Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 8: Italia 1-0 Bulgaria

Setelah membekuk Malta di Florence, Italia kembali memetik kemenangan tipis atas Bulgaria di Stadio Renzo Barbera, Palermo, hari Senin (07/09) dini hari tadi WIB. Gol tunggal Gli Azzurri dicetak oleh Daniele De Rossi lewat titik penalti di babak pertama.

Sejak awal laga, Italia yang kali ini tampil tanpa Andrea Pirlo yang diparkir di bench oleh Antonio Conte, tampak bermain lebih baik jika dibandingkan dengan ketika melawan Malta. Hasilnya, baru empat menit berlaga, Gli Azzurri langsung mendapatkan penalti setelah Antonio Candreva yang melakukan penetrasi dijatuhkan di kotak terlarang oleh bek Bulgaria.

Daniele De Rossi yang bertindak sebagai algojo tidak membuang peluang emas tersebut. Meski eksekusi penaltinya sempat diulang, gelandang AS Roma tersebut akhirnya berhasil menjebol gawang Bulgaria dan membuat skor menjadi 1-0.

Unggul dulua di awal laga tidak membuat Italia mengendurkan permainan. Marco Verratti yang berperan sebagai pengatur serangan terus meluncurkan umpan untuk membongkar pertahanan Bulgaria. Bisa dibilang, penampilan di babak pertama kemarin merupakan penampilan terbaik Gli Azzurri sejak dilatih oleh Conte.

Selain Verratti, Stephan El Shaarawy yang diturunkan sebagai pendamping Graziano Pelle dan Antonio Candreva di lini depan juga tampak rajin menggedor pertahanan Bulgaria dari sayap kiri. Namun, sayangnya, meski berkali-kali menciptakan peluang, Italia tetap tidak mampu menambah gol. Hingga turun minum, skor tetap 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Pada babak kedua, Italia tetap mendominasi penguasaan bola. Tetapi, pada menit ke-55, De Rossi terkena kartu merah karena menendang Iliyan Mitskanski. Pemain Bulgaria tersebut sebenarnya terlbih dahulu melakukan pelanggaran dengan mendorong De Rossi secara keras. Tak terima, gelandang Roma itupun membalasnya. Tak pelak, wasit mengganjar keduanya dengan kartu merah.

Bermain dengan 10 pemain, membuat permainan kedua tim menjadi sedikit berimbang. Meski Italia tetap dominan, pada 10 menit terakhir, Bulgaria malah gencar melakukan serangan balik. Untung saja Gli Azzurri memiliki Gianluigi Buffon. Beberapa kali kiper yang mencatat rekor penampilan ke-150 bersama tim nasional tersebut melakukan penyelamatan gemilang dan membuat gawangnya tetap perawan.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap tidak berubah untuk keunggulan Italia. Dengan kemenangan ini, Gli Azzurri masih memimpin klasemen sementara grup H dengan 18 poin. Sementara itu, Norwegia dan Kroasia menguntit di belakang dengan masing-masing tertinggal dua dan empat angka. Untuk lolos langsung ke Prancis, Matteo Darmian dkk tinggal membutuhkan tiga angka dari dua laga babak kualifikasi yang tersisa bulan depan.

***

Rapor

Italia (4-3-3): 6.5
Buffon 7; Darmian 6, Bonucci 6, Chiellini 6, De Sciglio 6; Parolo 7, De Rossi 5, Verratti 7; Candreva 6.5/Eder 6 (86′), Pelle 6.5/Zaza 5.5 (71′), El Shaarawy 7/Florenzi 6.5 (73′).
Coach: Conte 6.5.

Bulgaria (4-2-3-1): 6
Mitrev 7; V. Minev 6, Aleksandrov 6, Bodurov 6.5, Y. Minev 5.5/Bandalovski 5.5 (64′); Dyakov 6, Chochev 5.5; Nedelev 6/Aleksandrov 5.5 (67′), Popov 5.5/Rangelov 5.5 (71′), Milanov 6; Micanski 5.
Coach: Petev 6.

Man of the Match: Stephan El Shaarawy.

Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 8: Italia 1-0 Bulgaria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s