Review Serie A 2015-2016 Giornata 4: Genoa 0-2 Juventus

Juventus akhirnya mengakhiri puasa kemenangan di Serie A musim ini. Gigi Buffon dkk sukses merontokkan perlawanan tuan rumah Genoa dengan skor 2-0 pada hari Minggu (20/09) kemarin. Dua gol kemenangan Juve dihasilkan oleh bunuh diri kiper Eugenio Lamanna pada babak pertama dan penalti Paul Pogba pada babak kedua.

Sejak awal laga, Juve yang selalu gagal menang dalam tiga pertandingan sebelumnya, langsung menekan pertahanan Genoa. Namun, karena penyelesaian akhir yang buruk membuat gol tidak kunjung terjadi. Pada menit ke-22, tim tamu harus kehilangan Alvaro Morata yang mengalami cedera. Pencetak gol indah saat mengandaskan Manchester City di Liga Champions tersebut digantikan oleh Roberto Pereyra.

Genoa sendiri bukannya tanpa perlawanan. Sebuah tendangan bebas dari Blerim Dzemaili sempat mengancam gawang Buffon. Untungnya, tembakan mantan pemain Napoli tersebut masih melenceng beberapa meter.

Pada menit ke-37, usaha Juve dalam menggedor pertahanan Genoa akhirnya membuahkan hasil. Saat itu, Pereyra dengan jeli mengirim umpan ke dalam kotak penalti lawan yang langsung disambut oleh Pogba. Namun, tembakan Pogba membentur tiang gawang dan bolanya memantul ke tubuh kiper Lamanna sebelum menjebol gawang Genoa.

Pada menit ke-43, Genoa semakin tertekan setelah bek Armando Izzo mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Juan Cuadrado. Bermain dengan 10 orang semakin menyulitkan tim besutan Gian Piero Gasperini tersebut untuk menyamakan kedudukan.

Sebelum turun minum, Juve sempat hampir menggandakan keunggulan. Sayangnya, Mario Mandzukic gagal memanfaatkan umpan dari Pereyra untuk menjadi gol. Hingga babak pertama usai, skor tetap 1-0 untuk Bianconeri.

Pada awal babak kedua, Juve masih belum berhasil menambah gol. Cuadrado membuang peluang setelah tembakannya melenceng dari gawang. Kesempatan emas baru tiba pada menit ke-59 ketika Giorgio Chiellini dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh Diogo Figueiras. Tak ayal, wasit pun langsung menunjuk titik putih.

Pogba yang musim ini mengenakan nomor punggung 10 pun langsung maju sebagai eksekutor. Tembakan gelandang asal Prancis itu dengan sukses mengoyak gawang Lamanna. Namun, karena selebrasinya yang dianggap berlebihan, wasit mengganjarnya dengan kartu kuning.

Tertinggal dua gol dengan jumlah pemain hanya 10 orang tidak membuat Genoa patah arang. Namun, apa daya pertahanan Juve terlalu tangguh buat mereka. Buffon pun terkesan menganggur pada babak kedua karena tak ada serangan balik yang berbahaya. Pada injury time, Juve sebenarnya berhasil menambah keunggulan lewat Simone Zaza yang baru masuk menggantikan Mandzukic. Namun, wasit menganulirnya karena dianggap offside.

Hingga 90 menit usai, kedua tim sebenarnya berimbang dalam penguasaan bola, 50-50. Hanya saja, Juve lebih unggul dalam melepaskan 12 tembakan, dengan empat di antaranya on target dan dua menjadi gol. Sementara itu, Genoa hanya melesatkan enam tembakan, tapi hanya satu yang mengarah ke gawang dan tidak ada yang mampu menembus Buffon.

Dengan kemenangan ini, Juve baru mengumpulkan empat poin dari empat laga dan masih tertahan di papan tengah. Sang Nyonya Tua masih tertinggal cukup jauh dengan musuh bebuyutannya, Inter, yang kukuh di puncak klasemen dengan torehan sempurna 12 poin.

***

Ratings

Genoa (3-4-3): 5.5
Lamanna 5.5; De Maio 5.5, Burdisso 5, Izzo 4.5; Cissokho 6, Rincon 5, Dzemaili 6/Pandev 6 (57′), Laxalt 6.5; Capel 5.5/Tachtsidis 6.5 (64′), Perotti 5.5/Figueiras 5.5 (46′), Ntcham 6.5.
Coach: Gasperini 5.5.

Juventus (4-3-3): 6.5
Buffon 6; Lichtsteiner 5, Barzagli 6.5, Chiellini 6.5, Evra 6; Sturaro 5.5, Lemina 6/Hernanes 6 (76′), Pogba 6.5; Cuadrado 7, Mandzukic 6/Zaza 6 (83′), Morata 6/Pereyra 7 (22′).
Coach: Allegri 6.5.

Referee: Valeri 6.

Man of the Match: Juan Cuadrado.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 4: Genoa 0-2 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s