Preview Serie A 2015-2016 Giornata 2: Roma vs. Juventus

Grande Partita langsung tersaji pada Serie A giornata kedua, hari Minggu (30/08) ini. Dua tim terbaik di Liga Italia saat ini, Juventus dan Roma bakal saling bentrok di Stadio Olimpico setelah sepekan yang lalu sama-sama memetik hasil yang tidak memuaskan. Serigala Ibu Kota ditahan imbang oleh Hellas Verona. Sementara itu, sang Nyonya Tua secara mengejutkan dipermak oleh Udinese, yang sekaligus mengakhiri rekor 47 laga beruntun tak terkalahkan di Juventus Stadium.

Maka dari itu, pada pekan kedua ini, baik Roma maupun Juve dituntut untuk meraup poin penuh. Jika kembali gagal memetik kemenangan, keduanya bakal semakin tertinggal di klasemen sementara. Tentu saja hal itu tidak diinginkan oleh para Romanisti dan Juventini karena kedua tim itu sebenarnya adalah unggulan utama untuk meraih scudetto musim ini.

Baik Juve dan Roma bakal mengandalkan para rekrutan baru pada laga kedua ini. Il Giallorossi sudah mendapatkan Lucas Digne dari PSG untuk menambal keroposnya posisi bek kiri yang dulu dihuni oleh Ashley Cole. Sementara itu, di depan, Rudi Garcia tampaknya akan mengandalkan trio anyar, Mohamed Salah, Edin Dzeko, dan Iago Aspas. Ketiganya bakal menggantikan Gervinho, Francesco Totti, dan Juan Iturbe yang kinerjanya kurang maksimal.

Di lain pihak, setelah dipermalukan Udinese, Juve langsung membenahi skuatnya dengan merekrut bek kiri Alex Sandro dan winger yang dibuang oleh Chelsea, Juan Cuadrado. Meski demikian, Juve telah kehilangan Fernando Llorente yang sudah hengkang ke Sevilla. Mauricio Isla juga bakal dilepas, dan Kingsley Coman sudah dipinang oleh Bayern Muenchen.

Sementara itu, buruan utama Juve, Julian Draxler, hingga kini belum resmi digaet, meski kabarnya tinggal selangkah lagi pindah dari Schalke. Yang pasti, Bianconeri belum bisa menggunakan tenaga winger asal Jerman itu saat melawat ke ibu kota. Selain itu, gelandang tengah yang juga diburu oleh Allegri untuk menambal lini tengah setelah cederanya Sami Khedira dan Claudio Marchisio juga belum bisa didapat.

Dengan situasi dan kondisi seperti itu, tampaknya Juve akan kembali menerapkan skema 3-5-2 untuk meredam formasi 4-3-3 milik Roma yang terkenal ofensif. Santo pelindung gawang Juventus, Gigi Buffon, seperti biasanya akan dikawal oleh trio Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini. Sedangkan untuk posisi full-back akan tetap mengandalkan Stephan Lichtsteiner dan Patrice Evra, karena dua rekrutan anyar, Alex Sandro dan Cuadrado, masih butuh penyesuaian dan bakal duduk di bench sebelum menjalani debut.

Untuk lini tengah, sepertinya Allegri akan tetap mempercayai Simone Padoin sebagai regista. Meski pekan lalu digasak Udinese, pemain serba bisa tersebut dianggap tampil baik dalam mengisi peran yang dulu diemban oleh Andrea Pirlo. Lord Padoin kemungkinan akan ditemani oleh Paul Pogba dan Stefano Sturaro atau Roberto Pereyra untuk menyuplai bola bagi duet striker Mario Mandzukic dan Paulo Dybala. Di bench, juga ada Alvaro Morata yang baru kembali dari cedera.

Terlepas dari hasil buruk yang dituai pada laga perdana, menilik perkembangan terkini, Juve tetap diunggulkan untuk mengakhiri laga dengan kemenangan. Meski sulit, tiga angka dari sarang Serigala Roma memang wajib direbut, karena bakal sangat mencemaskan jika sang Nyonya Tua sampai melakoni dua laga awal Serie A musim ini tanpa meraih poin sama sekali.

***

Probable Line-ups

Roma (4-3-3):
25 Szczesny; 13 Maicon, 44 Manolas, 5 Castan, 3 Digne; 4 Nainggolan, 16 De Rossi, 15 Pjanic; 11 Salah, 9 Dzeko, 14 Iago.
Bench: 26 De Sanctis, 35 Torosidis, 24 Florenzi, 23 Gyomber, 20 Keita, 48 Ucan, 19 Ibarbo, 22 Ljajic, 7 Iturbe, 27 Gervinho, 10 Totti.
Coach: Garcia.
Injured: Strootman.

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 26 Lichtsteiner, 27 Sturaro, 20 Padoin, 10 Pogba, 33 Evra; 17 Mandzukic, 21 Dybala.
Bench: 25 Neto, 34 Rubinho, 4 Caceres, 24 Rugani, 40 Vitale, 12 Alex Sandro, 37 Pereyra, 7 Zaza, 16 Cuadrado, 9 Morata.
Coach: Allegri.
Injured: Marchisio, Asamoah, Khedira.

Referee: Rizzoli.
Venue: Stadio Olimpico, Roma.
Kick-off: Sun, Aug 30, 2015, 23.00 WIB.
Live: beIN SPORTS 2.

Prediction: Roma 1-2 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 2: Roma vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s