Review Serie A 2015-2016 Giornata 3: Juventus 1-1 Chievo Verona

Juventus kembali meraih hasil mengecewakan saat menjamu Chievo Verona, hari Minggu (13/09) dini hari tadi. Setelah menelan dua kekalahan beruntun dari Udinese dan Roma, pada giornata ketiga ini, Juve dipaksa harus puas untuk menerima hasil imbang. Bahkan, Gigi Buffon dkk sempat terancam mengalami tiga kekalahan beruntun jika tidak mendapat hadiah penalti dari wasit sekitar 10 menit menjelang laga berakhir.

Saat pertandingan baru dimulai, Juve langsung kebobolan terlebih dahulu. Tepatnya, pada menit ke-5. Berawal dari serangan balik yang digalang oleh trio Valter Birsa, Alberto Paloschi, dan Meggiorini, tembakan keras Perparim Hetemaj dari luar kotak penalti tak mampu dibendung oleh Buffon. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Tertinggal satu gol begitu cepat membuat Juve langsung tertekan. Apalagi, Bianconeri dituntut untuk memenangkan pertandingan ini setelah keok dalam dua laga sebelumnya. Akibatnya, serangan tuan rumah yang dimotori oleh Hernanes menjadi monoton dan tak mampu membongkar skema parkir bus yang diterapkan oleh Chievo.

Pada menit ke-11, Hernanes sebenarnya memperoleh peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun, tembakannya masih bisa dihalau oleh kiper Albano Bizzarri. Begitu juga dengan upaya berikutnya dari Paulo Dybala, Alvaro Morata, dan Claudio Marchisio yang tak menemui sasaran. Meski mendominasi penguasaan bola, ketatnya pertahanan Chievo dan finishing touch yang buruk membuat Juve harus mengakhiri babak pertama dengan tertinggal satu gol.

Pada babak kedua, pelatih Max Allegri langsung mengganti Claudio Marchisio yang tak tampil maksimal dalam 45 menit pertama dengan Paul Pogba. Il Principino yang baru sembuh dari cedera tampaknya mengalami masalah pada pahanya. Pogba, yang semula disimpan untuk melawan Manchester City di Liga Champions, terpaksa diturunkan lebih awal untuk mengejar ketertinggalan dari Chievo.

Digantinya Marchisio dengan Pogba membuat daya serang Juve sedikit terangkat. Roberto Pereyra sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-57. Namun, sayangnya, tembakannya masih membentur tiang gawang.

Mendapat serangan dari tim Zebra, Chievo pun tidak tidak tinggal diam. Tim besutan Rolando Maran itu rajin melakukan serangan balik yang cukup berbahaya. Pada menit ke-62, jantung para Juventini hampir copot saat Bostjan Cesar membobol gawang Buffon. Untungnya, wasit menganulir gol tersebut karena menganggap posisinya sudah offside.

Kaget oleh counter-attack Chievo, Allegri pun bereaksi dengan memasukkan Juan Cuadrado pada menit ke-65 untuk menggantikan Stefano Sturaro. Kehadiran winger buangan Chelsea tersebut ternyata membuat serangan Juve menjadi lebih tajam, terutama dari sisi sayap kanan. Impaknya, saat melakukan penetrasi, penggawa asal Kolombia itu dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh pemain Chievo.

Meski sempat memprotes, para pemain tim tamu tak kuasa mencegah wasit untuk menghadiahkan tendangan penalti untuk Juve. Paulo Dybala yang maju sebagai eksekutor tak membuang peluang emas tersebut. Striker asal Argentina itu akhirnya mengemas gol keduanya bersama Juventus musim ini dan membuat kedudukan menjadi sama kuat 1-1.

Dengan waktu yang tersisa kurang dari 10 menit, Juve terus berusaha untuk meraih kemenangan. Namun, hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap tidak berubah. Dengan hasil imbang ini, sang Nyonya Tua masih terpuruk di papan bawah karena baru mengumpulkan satu poin. Sementara itu, the Flying Donkey Chievo dengan perkasa mengangkangi puncak klasemen Serie A dengan 7 angka.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 5.5
Buffon 7; Caceres 5, Barzagli 6, Bonucci 5.5, Sandro 6.5; Pereyra 6.5, Marchisio 5/Pogba 5.5 (46′), Sturaro 5/Cuadrado 7 (65′); Hernanes 5.5; Morata 5.5/Mandzukic 5.5 (73′), Dybala 6.5.
Coach: Allegri 5.

Chievo (4-4-2): 7
Bizzarri 7; Frey 7, Gamberini 6.5/Dainelli 6 (58′), Cesar 5, Gobbi 5; Castro 6.5, Rigoni 6.5, Hetemaj 7, Birsa 7/Pepe 5.5 (73′); Paloschi 5.5, Meggiorini 6.5/Pinzi 6 (66′).
Coach: Maran 7.

Referee: Guida 5.

Man of the Match: Perparim Hetemaj.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 3: Juventus 1-1 Chievo Verona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s