Preview Serie A 2015-2016 Giornata 3: Juventus vs. Chievo Verona

Sebuah pemandangan aneh bakal tersaji pada hari Minggu (13/09) dini hari WIB ketika tim posisi ke-17, Juventus, menjamu pemuncak klasemen sementara Serie A, Chievo Verona. Ya, aneh karena biasanya Juve yang berada di posisi teratas dan Chievo terpuruk di papan bawah. Sepertinya, dunia sudah terbalik di Liga Italia awal musim ini.

Setelah meraih scudetto empat kali beruntun, Juve memang menjalani awal musim terburuk dalam sejarah mereka. Untuk pertama kalinya, sang Nyonya Tua menelan kekalahan dalam dua laga pembuka Serie A. Alhasil, Gigi Buffon dkk kini tersungkur di dasar klasemen tanpa meraih satu poin pun setelah dihajar oleh Udinese dan Roma.

Laga melawan Chievo ini adalah pertaruhan bagi Juve. Jika kembali gagal memetik poin penuh, atau, bahkan, kalah, alarm tanda bahaya wajib dinyalakan di Vinovo. Selama ini, pelatih Max Allegri tetap terlihat tenang dan tidak panik meski sudah menelan dua kekalahan. Namun, jika sampai kalah tiga kali beruntun, tidak alasan lagi untuk bersabar. Maka dari itu, La Vecchia Signora wajib meraih kemenangan perdana akhir pekan ini.

Ditinggal pergi oleh tiga pemain pilar memang tidak mudah bagi Juve. Sulit untuk mencari pengganti yang sepadan dengan Andrea Pirlo, Arturo Vidal, dan Carlos Tevez. Untungnya, pada penutupan bursa transfer kemarin, Bianconeri berhasil mengamankan tenaga Mario Lemina dan Hernanes. Keduanya menjadi rekrutan baru yang diharapkan bisa mengangkat performa sang Kuda Zebra selain Alex Sandro, Paulo Dybala, dan Mario Mandzukic.

Kembalinya Claudio Marchisio dari cedera juga melegakan bagi Juve. Tanpa Il Principino yang berperan sebagai regista, permainan tim asuhan Allegri itu kocar-kacir dan tidak mampu mengimbangi trio gelandang Roma. Simone Padoin yang didapuk sebagai pengganti belum mampu mengatur distribusi bola di lini tengah sebaik Marchisio.

Dengan adanya Principino, Paul Pogba tidak lagi bekerja sendirian dan bisa fokus membantu serangan seperti musim lalu. Setelah melempem dalam dua laga awal, melawan Chievo ini seharusnya menjadi titik balik bagi Pogba untuk bangkit dan membuktikan bahwa dirinya layak mengenakan jersey nomor 10 yang keramat itu.

Untuk posisi trequartista, setelah mencari kesana-kemari, mulai dari Mario Goetze, Julian Draxler, Javier Pastore, hingga Marek Hamsik, Juve akhirnya berhasil menggaet Hernanes dari Inter. Meski tidak memiliki nama sebesar pemain-pemain yang tadi, hadirnya gelandang asal Brasil itu diharapkan mampu menambal lubang di belakang dua striker yang selama ini ditempati oleh Arturo Vidal.

Di lini depan, Paulo Dybala sepertinya akan kembali diandalkan oleh Allegri. Sementara itu, kondisi Alvaro Morata masih akan dilihat lebih lanjut. Jika memang sudah benar-benar fit, bukan tidak mungkin mantan striker Real Madrid itu akan dipasang sebagai starter menggantikan Mario Mandzukic yang penampilannya menurun dan mandul akhir-akhir ini.

Di lini belakang, Alex Sandro tampaknya bakal menjalani debut sebagai starter karena Patrice Evra terkena sanksi larangan bermain setelah mendapat kartu merah saat dibekuk Roma. Bek kiri asal Brasil yang disebut-sebut sebagai titisan Roberto Carlos itu akan bahu-membahu dengan Stephan Lichtsteiner, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini untuk mengawal gawang Gigi Buffon.

Di lain pihak, meski selama ini dikenal sebagai tim gurem, Chievo tidak bisa diremehkan begitu saja. Awal musim ini, tim besutan Rolando Maran itu ibarat Cinderella yang berubah dari seorang pembokat lusuh menjadi putri yang cantik jelita. Bagaimana tidak, Sergio Pellissier dkk kini mengangkangi puncak klasemen sementara Serie A. Cubit pipi Anda sendiri untuk membuktikan bahwa ini bukanlah mimpi.

Kesuksesan Chiveo tak bisa dilepaskan dari penampilan duet striker Alberto Paloschi dan Riccardo Meggiorini yang cukup memukau. Keduanya ditopang oleh legenda Milan, Valter Birsa, yang bermain sebagai trequartista. Di bangku cadangan juga masih ada legenda Juventus, Simone Pepe, yang sewaktu-waktu siap menusuk mantan klubnya tersebut.

Dengan mengandalkan para pemain tersebut, dalam dua laga awal, Chievo berhasil meraih poin penuh. Bahkan, di antaranya, didapat dengan membantai Lazio dengan skor 4-0. Tim asal Kota Verona itu saat ini benar-benar menjadi seekor Keledai Terbang, sesuai dengan julukan mereka. Yang patut ditunggu, apakah si Keledai Terbang yang sedang perkasa itu bakal menendang sang Kuda Zebra yang saat ini sedang sakit-sakitan di kandang sendiri?

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 15 Barzagli, 3 Chiellini, 12 Alex Sandro; 27 Sturaro, 8 Marchisio, 10 Pogba; 11 Hernanes; 17 Mandzukic, 21 Dybala.
Bench: 25 Neto, 38 Audero, 4 Caceres, 19 Bonucci, 24 Rugani, 40 Vitale, 20 Padoin, 37 Pereyra, 18 Lemina, 16 Cuadrado, 7 Zaza, 9 Morata.
Coach: Allegri.
Suspended: Rubinho (2), Evra (1).
Injured: Khedira (15 days), Asamoah (5).

Chievo Verona (4-3-1-2):
1 Bizzarri; 21 Frey, 5 Gamberini, 12 Cesar, 18 Gobbi; 19 Castro, 4 N. Rigoni, 56 Hetemaj; 23 Birsa; 43 Paloschi, 69 Meggiorini.
Bench: 32 Bressan, 90 Seculin, 20 Sardo, 29 Cacciatore, 11 Mattiello, 3 Dainelli, 7 Pepe, 10 Christiansen, 6 Pinzi, 40 Mpoku, 31 Pellissier, 45 Inglese.
Coach: Maran.
Suspended: –
Injured: Izco (4 months), Radovanovic (15 days).

Referee: Guida.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Sun, Sep 13, 2015, 01.45 WIB.
Live: beIN SPORTS 1.

Prediction: Juventus 2-0 Chievo Verona.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 3: Juventus vs. Chievo Verona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s