Preview EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 7: Italia vs. Malta

Italia sedang memburu kesempatan untuk mengunci tiket ke putaran final EURO 2016 di Prancis. Caranya, dengan mengalahkan Malta dini hari nanti (04/09) dan Bulgaria (07/09). Saat ini, Gli Azzurri menduduki peringkat kedua di grup H, tertinggal satu poin di bawah Kroasia. Maka dari itu, dua laga kandang melawan Malta dan Bulgaria tidak boleh disia-siakan untuk meraup poin maksimal.

Jika sampai terpeleset dalam dua laga ke depan, Italia terancam digeser oleh Norwegia yang kini mengintai di peringkat ketiga. Negeri asalnya Thor tersebut sudah mengumpulkan 10 poin dan tertinggal hanya dua angka di belakang Gli Azzurri. Posisi dua besar memang wajib digapai jika ingin lolos langsung ke Prancis tahun depan, karena jika hanya menempati peringkat ketiga, berarti harus menjalani play-off yang sangat berisiko.

Dini hari nanti, di atas kertas, seharusnya tidak ada masalah bagi Gigi Buffon dkk untuk melindas Malta. Negeri kepulauan di sebelah selatan semenanjung Italia itu bukanlah lawan yang sepadan bagi tim asuhan Antonio Conte tersebut. Namun, Gli Azzurri tetap harus waspada. Pada pertemuan pertama, Malta mampu menyulitkan dan hanya kalah dengan skor tipis 0-1.

Apalagi, dalam empat laga terakhir, Italia memetik hasil yang tidak memuaskan dengan tiga kali seri dan sekali kalah. Maka dari itu, menjamu Malta dini hari nanti harus dijadikan momen untuk bangkit dan meraih kemenangan pertama dalam lima laga terakhir. Hasil seri, apalagi kalah, bakal menjadi aib yang tak termaafkan bagi Gli Azzurri.

Untuk mengamankan poin penuh di Florence, Conte tampaknya bakal tetap mengandalkan mantan anak-anak asuhnya di Juventus. Buffon yang merangkap sebagai kapten akan tetap menjadi andalan di bawah mistar gawang. San Gigi kemungkinan akan dikawal oleh empat bek, yaitu Matteo Darmian, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Manuel Pasqual atau Domenico Criscito sebagai bek kiri.

Di lini tengah, dengan ketiadaan Claudio Marchisio yang sedang cedera, Conte mungkin akan mencoba untuk memainkan bersama-sama Marco Verratti dan Andrea Pirlo. Kedua regista beda generasi itu memang tidak pernah main bareng di era Conte. Keduanya mungkin akan ditemani oleh Daniele De Rossi atau Andrea Bertolacci untuk melengkapi trio gelandang dalam skema 4-3-3.

Sebelum Italia dilatih Conte, Verratti dan Pirlo memang sempat bermain bersama di era Cesare Prandelli. Tepatnya, pada fase grup Piala Dunia 2014 di Brasil. Saat itu, Pirlo yang selalu bermain penuh didampingi oleh Verratti yang tidak tampil full 90 menit. Hasilnya, Italia sekali menang saat melawan Inggris (2-1), dengan Verratti mencatat satu assist, dan sekali kalah saat meladeni Uruguay (0-1).

Melawan Malta, yang notabene tidak sekuat Inggris dan Uruguay, sepertinya adalah saat yang pas bagi Conte untuk menjajal duet Verrati dan Pirlo di lini tengah. Jika keduanya bisa berkolaborasi dengan baik, bukan tidak mungkin kerja sama tersebut bakal terus berlanjut hingga putaran final EURO 2016 di Prancis.

Di lini depan, meski belum memanggil kembali Mario Balotelli, Conte tidak terlalu merisaukan tukang gedor Italia. Striker yang bermain di Premier League, Graziano Pelle kemungkinan akan bermain sebagai ujung tombak. Mantan top scorer Eredivisie tersebut sepertinya bakal diapit oleh Antonio Candreva dan Stephan El Shaarawy atau Eder di sisi sayap.

***

Perkiraan Susunan Pemain

Italia (4-3-3):
1 Buffon; 4 Darmian, 19 Bonucci, 3 Chiellini, 27 Pasqual; 10 Verratti, 21 Pirlo, 16 De Rossi; 6 Candreva, 9 Pelle, 22 El Shaarawy.
Coach: Conte.

Malta (4-4-2):
12 Haber; 17 Camilleri, 5 Agius, 7 Failla, 2 Z. Muscat; 8 Briffa, 10 Cohen, 7 Fenech, 18 Kristensen; 9 Mifsud, 13 Schembri.
Coach: Ghedin.

Referee: Ivan Kruzlia (Slovakia).
Venue: Stadio Artemio Franchi, Florence.
Kick-off: Fri, Sep 4, 2015, 01.45 WIB.
Live: GlobalTV.

Prediction: Italia 3-0 Malta.

Preview EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 7: Italia vs. Malta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s