Preview Serie A 2015-2016 Giornata 7: Juventus vs. Bologna

Awal musim ini Juventus begitu digdaya di Liga Champions. Dua kemenangan sudah dikantongi oleh sang Nyonya Tua setelah membekuk Manchester City dan Sevilla dalam dua laga perdana di grup D. Namun, di Serie A, keganasan La Vecchia Signora seakan sirna. Hingga enam pertandingan, Gigi Buffon dkk baru mengantongi satu victory dan dua kali seri. Alhasil, mereka sekarang baru mengumpulkan lima poin dan terpuruk di papan bawah.

Akhir pekan ini, tepatnya pada hari Minggu (04/10) malam WIB, Juve berkesempatan untuk menularkan kejayaannya dari Eropa ke pentas domestik. Mumpung lawannya adalah Bologna, tim promosi yang penampilannya awut-awutan, peluang emas bagi Paul Pogba dkk untuk meraih kemenangan pertama di Juventus Stadium.

Musim ini, kandang tim Zebra memang kehilangan tuahnya. Pada laga perdana, Udinese berhasil meraih kemenangan di sana. Begitu juga dengan tim gurem Chievo yang mampu mencuri satu pion setelah bermain imbang 1-1. Jika ingin segera bangkit dan menembus papan atas Serie A, Juve tidak boleh lagi kehilangan angka, terutama di kandang sendiri. Setiap laga home harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Di atas kertas, Bologna memang bukan tandingan Juve. Tim asuhan Delio Rossi itu baru meraih satu kemenangan musim ini saat mengalahkan sesama tim promosi, Frosinone. Dalam dua laga terakhir, Mattia Destro dkk bertekuk lutut di hadapan Fiorentina dan Udinese dengan skor 0-2 dan 1-2. Jika tidak terjadi kejutan, besar kemungkinan mereka akan menelan kekalahan beruntun ketiganya di Juventus Stadium.

Di lain pihak, Juve sendiri sedang termotivasi setelah menghancurkan Sevilla. Kekalahan dari Napoli sepekan yang lalu sudah dilupakan. Penampilan dominan di Liga Champions harus bisa diulangi akhir pekan ini saat menghadapi Bologna. Duet Paulo Dybala dan Alvaro Morata yang semakin padu kemungkinan akan kembali diandalkan oleh pelatih Max Allegri untuk mengobrak-abrik pertahanan tamu mereka.

Sementara itu, di lini tengah, Sami Khedira yang tampil apik saat menghadapi Sevilla akan kembali dipasang untuk mendampingi Hernanes dan Pogba. Meski demikian, ada juga kemungkinan mantan gelandang Real Madrid itu akan diistirahatkan weekend ini. Kondisinya yang baru pulih dari cedera memang tidak bisa terlalu diforsir. Apalagi, Juve masih memiliki Mario Lemina yang sejauh ini cukup memuaskan penampilannya. Gelandang asal Gabon itu bisa diturunkan untuk menempati posisi Khedira.

Untuk sektor pertahanan, dengan cederanya Stephan Lichtsteiner dan masih diskorsnya Martin Caceres karena habis mabuk dan menabrakkan mobil Ferrrari-nya, formasi tiga bek sepertinya akan diterapkan oleh Allegri. Trio Andrea Barzagli, Leo Bonucci, dan Giorgio Chiellini akan membentengi gawang Gigi Buffon. Sementara itu, Juan Cuadrado dan Patrice Evra akan menjadi duo wing-back yang bakal aktif menyerang dari sisi sayap. Sebagai alternatif, juga ada Alex Sandro yang bisa mengisi posisi Evra.

Dengan materi pemain seperti itu, sebenarnya tidak alasan bagi Juve untuk kembali terpeleset di kandang sendiri. Kali ini adalah saat yang tepat untuk bangkit dan meraih kemenangan. Apalagi, setelah international break dua pekan mendatang, Bianconeri akan bertemu dengan musuh bebuyutan mereka, Inter Milan. Jika sampai gagal menang melawan Bologna, sang Nyonya Tua bakal dalam tekanan besar ketika melakoni Derby d’Italia di Stadio Giuseppe Meazza.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 16 Cuadrado, 6 Khedira, 11 Hernanes, 10 Pogba, 33 Evra; 21 Dybala, 9 Morata.
Bench: 25 Neto, 38 Audero, 24 Rugani, 12 Alex Sandro, 20 Padoin, 22 Asamoah, 18 Lemina, 40 Vitale, 7 Zaza.
Coach: Allegri.
Injured: Marchisio, Mandzukic, Lichtsteiner, Rubinho, Sturaro, Pereyra.

Bologna (4-2-3-1):
83 Mirante; 24 Ferrari, 2 Oikonomou, 28 Gastaldello, 25 Masina; 8 Taider, 21 Diawara; 26 Mounier, 23 Brienza, 22 Rizzo; 10 Destro.
Bench: 1 Da Costa, 20 Maietta, 15 Mbaye, 3 Morleo, 13 Rossettini, 33 Brighi, 90 Crimi, 6 Crisetig, 5 Pulgar, 18 Aquafresca, 7 Falco, 11 Mancosu.
Coach: Rossi.
Injured: Donsah, Krafth, Giaccherini, Zuculini.

Referee: Celi.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Sun, Oct 4, 2015, 23.00 WIB.
Live: beIN SPORTS 2.

Prediction: Juventus 3-0 Bologna.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 7: Juventus vs. Bologna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s