeyakinkan La Viola. Terutama Sampdoria yang baru saja tersingkir dari babak kualifikasi Liga Europa setelah dipermalukan tim gurem asal Slovenia, Vojvodina. Jadi, peluang ketiga tim tersebut untuk menembus zona Liga Europa sepertinya cukup berat.

Zona Degradasi

Untuk zona degradasi, dua tim antah-berantah, Carpi dan Frosinone, yang baru musim ini tampil di Serie A, tampaknya menjadi kandidat terkuat untuk kembali terlempar ke Serie B. Bakal menjadi kejutan jika salah satu, atau bahkan keduanya, tetap bercokol di kasta teratas Liga Italia musim depan.

(Tulisan ini dimuat di Opini BeritaSatu.Com | Minggu, 23 Agustus 2015 | 11:23 | http://www.beritasatu.com/blog/olahraga/4280-preview-liga-italia-serie-a-musim-20152016.html)

Preview Liga Italia Serie A Musim 2015-2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s