Preview EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 10: Italia vs. Norwegia

Italia sudah memastikan lolos ke EURO 2016 di Prancis tahun depan. Namun, masih ada satu laga yang harus dituntaskan oleh Gli Azzurri pada matchday terakhir babak kualifikasi, yaitu menjamu Norwegia di Roma pada hari Rabu (14/10) dini hari nanti WIB. Bagi tim tamu, pertandingan ini amat sangat penting karena mereka masih memperebutkan satu tiket sisa dari grup H dengan Kroasia.

Bagi Italia sendiri, laga melawan Norwegia ini sebenarnya juga tidak sepele-sepele amat. Meski sudah menggenggam tiket ke Prancis, Gli Azzurri wajib mengamankan posisi puncak dan menjadi juara grup H. hal itu berkaitan dengan koefisien UEFA mereka agar nanti menjadi unggulan saat pengundian fase grup EURO 2016. Jika sampai kalah dari Norwegia, Gigi Buffon dkk bisa terlempar dari pot unggulan dan tergabung dalam grup neraka di EURO 2016.

Bagi Kroasia, kemenangan memang wajib diraih jika mereka ingin mengkudeta Italia sebagai juara grup H. selain itu, hasil imbang dan kalah hanya akan membuat posisi mereka rawan tergusur oleh Kroasia yang kini tertinggal dua poin di peringkat ketiga. Apalagi, pada laga terakhir ini, Kroasia hampir pasti menang karena hanya menghadapi tim ecek-ecek Malta.

Untuk meredam Italia, Kroasia tampaknya akan menerapkan strategi parkir bus karena secara kualitas mereka satu tingkat di bawah lawannya. Namun, Gli Azzurri sendiri tampaknya akan tetap tampil agresif dengan menerapkan pola 4-2-4. Pelatih Antonio Conte sudah mencoba skema favoritnya tersebut saat di Azerbaijan. Hasilnya, untuk pertama kalinya sejak dia latih, Italia mampu mencetak tiga gol.

Ketajaman dua penyerang dan agresivitas dua sayap menjadi kunci kesuksesan formasi 4-2-4. Graziano Pelle tampaknya akan kembali berduet dengan Eder. Sementara itu, Antonio Candreva dan Stephan El Shaarawy akan meneror pertahanan lawan dari kiri dan kanan. Kolaborasi keempatnya cukup sukses saat Italia menggelontor Azerbaijan 3-1 beberapa hari yang lalu.

Sementara itu, dengan cederanya Andrea Pirlo, Marco Parolo, dan Marco Verratti, Conte tampaknya harus mencari duet baru di lini tengah. Bisa jadi Montolivo dan Roberto Soriano yang akan dipasang gelandang. Keduanya akan mengkover empat bek Mattia De Sciglio, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Matteo Darmian yang akan membentengi gawang Buffon.

Di atas kertas, Italia seharusnya bisa mengamankan tiga poin dengan materi pemain seperti itu. Kemenangan atas Norwegia juga akan membuat rekor Gli Azzurri yang terkalahkan selama babak kualifikasi EURO 2016 tetap terjaga.

***

Probable Line-ups

Italia (4-4-2):
Buffon; De Siciglio, Bonucci, Chiellini, Darmian; Candreva, Montolivo, Soriano, El Shaarawy; Eder, Pelle.
Coach: Antonio Conte

Norwegia (4-2-3-1):
Jarstein; Aleesami, Forren, Nordveit, Elabdellaoui; Johansen, Tettey; Skjelbred, Hendriksen, Berget; Soderlund.
Coach: Per Hogmo.

Referee: Felix Brych (GER).
Venue: Stadio Olimpico, Roma.
Kick-off: Wed, Oct 14, 2015, 01.45 WIB.
Live: GlobalTV.

Prediction: Italia 2-0 Norwegia.

Preview EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 10: Italia vs. Norwegia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s