Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 2: Juventus 2-0 Sevilla

Musim ini memang menjadi anomali bagi Juventus. Setelah termehek-mehek di Serie A, sang Nyonya Tua malah berjaya di ajang Eropa. Buktinya, hari Kamis (01/10) dini hari tadi, Gigi Buffon dkk dengan meyakinkan menggulung Sevilla 2-0 pada matchday kedua grup D Liga Champions di Juventus Stadium. Kemenangan tersebut juga menjadi kemenangan perdana Bianconeri di kandang sendiri musim ini.

Sejak laga dimulai, Juve memang langsung mendominasi permainan dan melakukan tekanan ke pertahanan lawan mereka. Sementara itu, Sevilla tampak sudah siap menerima serangan tuan rumah dan lebih banyak mengandalkan serangan balik, yang kebanyakan tumpul dan tidak membahayakan gawang Buffon.

Dengan menerapkan formasi 3-5-2, Juve sendiri lebih banyak melakukan penetrasi lewat wing-back seperti yang mereka lakukan di era Antonio Conte dulu. Hadirnya Juan Cuadrado di sayap kanan membuat serangan La Vecchia Signora lebih tajam dari sisi ini. Winger yang terbuang dari Chelsea itu memang seakan terlahir kembali sejak bergabung dengan Juventus.

Di lini tengah, trio gelandang yang kali ini ditempati oleh Sami Khedira, Hernanes, dan Paul Pogba juga bermain lebih baik daripada laga-laga sebelumnya. Kehadiran Khedira mampu mengangkat permainan Hernanes dan Pogba yang di awal musim ini selalu melempem. Tembakan-tembakan jarak jauh juga sering mereka lepaskan, yang sayangnya banyak yang melenceng dari gawang Sevilla.

Upaya Juve untuk mengubah keadaan akhirnya tercapai empat menit menjelang turun minum. Awalnya Cuadrado melakukan penetrasi dari sayap kanan dan melepaskan umpan silang. Meski masih bisa dihalau oleh Yevgheny Konoplyanka, sial bagi Sevilla, bola malah berhasil dikuasai oleh Andrea Barzagli. Sejurus kemudian, bek juara dunia 2006 bersama Italia itu langsung mengirim crossing ke depan gawang Sergio Rico yang akhirnya ditanduk dengan indah oleh Alvaro Morata. Skor pun berubah menjadi 1-0.

Pada babak kedua, Sevilla masih kesulitan untuk melepaskan diri dari tekanan Juve. Trio gelandang tuan rumah masih dominan dalam penguasaan bola. Demikian juga serangan dari sisi sayap lewat Cuadrado yang masih sulit dihentikan oleh tim asuhan Unai Emery tersebut. Meski sudah melakukan tiga pergantian pemain, termasuk memasukkan ujung tombak buangan dari Juve, Ciro Immobile, Sevilla tetap tidak mampu menyamakan skor.

Max Allegri sendiri merespon upaya tamunya dengan melakukan pergantian pemain juga. Khedira yang sebenarnya tampil bagus dalam debutnya di Liga Champions bersama Juve, digantikan oleh Alex Sandro. Tampaknya, Allegri tidak ingin cedera gelandang asal Jerman yang mukanya mirip aktor Aryo Wahab itu kambuh.

Pada menit ke-80, Allegri juga menarik sang pencetak gol Morata dan memasukkan Simone Zaza. Keputusan ini terbukti tepat. Tujuh menit kemudian, Paulo Dybala melakukan serangan balik cepat. Sebelum terjatuh karena dihadang bek Sevilla, striker asal Argentina itu masih mampu mengirimkan bola ke Zaza. Setelah menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti, mantan striker Sassuolo itu akhirnya melepas tembakan yang menjebol gawang Sergio Rico dan membuat skor berubah menjadi 2-0.

Hingga 90 menit usai, Juve tercatat lebih unggul dalam menguasai bola sampai 54 persen. Sebanyak 20 tembakan dilepaskan oleh Dybala dkk dengan enam di antaranya mengarah ke gawang dan dua menjadi gol. Sementara itu, Sevilla hanya mampu melepaskan satu shot on target dan membuat Buffon nyaris menganggur sepanjang laga.

Dengan kemenangan ini, Juve semakin kukuh memimpin klasemen sementara grup D dengan enam poin dari dua laga. Di lain pihak, meski kalah, Sevilla masih mampu menduduki posisi kedua dengan tiga angka, sama dengan Manchester City yang dini hari tadi menang di menit terakhir lewat penalti Sergio Aguero atas Borussia Moenchengladbach.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 7
Buffon 6; Barzagli 7, Bonucci 6.5, Chiellini 6.5; Cuadrado 7, Khedira 7/Alex Sandro 6 (76′), Hernanes 6, Pogba 6, Evra 6.5; Dybala 7/Rugani 6 (89′), Morata 7/Zaza 7 (80′).
Coach: Allegri 7.

Sevilla (4-2-3-1): 5
Sergio Rico 5.5; Coke 5.5, Andreolli 5.5, Kolodziejczak 5, Tremoulinas 6; Krychowiak 6, N’Nonzi 5.5/Iborra 5.5 (66′); Reyes 6/Munoz 6 (79′), Krohn-Dehli 5, Konoplyanka 5; Gameiro 5/Immobile 5.5 (65′).
Coach: Emery 5.

Referee: Eriksson 6.5.

Man of the Match: Juan Cuadrado.

Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 2: Juventus 2-0 Sevilla

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s