Review Serie A 2015-2016 Giornata 5: Juventus 1-1 Frosinone

Sang Nyonya Tua Juventus kembali tersandung saat melanjutkan kiprah di Serie A hari Kamis (24/09) dini hari kemarin. Sangat diunggulkan untuk membantai tim antah-berantah Frosinone di Juventus Stadium, Bianconeri malah kecolongan pada detik-detik terakhir dan harus puas mengakhiri laga dengan skor seri 1-1. Alhasil, tren Juve yang sebelumnya mengemas dua kemenangan beruntun di kandang Manchester City dan Genoa pun harus terhenti.

Saat menjamu Frosinone kemarin, Max Allegri memang sengaja melakukan rotasi dan menyimpan sejumlah pemain inti. Hal ini dikarenakan jadwal Juve yang memang padat. Napoli sudah mengintai di “neraka” Stadio San Paolo weekend ini, begitu juga dengan Sevilla di Liga Champions tengah pekan depan. Maka dari itu, nama-nama seperti Stefano Sturaro, Mario Lemina, Roberto Pereyra, dan Simone Zaza pun menghiasi starting line-up Juve.

Sejak awal laga, tuan rumah sudah tampak mendominasi dan mengendalikan permainan. Juve terlihat sering menekan pertahanan Frosinone melalui dua sayap agresif yang dimotori oleh Juan Cuadrado di kanan dan Alex Sandro di kiri. Namun, karena kurang tajam, gawang tim tamu yang dijaga oleh kiper pinjaman dari Juve, Nicola Leali pun selamat.

Frosinone bukannya tanpa perlawanan. Pada menit ke-33, mereka sempat mengancam pertahanan Juve. Memanfaatkan sepak pojok, Castillo menanduk bola yang untungnya masih menerpa mistar gawang Neto. Selain peluang emas tersebut, tidak ada lagi aksi berbahaya hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, Juve menarik Stephan Lichsteiner yang cedera dan memasukkan Giorgio Chiellini. Selain itu, Stefano Sturaro yang tidak tampil maksimal di babak pertama digantikan oleh Paulo Dybala. Di sini, Allegri tampak mengubah formasi dari yang semula 4-3-3 menjadi 3-5-2 dengan Cuadrado dan Alex Sandro sebagai wing-back dan duet Dybala dan Zaza di lini depan.

Perubahan komposisi pemain tersebut langsung menampakkan hasil karena lima menit kemudian Juve mampu memecah kebuntuan lewat Simone Zaza. Arah tembakan mantan striker Sassuolo tersebut sebenarnya masih bisa ditebak oleh Leali. Namun, bola malah mengenai Leonardo Blanchard dan berbelok arah sebelum menembus gawang Frosinone.

Unggul 1-0 membuat Juve semakin bersemangat menyerang. Berkali-kali mereka membombardir pertahanan tamunya lewat tembakan dari jarak jauh. Tetapi, karena finishing touch yang buruk, tambahan gol yang dinanti tak kunjung terjadi. Hingga akhirnya, datanglah musibah itu. Pada menit kedua injury time, memanfaatkan tendangan sudut, Blanchard seakan menebus dosanya dengan menyundul bola yang menembus gawang Neto.

Skor 1-1 pun bertahan hingga wasit meniup peluit akhir. Secara statistik, Juve sebenarnya sangat dominan dengan penguasaan bola hingga 69 persen dan melepaskan tembakan sebanyak 36 kali. Iya, 36 kali tembakan. Tapi, hanya tujuh yang on target dan hanya satu yang menjadi gol. Bandingkan dengan Frosinone yang hanya mampu menembak sembilan kali dan hanya satu yang on target. Tapi, satu sundulan on target itulah yang akhirnya menghukum Juve pada detik-detik terakhir.

Dengan kekalahan ini, Juve semakin jauh tertinggal dari Inter yang kukuh di puncak klasemen dengan 15 poin. Nerazzurri tercatat sebagai satu-satunya tim, selain Bayern, di lima liga top Eropa yang meraih rekor sempurna dengan menyapu bersih kemenangan di awal musim ini. Sementara itu, Bianconeri baru mengumpulkan lima poin dari lima laga. Pray for Juve.

***

Ratings

Juventus (4-3-3): 5.5
Neto 5.5; Lichtsteiner 5.5/Chiellini 6 (46′), Barzagli 5.5, Bonucci 5.5, Sandro 6; Lemina 6, Sturaro 5.5/Dybala 6 (46′), Pogba 5.5; Cuadrado 7, Pereyra 6, Zaza 6/Hernanes 6 (77′).
Coach: Allegri 5.5.

Frosinone (4-4-2): 6
Leali 6; M. Ciofani 5.5/Rosi (83′), Diakite 6, Blanchard 6, Crivello 5; Frara 6, Gori 6, Chibsah 6.5/Tonev 6.5 (71′), Soddimo 6.5; D. Ciofani 5.5, Castillo 5.5/Dionisi 6 (85′).
Coach: Stellone 6.

Referee: Cervellera 6.

Man of the Match: Juan Cuadrado.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 5: Juventus 1-1 Frosinone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s