Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 2: Juventus vs. Sevilla

Liga Champions ibarat ajang penebusan dosa bagi Juventus musim ini. Setelah tampil amburadul di Serie A, memang tak ada pilihan lagi bagi Gigi Buffon dkk selain habis-habisan di Eropa. Pada laga perdana grup D yang lalu, Juve berhasil membuat kejutan dengan menghempaskan tuan rumah Manchester City. Hari Kamis (01/10) dini hari WIB tengah pekan ini, sang Nyonya Tua bakal melanjutkan kiprahnya dengan menjamu Sevilla.

Jika dilihat dari segi kualitas, skuat Sevilla memang tidak bisa dibandingkan dengan Manchester City yang penuh dengan pemain bintang berharga mahal. Ditambah lagi, tim besutan Unai Emery itu juga sedang porak-poranda di La Liga musim ini, identik dengan Juve yang baru meraih lima poin dari enam laga dan sama-sama terjerembab di posisi ke-15. Namun, status sebagai juara Europa League musim lalu tetap membuat tim dari Andalusia itu tidak bisa diremehkan begitu saja.

Pada laga perdana grup D, Sevilla berhasil menghancurkan Borussia Moenchengladbach yang juga sedang kacau-balau di Bundesliga dengan skor 3-0. Maka dari itu, meski sedang sakit-sakitan di La Liga, mereka tetap berpotensi untuk membuat kejutan di Juventus Stadium. Apalagi, ada dua mantan Juve di tim tersebut, yaitu Ciro Immobile dan Fernando Llorente, yang bisa saja memberi kekecewaan pada para Juventini.

Tetapi, untungnya, kabar terakhir menyatakan Llorente sedang cedera dan kemungkinan besar tidak bisa tampil. Selain El Rey Leon Llorente, Sevilla juga tidak akan diperkuat oleh sang playmaker Ever Banega karena cedera lutut. Tanpa gelandang asal Argentina itu, rival sekota Real Betis tersebut bakal kehilangan seorang pengatur serangan yang handal.

Setelah dipermak Napoli akhir pekan lalu, Juve sendiri juga masih terkendala dengan badai cedera yang menerpa para pemain intinya, termasuk di antaranya Mario Mandzukic, sang pencetak gol pada laga perdana di kandang Manchester City. Sementara itu, meski baru saja sembuh dan kembali latihan bersama tim, Sami Khedira tampaknya sudah siap untuk menjadi starter. Kalau pun dianggap belum fit, minimal mantan gelandang Real Madrid itu akan menghuni bangku cadangan.

Selain Khedira, Stephan Lichsteiner yang sempat diragukan kondisinya sudah menyatakan kembali latihan bersama tim dan siap diturunkan untuk melawan Sevilla. Meski demikian, belum tentu dia akan menjadi starter. Tanpa sang Swiss Express, pertahanan Juve dari sisi kanan memang mudah ditembus. Simone Padoin yang menempati posisinya saat melawan Napoli tidak bisa berbuat banyak dan menjadi bulan-bulanan Gonzalo Higuain dan Lorenzo Insigne.

Untuk menghabisi Sevilla, dengan melihat daftar pemain yang tersedia, pelatih Max Allegri tampaknya akan kembali menerapkan 3-5-2. Gigi Buffon selaku penjaga gawang akan dikawal oleh tiga bek di depannya, yaitu Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini. Sedangkan, posisi wing-back sepertinya akan ditempati oleh Juan Cuadrado dan Patrice Evra. Selain itu, juga ada Alex Sandro jika Allegri ingin lebih agresif dalam menyerang.

Di lini tengah, dengan masih absennya Claudio Marchisio, peran sebagai regista mungkin akan diemban oleh Khedira. Hernanes yang tampil sangat buruk ketika digilas oleh Napoli tampaknya akan dibangkucadangkan. Khedira akan ditemani oleh Paul Pogba dan Roberto Pereyra atau Mario Lemina yang akhir-akhir ini cukup moncer penampilannya. Ketiganya akan menopang duo Alvaro Morata dan Paulo Dybala untuk menjebol gawang Sevilla.

Sebagai tuan rumah, Juve pastinya akan berusaha mendominasi penguasaan bola dan mencetak gol sejak babak pertama. Di lain pihak, Sevilla kemungkinan besar bakal mengandalkan serangan balik cepat dan mencoba untuk memanfaatkan peluang dengan seefektif mungkin. Menilik kekuatan para pemain yang secara kualitas lebih unggul, La Vecchia Signora seharusnya bisa kembali berjaya pada matchday kedua ini.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Cuadrado, Pogba, Khedira, Pereyra, Evra; Dybala, Morata.
Coach: Allegri.

Sevilla (4-2-3-1):
Rico; Coke, Kolodziecjczack, Andreolli, Tremoulinas; Krychowiak, N’Zonzi; Vitolo, Reyes, Konoplyanka; Gameiro.
Coach: Emery.

Referee: Eriksson.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Thu, Oct 1, 2015, 01.45 WIB.
Live: Indovision Soccer Channel / beIN SPORTS 2.

Prediction: Juventus 2-1 Sevilla.

Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 2: Juventus vs. Sevilla

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s