Preview World Cup 2018 Qualifiers Matchday 1: Argentina vs. Ecuador

Argentina bakal memulai perjalanan menuju Piala Dunia 2018 di Rusia dengan menjamu tim kuda hitam Ekuador di Stadion Monumental, Buenos Aires, pada hari Jumat (09/10) pagi WIB. Meski tidak diperkuat oleh sang megabintang Lionel Messi yang sedang terkapar cedera, tim Tango tetap diunggulkan untuk meraih kemenangan pada laga perdana kualifikasi zona Amerika Selatan ini.

Tanpa Messi, kekuatan Argentina memang tidak akan berkurang jauh. Sederet nama besar tetap menghiasi skuat besutan Gerardo “Tata” Martino tersebut. Para bintang lawas semacam Javier Pastore, Angel Di Maria, Erik Lamela, Sergio Aguero, Ezequiel Lavezzi, Carlos Tevez, dan Gonzalo Higuain akan dipadukan dengan sejumlah debutan potensial seperti Paulo Dybala dan Angel Correa. Maka dari itu, tidak ada alasan bagi La Albiceleste untuk galau setelah ditinggal Messi.

Untuk menghadapi Ekuador yang kemungkinan besar akan menerapkan strategi parkir bus dan serangan balik, Tata akan menggunakan formasi 4-3-3. Sergio Romero akan mengawal gawang Argentina. Kiper Manchester United tersebut akan dibentengi oleh empat bek tangguh, yaitu Facundo Roncaglia, Ezequiel Garay, Nicolas Otamendi, dan Emmanuel Mas.

Di lini tengah, trio gelandang Argentina bakal tetap mengandalkan Lucas Biglia, Javier Mascherano, dan Javier Pastore. Ketiganya bakal menjadi penyuplai bola bagi para tukang gedor yang kemungkinan ditempati oleh Angel Di Maria, Sergio Aguero, dan debutan Angel Correa. Di bangku cadangan juga masih ada sederet nama tenar yang mungkin bakal membuat Martino pusing untuk memilih salah satunya.

Dengan kekuatan seperti itu, di atas kertas, Argentina tak akan kesulitan untuk menggulung Ekuador. Apalagi, Paulo Dybala dkk kali ini bermain di hadapan para pendukung fanatik mereka. Sementara itu, tim tamu selama ini dikenal sebagai jago kandang (dengan memanfaatkan tipisnya oksigen di ketinggian ibu kota Quito) dan loyo jika bermain tandang.

Meski demikian, Ekuador tetap tidak bisa diremehkan begitu saja. Tim asuhan Gustavo Quinteros itu mampu menekuk Meksiko 2-1 dalam laga persahabatan sebelum ini. Winger Manchester United, Antonio Valencia, akan tetap menjadi andalan La Tricolor untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan. Sayangnya, tukang gedor West Ham United, Enner Valencia, tak bisa tampil karena cedera. Target realistis bagi mereka adalah kalah dengan skor tipis. Jika bisa “mencuri” satu poin dari Buenos Aires, itu sudah menjadi sebuah kemenangan besar.

***

Probable Line-ups:

Argentina (4-3-3):
Romero; Roncaglia, Garay, Otamendi, Mas; Biglia, Mascherano, Pastore; Di Maria, Aguero, Correa.
Coach: Martino.

Ecuador (4-4-2):
Dominguez; Paredes, Achillier, Erazo, W. Ayovi; Valencia, Noboa, Castillo, Montero; Bolanos, Caicedo.
Coach: Quinteros.

Venue: Estadio Monumental, Buenos Aires.
Kick-off: Fri, Oct 9, 2015, 07.00 WIB.
Live: Stream.

Prediction: Argentina 4-0 Ecuador.

Preview World Cup 2018 Qualifiers Matchday 1: Argentina vs. Ecuador

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s