Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 9: Azerbaijan 1-3 Italia

Italia akhirnya berhasil memastikan satu tiket untuk berlaga di putaran final EURO 2016 setelah menghempaskan Azerbaijan 3-1 di Baku pada hari Minggu (11/10) dini hari WIB kemarin. Tiga gol yang mengantarkan Gli Azzurri ke Prancis dicetak oleh Eder (11’), Stephan El Shaarawy (43’), dan Matteo Darmian (65’). Sementara itu, gol hiburan bagi tuan rumah dipersembahkan oleh Dimitrij Nazarov pada menit ke-31.

Sejak awal laga, Italia memang langsung menekan pertahanan Azerbaijan. Kemenangan memang wajib diraih untuk mengamankan jalan ke Prancis tahun depan. Jika kemarin sampai terpeleset, perjuangan Gli Azzurri saat menjamu Norwegia pada laga terakhir grup H bakal semakin berisiko. Salah-salah, Gigi Buffon dkk bisa terpental ke babak play-off karena disalip oleh Norwegia dan Kroasia yang menguntit di belakang mereka.

Untungnya, pada menit ke-11, Eder langsung memberi harapan cerah pada Italia dengan golnya. Berkat assist cemerlang ala Andrea Pirlo yang dilepaskan oleh Marco Verratti dari lini tengah, striker asal Sampdoria itu dengan tenang menjebol gawang Azerbaijan. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Namun, dua puluh menit berselang. Italia kembali tertekan. Berawal dari blunder Giorgio Chiellini yang gagal mengintersep bola, striker Ruslan Qurbanov mampu mengirim assist yang diselesaikan dengan sempurna oleh Nazarov. Skor pun menjadi sama kuat 1-1. Posisi Italia di klasemen sementara menjadi terancam oleh Norwegia dan Kroasia yang di saat bersamaan menang atas lawan-lawan mereka.

Akan tetapi, berkat karakter pantang menyerah yang ditanamkan oleh pelatih Antonio Conte, Italia akhirnya bisa kembali unggul lewat gol Stephan El Shaarawy pada menit ke-43. Striker yang didepak oleh AC Milan ke Monaco itu mencetak gol pertamanya bersama Gli Azzurri sejak tahun 2012 berkat assist dari Antonio Candreva. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Italia masih belum puas meski sudah unggul atas Azerbaijan. Hasilnya, pada menit ke-65, Matteo Darmian berhasil mencetak gol pertamanya bersama Gli Azzurri setelah mencuri bola dari kaki bek Huseynov. Tembakan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan oleh pemain Manchester United itu tak mampu dibendung oleh kiper Kamran Aghayev.

Setelah unggul 3-1, Conte mulai menarik keluar para pemain intinya. Dua pencetak gol, El Shaarawy dan Eder digantikan oleh Alessandro Florenzi dan Sebastian Giovinco yang lebih cepat dan lebih fresh. Pergantian pemain tersebut membuat tekanan Italia tetap kuat dan tajam. Terutama Giovinco yang sering mengobrak-abrik pertahanan Azerbaijan.

Pada menit ke-88, Giovinco berhasil lolos dan membawa bola sendirian menuju gawang Azerbaijan. Huseynov yang posisinya paling dekat langsung mengambil keputusan untuk menjegalnya sebelum memasuki kotak penalti. Wasit pun langsung mengganjarnya dengan kartu merah dan membuat tuan rumah bermain dengan 10 orang.

Namun, sayangnya, tendangan bebas yang dihadiahkan oleh wasit tak mampu dikonversi menjadi gol oleh Giovinco. Tembakan striker asal Toronto FC itu hanya membentur mistar gawang dan membuat skor tetap 3-1 hingga peluit akhir dibunyikan.

Selama 90 menit, Italia sebenarnya kalah dalam hal ball possession. Azerbaijan mampu menguasai permainan hingga 54 persen. Namun, dari 10 tembakan yang mereka lepaskan (enam di antaranya on target), hanya satu yang mampu menembus gawang Buffon. Sementara itu, dari 18 tembakan yang dibombardirkan oleh Italia, tujuh di antaranya tepat ke arah gawang, tiga bisa dikonversi menjadi gol.

Selanjutnya, pada laga terakhir grup H yang sudah tidak menentukan kelolosan ke EURO 2016, Italia akan meladeni Norwegia di Roma. Laga ini penting bagi tim tamu karena mereka masih memperebutkan satu tiket tersisa dengan Kroasia yang kini menduduki posisi ketiga. Bagi Gli Azzurri, laga tersebut mungkin bisa dimanfaatkan oleh Conte untuk menjajal sejumlah pemain cadangan yang selama ini jarang diturunkan.

***

Ratings

Azerbaijan (4-1-4-1): 6
Aghayev 4.5; Medvedev 5.5, Huseynov 4, RF Sadiqov 6, Dasdamirov 5.5; Garayev 5.5; Ismayilov 6/Mirzabayov 6 (90’), Eddy 5/RA Sadiqov 5.5 (66’), Amirguliyev 6, Nazarov 6.5; Qurbanov 5/Erat 5 (74’).
Coach: Robert Prosinecki 6.

Italia (4-4-2): 6.5
Buffon 6; Darmian 6.5, Bonucci 5.5, Chiellini 5, De Sciglio 6; Candreva 6.5/Montolivo 6 (88’), Verratti 7, Parolo 6.5, El Shaarawy 7/Florenzi 6 (74’); Pelle 6, Eder 7/Giovinco 6.5 (79’).
Coach: Antonio Conte 7.

Referee: Willie Collum (SCO).

Man of the Match: Marco Verratti.

Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 9: Azerbaijan 1-3 Italia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s