Review Serie A 2015-2016 Giornata 6: Napoli 2-1 Juventus

Juventus kembali terpuruk di Liga Italia Serie A musim ini. Hari Minggu (21/09) dini hari tadi WIB, sang Nyonya Tua digagahi oleh Napoli di Stadio San Paolo lewat dua gol yang diceploskan oleh Lorenzo Insigne dan Gonzalo Higuain. Sementara itu, gol pelipur lara Bianconeri dipersembahkan oleh Mario Lemina.

Sejak awal, laga antara Napoli dan Juventus berlangsung dalam tempo yang lumayan cepat. Bisa dibilang, pertandingan semalam adalah salah satu yang paling menarik di Serie A musim ini. Meski bermain terbuka dan bergantian menyerang, baik tim tamu atau pun tuan rumah tampak kesulitan untuk menembus kotak penalti lawan.

Peluang pertama bagi Juve baru datang pada menit ke-15. Ketika itu, Simone Zaza berhasil melakukan penetrasi ke dalam kotak terlarang Napoli. Sayangnya, tembakan mantan striker Sassuolo tersebut masih mampu dimentahkan oleh kiper veteran Pepe Reina.

Di lain pihak, Napoli juga tidak tinggal diam dan kemudian melakukan ancaman pada menit ke-20. Bekerja sama dengan Marek Hamsik, Lorenzo Insigne mencoba untuk mengubah keadaan dengan melakukan tembakan ke arah gawang Juve. Namun, upaya striker mungil tersebut masih mampu digagalkan oleh Gigi Buffon.

Usaha Insigne yang tak kenal lelah untuk memecah kebuntuan akhirnya menemui hasil pada menit ke-26. Setelah melakukan one-two dengan Gonzalo Higuain, mantan penyerang Pescara itu melepaskan tembakan keras yang tak mampu ditepis oleh Buffon. Skor pun berubah 1-0 untuk Napoli.

Setelah tertinggal satu gol, Juve tampak tersentak dan kembali menggencarkan serangannya. Hanya saja, aksi yang dilakukan oleh Simone Zaza, Paulo Dybala, maupun Paul Pogba masih tidak menampakkan hasil. Malah, Napoli yang sempat dua kali mengancam gawang Buffon lewat Jose Callejon dan Dries Mertens yang masuk pada akhir babak pertama untuk menggantikan Insigne yang cedera.

Pada babak kedua, semakin agresif untuk menyamakan kedudukan. Celakanya, saat asyik menyerang, pertahanan Juventus lengah oleh serangan balik Napoli yang dimotori oleh Higuain. Tembakan kaki kiri striker buangan Real Madrid itu dengan indah menembus gawang Buffon dan membuat skor menjadi 2-0.

Hanya satu menit setelah gol Higuain tersebut, Juve langsung merespon lewat Mario Lemina. Dengan memanfaatkan assist dari Dybala, sepakan mantan gelandang Marseille itu tak mampu ditepis oleh Pepe Reina. Kedudukan pun berubah kembali menjadi 2-1.

Dengan waktu yang tersisa sekitar 20 menit, kedua tim semakin menggencarkan serangan. Napoli hampir menambah gol lewat Ghoulam jika tidak digagalkan oleh Buffon. Sementara itu, Allegri melakukan pergantian dengan menarik Hernanes dan Dybala dan memasukkan Juan Cuadrado dan Alvaro Morata untuk menambah daya gedor Juve.

Sayangnya, hingga wasit meniup peluit akhir, beberapa percobaan yang dilakukan Cuadrado, Pogba, Morata, dan Zaza belum mampu untuk menyamakan kedudukan. Juve pun harus rela kehilangan tiga poin yang direbut oleh tuan rumah Napoli dan membuat posisi La Vecchia Signora semakin merana di Serie A.

***

Ratings

Napoli (4-3-3): 7
Reina 6; Hysaj 6.5, Albiol 6.5, Koulibaly 7, Ghoulam 6; Allan 7, Jorginho 7, Hamsik 7/David López 6 (80′); Callejon 6, Higuain 7.5/Gabbiadini 6 (85′), Insigne 7/Mertens 6 (40′).
Coach: Sarri 7.

Juventus (4-3-1-2): 5
Buffon 5.5; Padoin 5/Alex Sandro 6 (89′), Bonucci 5.5, Chiellini 5.5, Evra 5.5; Lemina 6.5, Hernanes 4/Cuadrado 6 (64′), Pogba 5; Pereyra 5.5; Dybala 5.5/Morata 5 (71′), Zaza 5.
Coach: Allegri 5.

Referee: Orsato 7.

Man of the Match: Gonzalo Higuain.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 6: Napoli 2-1 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s