Preview Serie A 2015-2016 Giornata 6: Napoli vs. Juventus

Mimpi buruk Juventus di awal musim ini masih belum berakhir. Setelah sempat bangkit dengan meraih dua kemenangan beruntun di kandang Manchester City dan Genoa, Juve kembali terpeleset saat menjamu Frosinone pada hari Kamis (24/09) dini hari WIB kemarin. Hasil imbang 1-1 melawan tim gurem yang baru musim ini promosi ke kasta teratas Liga Italia tentu saja sulit diterima oleh para Juventini. Apalagi, satu poin yang diraih Frosinone di Juventus Stadium tersebut adalah poin perdana mereka di Serie A karena sebelumnya selalu kalah.

Nah, hari Minggu (27/09) dini hari nanti WIB, dalam kondisi masih terpukul, Juve bakal melawat ke “neraka” Stadio San Paolo. Stadion di Kota Napoli tersebut selama ini memang menjadi tempat yang mengerikan karena Gigi Buffon selalu sulit menang di sana. Maka dari itu, banyak pihak yang memperkirakan Bianconeri bakal pulang tanpa hasil akhir pekan ini. Pelatih Max Allegri juga menyatakan saat ini Juventus sedang mengalami krisis dalam urusan hasil, bukan krisis penampilan.

Badai cedera yang dialami oleh para pemain seperti Sami Khedira, Claudio Marchisio, Kwadwo Asamoah, Mario Mandzukic, dan Stephan Lichtsteiner memang menjadi salah satu penyebab merosotnya Juve musim ini. Ditambah lagi, para penggawa baru semacam Paulo Dybala, Hernanes, Mario Lemina dan Simone Zaza masih belum begitu menyatu dengan anggota tim yang lama. Ditinggal tiga pemain pilar seperti Andrea Pirlo, Arturo Vidal, dan Carlos Tevez memang menjadi pukulan telak bagi sang Nyonya Tua.

Padatnya jadwal juga membuat Allegri harus menerapkan kebijakan rotasi. Alhasil, starting line-up Juve nyaris berubah-ubah dalam setiap pertandingan. Saat ditahan seri Frosinone kemarin, Gigi Buffon, Giorgio Chiellini, Hernanes, dan Paulo Dybala hanya menjadi cadangan. Tujuannya, agar kondisi mereka bisa fit saat dijamu Napoli dan meladeni Sevilla tengah pekan depan di Liga Champions.

Dengan krisis cedera yang mendera dan kebijakan rotasi tersebut, otomatis butuh waktu lebih lama bagi skuat Juve yang saat ini banyak dihuni oleh para pemain muda untuk menjadi kompak seperti musim-musim sebelumnya. Akibatnya, formasi yang diterapkan oleh Allegri pun sering berubah-ubah karena harus menyesuaikan dengan pemain yang tersedia. Jika di era Antonio Conte dulu identik dengan 3-5-2, maka, saat ini, sulit untuk menebak skema apa yang bakal digunakan oleh Allegri. Bisa 3-5-2, bisa 4-3-1-2, atau juga bisa 4-3-3.

Saat dijamu Napoli nanti, kemungkinan pola 3-5-2 yang bakal diterapkan. Trio BBC (Barzagli, Bonucci, dan Chiellini) akan melindungi gawang Buffon. Sementara itu, dengan cederanya Lichsteiner, Juan Cuadrado bakal menempati sayap kanan dengan Patrice Evra atau Alex Sandro sebagai wing-back kiri. Skema tiga bek diharapkan bisa efektif meredam agresivitas Napoli yang tampaknya akan menerapkan 4-3-3.

Di tengah, Hernanes kemungkinan besar akan diplot sebagai regista. Mantan playmaker Inter tersebut akan ditemani oleh Paul Pogba dan Mario Lemina yang tampil cukup apik saat melawan Frosinone. Untuk opsi selain Lemina juga masih ada Roberto Pereyra dan Stefano Sturaro. Barisan gelandang tersebut akan menyuplai bola bagi duet striker Paulo Dybala dan Alvaro Morata. Sementara itu, Zaza juga siap diturunkan seandainya Morata masih dianggap kurang fit.

Di lain pihak, Napoli sendiri juga menjalani start yang buruk di awal musim ini. Setelah sempat bangkit dengan menghancurkan Club Brugge dan Lazio dengan skor masing-masing 5-0, tim asuhan Maurizio Sarri tersebut ditahan imbang tanpa gol oleh tim antah-berantah Carpi. Hasil seri melawan tim gurem yang sejenis dengan Frosinone itu tentu saja membuat il Partenopei kembali menginjak bumi.

***

Probable Line-ups

Napoli (4-3-3):
25 Reina; 2 Hysaj, 33 Albiol, 26 Koulibaly, 31 Ghoulam; 5 Allan, 8 Jorginho, 17 Hamsik; 7 Callejon, 9 Higuain, 24 Insigne.
Bench: 1 Rafael, 22 Gabriel, 11 Maggio, 4 Henrique, 21 Chiriches, 3 Strinic, 19 Lopez, 16 Valdifiori, 94 Chalobah, 77 El Khaddouri, 14 Mertens, 22 Gabbiadini.
Coach: Sarri.
Injured: –

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 16 Cuadrado, 18 Lemina, 11 Hernanes, 10 Pogba, 33 Evra; 21 Dybala, 9 Morata.
Bench: 25 Neto, 38 Audero, 4 Caceres, 24 Rugani, 40 Vitale, 20 Padoin, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 7 Zaza, 26 Alex Sandro, 44 Favilli.
Coach: Allegri.
Injured: Khedira (20 days), Marchisio (20), Asamoah (7), Mandzukic (15), Lichtsteiner & Rubinho (unknown).

Referee: Orsato.
Venue: Stadio San Paolo, Napoli.
Kick-off: Sun, Sep 27, 2015, 01.45 WIB.
Live: beIN SPORTS 1.

Prediction: Napoli 2-3 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 6: Napoli vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s