Review World Cup 2018 Qualifiers Matchday 1: Argentina 0-2 Ecuador

Argentina secara mengejutkan harus menuai malu saat menjamu Ekuador dalam laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Latin. Juara dunia dua kali itu dibekuk 0-2 oleh tamunya yang tergolong sebagai tim medioker tersebut. Bagi Ekuador, kemenangan pada hari Jumat (09/10) pagi WIB kemarin itu adalah kemenangan monumental, yang kebetulan terjadi di Stadion Monumental, Buenos Aires.

Meski sebelumnya sangat optimistis tidak akan merindukan Lionel Messi yang sedang cedera, Argentina harus mengakui bahwa peran sang Messias masih sangat besar. Ketiadaan peraih Ballon d’Or empat kali itu membuat tarian tim Tango tidak setajam biasanya. Dominan dalam penguasaan bola, tapi mandul dalam penyelesaian akhir.

Apalagi, sosok yang diharapkan bisa menggantikan peran Messi, yaitu Sergio Aguero, juga mengalami cedera saat laga berjalan 25 menit. Alhasil, Carlos Tevez yang masuk sebagai pengganti tak mampu menjalankan tugas untuk menjebol gawang Ekuador. Demikian juga dengan Javier Pastore, Angel Di Maria, Ezequiel Lavezzi, dan pemain debutan Angel Correa.

Sementara itu, Ekuador, yang hanya mengandalkan serangan balik, mampu memanfaatkan kelengahan pertahanan Argentina pada 10 menit terakhir babak kedua. Tak tangggung-tanggung, dua gol La Tricolore yang menjebol gawang Sergio Romero dicetak hanya dalam tempo singkat, yaitu pada menit ke-81 dan ke-82 oleh Frickson Erazo dan Felipe Caicedo. Semua itu berkat winger andalan Manchester United, Antonio Valencia yang larinya memang sangat cepat. Dia sukses membuat malu Argentina dengan aksinya dari sisi sayap.

Di lain pihak, pelatih Argentina Tata Martino dikecam karena tidak memberi kesempatan Paulo Dybala bermain. Padahal, striker Juventus itu dikenal memiliki gaya main yang mirip dengan Messi. Jika Dybala diturunkan, mungkin saja dia bisa membuat perbedaan dan menghindarkan Argentina dari rasa malu.

Kekalahan ini juga menjadi sinyal bahaya bagi Argentina. Patut dicatat, sejak Piala Dunia 1990, tim yang kalah di kandang sendiri pada laga perdana kualifikasi, akhirnya tidak ada yang mampu lolos ke putaran final. Apakah nasib Argentina bakal seburuk itu? Tampaknya peran sang juru selamat alias sang Messiah memang masih sangat dibutuhkan untuk mengentaskan tim Tango dari keterpurukan.

Review World Cup 2018 Qualifiers Matchday 1: Argentina 0-2 Ecuador

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s