Review Serie A 2015-2016 Giornata 7: Juventus 3-1 Bologna

Setelah selalu jeblok dalam kandang di Serie A musim ini, akhirnya Juventus meraih kemenangan perdana di Juventus Stadium saat menjamu Bologna, hari Minggu (04/10) malam kemarin WIB. Hasil positif ini sekaligus meneruskan victory yang diraih oleh Gigi Buffon dkk atas Sevilla di Liga Champions tiga hari sebelumnya.

Tiga gol kemenangan Juve kemarin dipersembahkan oleh Alvaro Morata di babak pertama, serta Paulo Dybala dan Sami Khedira di babak kedua. Dengan tambahan tiga angka ini, Juve memang belum mampu menembus papan atas. Tapi, Paul Pogba dkk sudah bisa merangkak ke papan tengah, tepatnya di posisi ke-12, dengan koleksi delapan poin.

Pada awal laga, Juve sebenarnya sempat dikejutkan oleh gol cepat Bologna pada menit ke-5. Dengan memanfaatkan serangan balik, Anthony Mounier yang lolos dari jebakan offside mendapatkan umpan dari Adam Mesina dan melepaskan tembakan pertama yang langsung menjadi gol. Meski sempat dihadang oleh Buffon, bola akhirnya tetap menembus gawang Juve dan membuat skor menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Juve langsung tertekan. Bayang kegagalan di kandang sendiri langsung menghantui benak para Juventini. Pelatih Max Allegri tampak berteriak-teriak di pinggir lapangan dan menyuruh anak-anak asuhnya tampil lebih agresif lagi. Musim ini, Juve memang kelihatan mudah sekali kebobolan. Clean sheet menjadi barang langka.

Namun, untungnya, kali ini sudah ada Sami Khedira. Mengulangi penampilan apiknya saat mengandaskan Sevilla, mantan gelandang Real Madrid itu kembali menjadi inspirator lini tengah Juve. Umpannya dari sisi kanan pada menit ke-33 mampu diteruskan oleh sundulan Alvaro Morata dan membuat skor menjadi sama kuat 1-1.

Bologna bukannya tanpa perlawanan. Meski lebih banyak bertahan, tim besutan Delio Rossi itu beberapa kali melancarkan serangan balik. Namun, dari empat kali tembakan yang mereka lepaskan di babak pertama, hanya satu yang mengarah ke gawang dan tidak ada tambahan gol lagi. Hingga turun minum, skor tetap sama kuat 1-1.

Pada babak kedua, Juve, yang memburu kemenangan kandang pertama di Serie A musim ini, langsung menggencarkan serangan mereka. Hasilnya, pada menit ke-51, Morata dijatuhkan oleh bek Bologna di kotak terlarang. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Dybala yang maju sebagai eksekutor tak membuang peluang emas tersebut dan membuat skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Setelah unggul satu gol, Juve semakin nyaman dalam mengendalikan permainan. Hingga akhirnya, pada menit ke-63, Bianconeri berhasil “mengunci” kemenangannya atas Bologna. Jika pada gol pertama tadi Khedira yang mengirim umpan ke Morata, maka kali ini Morata yang memberi assist pada Khedira dengan bola lambung di depan gawang yang langsung dituntaskan dengan tandukan. Skor pun berubah menjadi 3-1.

Meski sudah unggul dua gol, Juve masih berupaya menjebol gawang Bologna. Namun, tembakan dari Dybala masih bisa diblok oleh kiper Antonio Mirante. Demikian juga dengan usaha Morata yang gagal menambah gol hingga wasit meniup peluit akhir. Skor 3-1 pun bertahan hingga pertandingan usai.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 6.5
Buffon 5.5; Barzagli 6, Bonucci 6, Chiellini 6; Cuadrado 6.5, Khedira 7/Asamoah 6 (90′), Hernanes 6/Lemina 6 (67′) , Pogba 6, Evra 6; Dybala 6.5, Morata 7/Zaza 6 (76′).
Coach: Allegri 6.5.

Bologna (4-2-3-1): 5
Mirante 5.5; Ferrari 5, Oikonoumou 5, Gastaldello 5.5/Rossettini 5.5 (48′), Masina 6; Diawara 6, Pulgar 5.5/Brighi 6 (70′); Rizzo 6, Brienza 5/Falco 6 (76), Mounier 7; Destro 5.
Coach: Rossi 5.

Referee: Celi 6.

Man of the Match: Alvaro Morata.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 7: Juventus 3-1 Bologna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s