Preview EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 9: Azerbaijan vs. Italia

Italia akan melawat ke Azerbaijan dalam laga kesembilan grup H pada babak kualifikasi menuju EURO 2016. Pertandingan hari Sabtu (10/10) ini sangat penting karena akan menentukan kelolosan Gli Azzurri ke Prancis tahun depan. Jika bisa menang di Baku, Gigi Buffon dkk dipastikan bakal melenggang ke putaran final.

Saat ini Italia memimpin grup H dengan perolehan 18 poin. Dengan dua laga tersisa, tim asuhan Antonio Conte itu unggul dua angka atas Norwegia dan empat angka atas Kroasia, yang sebelum ini terkena sanksi pengurangan satu poin dari UEFA akibat insiden lambang swastika saat menjamu Italia. Sementara itu, Azerbaijan yang baru meraih enam poin sudah dipastikan tidak akan lolos ke Prancis tahun depan.

Pada pertemuan pertama di Palermo, Italia dengan susah payah menekuk Azerbaijan dengan skor 2-1. Tiga gol yang terjadi kala itu diborong oleh Giorgio Chiellini yang melakukan satu gol bunuh diri. Meski tergolong tim gurem, Azerbaijan tidak bisa diremehkan begitu saja. Tim besutan Robert Prosinecki itu mampu menahan seri tanpa gol Norwegia dan Kroasia. Pertahanan ala parkir bus menjadi andalan mereka untuk meredam tim-tim yang secara kualitas lebih tangguh.

Jika Italia sampai gagal menang atas Azerbaijan, dan Norwegia serta Kroasia menang atas Malta dan Bulgaria, maka posisi Gli Azzurri bakal tertekan. Apalagi, pada laga terakhir, Andrea Pirlo dkk akan menjamu Norwegia yang tergolong sulit untuk dikalahkan. Bisa-bisa mereka tersisih ke posisi ketiga dan harus berjibaku di babak play-off. Maka dari itu, Conte mewanti-wanti anak-anak asuhnya untuk mengalahkan Azerbaijan agar bisa secepatnya meraih tiket ke Prancis.

Dilihat dari kompisisi pemain, Italia memang superior dibandingkan Azerbaijan. Bak bumi dan langit. Hanya saja, kali ini Gli Azzurri harus kehilangan Lorenzo Insigne yang penampilannya sedang moncer di Liga Italia musim ini. Cederanya Insigne itu akhirnya juga memantik perang dingin antara Conte dengan Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis.

Meski demikian, ketiadaan Insigne tidak boleh dijadikan alasan bagi Italia untuk gagal meraih kemenangan di Baku. Semangat untuk segera lolos ke Prancis harus dijadikan pijakan untuk membawa pulang tiga poin dari Azerbaijan. Hasil seri, atau, bahkan, kalah, bakal menjadi hal yang sulit diterima oleh publik Italia.

***

Probable Line-ups:

Azerbaijan (4-5-1):
Agaev; Medvedev, Sadiqov, Huseynov, Dasdamirov; Ismayilov, Nazarov, Garayev, Amirguliyev, Mammadov; Qurbanov.
Coach: Robert Prosinecki.

Italia (4-3-3):
Buffon; Florenzi, Bonucci, Chiellini, Darmian; Verratti, Pirlo, Bertolacci; Candreva, Pelle, Eder.
Coach: Antonio Conte.

Referee: Willie Collum (SCO).
Venue: Olympic Stadium, Baku.
Kick-off: Sat, Oct 10, 2015, 23.00 WIB.
Live: GlobalTV.

Prediction: Azerbaijan 0-2 Italia.

Preview EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 9: Azerbaijan vs. Italia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s