Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 1: Manchester City vs. Juventus

Juventus bakal memulai petualangan mereka di Liga Champions musim ini dengan berkunjung ke Manchester City, hari Rabu (16/09) dini hari WIB. Berbeda dengan Juve yang sedang terpuruk di papan bawah Serie A, saat ini the Citizens dengan perkasa menguasai puncak klasemen Premier League.

Lima laga perdana disapu bersih oleh Raheem Sterling dkk dengan menceploskan 11 gol tanpa pernah kebobolan. Hampir dipastikan ini bakal menjadi pertandingan yang sulit bagi tim tamu manapun yang bertandang ke kandang Manchester City, Etihad Stadium.

Meski demikian, Juve tak perlu berkecil hati dan kalah sebelum bertanding. Digdaya di kompetisi domestik belum tentu bakal berjaya di ajang Eropa. Sudah menjadi rahasia umum, penampilan City di Liga Champions angin-anginan. Bahkan, rival sekota Manchester United tersebut pernah gagal lolos dari fase grup. Pencapaian tertinggi the Citizens hanya sampai babak 16 besar. Berbeda dengan Bianconeri yang musim lalu mampu menembus final sebelum dibekuk oleh Barcelona.

Salah satu kendala bagi City tengah pekan ini adalah absennya Sergio Aguero karena cedera. Tanpa Kun, daya gedor tim besutan Manuel Pellegrini itu bakal berkurang. Memang, mereka masih memiliki Wilfried Bony. Tapi, striker asal Pantai Gading itu minim pengalaman dan jarang diturunkan di level Eropa. Maka dari itu, ada kemungkinan Raheem Sterling atau Kevin De Bruyne yang bakal diandalkan untuk menjadi goal-getter.

Selain Aguero, bisa dibilang para pemain bintang City yang lain cukup fit untuk diturunkan. David Silva yang kondisinya sempat diragukan, tampaknya, bakal siap untuk mengobrak-abrik pertahanan tamunya. Begitu juga dengan dobel pivot Yaya Toure dan Fernandinho yang bakal menjadi motor permainan di lapangan tengah dalam pola 4-2-3-1 yang biasanya diterapkan oleh Pellegrini.

Juve sendiri bukannya tidak dipusingkan dengan absennya pemain pilar. Claudio Marchisio yang baru sembuh dari cedera terpaksa kembali menepi selama sebulan karena otot pahanya bermasalah. Posisi sebagai regista sepertinya bakal diserahkan kepada Hernanes. Sebenarnya, masih ada Mario Lemina yang bisa bermain di depan para bek. Namun, tampaknya terlalu riskan jika Max Allegri mempercayakan peran sebagai pengatur permainan untuk laga sebesar ini pada pemain muda seperti dia.

Meski demikian, Lemina tetap berpeluang diturunkan oleh Allegri untuk menemani Hernanes di lini tengah, bahu-membahu dengan Paul Pogba. Opsi lainnya, bisa saja Roberto Pereyra yang dimainkan dan membentuk trio gelandang PHP (Pereyra-Hernanes-Pogba) untuk menyuplai bola ke lini depan yang sepertinya akan ditempati oleh Paulo Dybala, Mario Mandzukic atau Alvaro Morata.

Sementara itu, untuk bek sayap, Stephan Lichtsteiner dan Patrice Evra tampaknya akan kembali menjadi andalan. Selain mereka berdua, juga ada Juan Cuadrado dan Alex Sandro yang sangat cocok jika Allegri menerapkan pola 3-5-2. Crossing-crossing dari kedua wing-back mungkin bakal sangat dibutuhkan jika Juve kesulitan menembus pertahanan Manchester City lewat operan-operan pendek.

Di lini belakang, Gigi Buffon selaku penjaga gawang sepertinya akan dikawal oleh Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, dan Martin Caceres. Sebenarnya, Juve masih memiliki Andrea Barzagli yang sangat berpengalaman. Namun, bek juara dunia tahun 2006 bersama Italia itu mungkin kesulitan jika harus mengimbangi kecepatan Sterling. Maka dari itu, kemungkinan Caceres yang akan dipilih oleh Allegri untuk menempati bek tengah sebelah kanan.

Menilik situasi dan kondisi terkini, di atas kertas, City memang diunggulkan untuk memenangkan laga ini. Namun, jangan kaget jika Juventus bisa membuat kejutan, setidaknya, dengan mencuri satu poin dan memaksakan hasil imbang. Di Liga Champions, apapun bisa terjadi. Performa mentereng di liga domestik bukan jaminan untuk menang di Eropa.

***

Probable Line-ups

Manchester City (4-2-3-1):
1 Hart; 3 Sagna, 4 Kompany, 20 Mangala, 11 Kolarov; 42 Toure, 25 Fernandinho; 15 Navas, 21 Silva, 17 De Bruyne; 7 Sterling.
Coach: Pellegrini.
Bench: 13 Caballero, 26 Demichelis, 30 Otamendi, 6 Fernando, 27 Roberts, 8 Nasri, 11 Bony.
Injured: Aguero, Zabaleta, Clichy, Delph.

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 4 Caceres, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 26 Lichtsteiner, 18 Lemina, 11 Hernanes, 10 Pogba, 33 Evra; 9 Morata , 17 Mandzukic.
Coach: Allegri.
Bench: 25 Neto, 12 Alex Sandro, 15 Barzagli, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 16 Cuadrado, 21 Dybala.
Injured: Marchisio, Khedira.

Referee: Skomina (SLO).
Venue: Etihad Stadium, Manchester.
Kick-off: Wed, Sep 16, 2015, 01.45 WIB.
Live: beIN SPORTS 2 / Indovision Soccer Channel.

Prediction: Manchester City 1-0 Juventus.

Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 1: Manchester City vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s