Preview World Cup 2018 Qualifiers Matchday 2: Paraguay vs. Argentina

Argentina mengawali perjalanan menuju Piala Dunia 2018 di Rusia dengan hasil yang mengenaskan. Berlaga di kandang sendiri, El Monumental, di Buenos Aires, pada pertandingan perdana babak kualifikasi zona Amerika Selatan, Sergio Aguero dkk ditekuk oleh tim medioker Ekuador dengan skor 2-0. Kekalahan memalukan ini sekaligus yang pertama diderita oleh tim Tango dari Ekuador yang terakhir terjadi pada tahun 2009.

Pada laga kedua hari Rabu (14/10) pagi WIB, giliran Argentina yang menjadi tim tamu. Kali ini tim besutan Gerardo “Tata” Martino itu akan melawat ke kandang Paraguay di Asuncion. Dalam pertemuan terakhir mereka di semifinal Copa America 2015, tim Tango berhasil menggelontor Derlis Gonzales dkk dengan skor 6-1. Namun, saat laga pembuka di fase grup, La Albirroja mampu menahan La Albiceleste dengan skor 2-2 di Cile.

Berbeda dengan Argentina yang terpuruk di kaki para pemain Ekuador, pada pertandingan perdana kualifikasi Piala Dunia 2018 beberapa hari yang lalu, Paraguay berhasil menang 1-0 atas tuan rumah Venezuela berkat gol tunggal Derlis Gonzales. Tren positif ini yang wajib diwaspadai oleh tim Tango. Bisa-bisa, Angel Di Maria dkk menjadi korban selanjutnya di Asuncion. Apalagi, Paraguay dibesut oleh Ramon Diaz yang notabene pelatih berkewarganegaraan Argentina dan mengenal luar-dalam soal tim dari negeri asalnya tersebut.

Setiap bertemu Argentina, Ramon Diaz memang mengaku lebih bersemangat ketimbang menghadapi tim dari negeri lainnya. Pelatih berusia 56 tahun itu ingin selalu ingin membuktikan bahwa dirinya mampu mengalahkan La Albiceleste. Namun, Argentina juga memiliki Tata Martino. Sebelum membesut Barcelona, Tata menghabiskan bertahun-tahun waktunya di Paraguay dan sukses membawa mereka menembus perempat final Piala Dunia 2010 dan final Copa America 2011.

Argentina sendiri bakal meladeni Paraguay dengan kondisi skuat yang timpang di lini depan. Kun Aguero menyusul Lionel Messi yang tumbang karena cedera hamstring. Tanpa Gonzalo Higuain yang kali ini tidak dipanggil, Tata hanya memiliki Carlos Tevez sebagai ujung tombak yang berpengalaman. Sebenarnya, masih ada Paulo Dybala. Namun, melihat pentingnya laga ini, mungkin striker Juventus itu baru akan diturunkan jika Argentina sudah unggul atas Paraguay.

Di lini belakang, Facundo Roncaglia yang menempati posisi bek kanan juga banyak disorot sebagai titik lemah Argentina saat dibekap oleh Ekuador. Jika perkembangannya masih meragukan, mungkin Tata akan kembali memasang Pablo Zabaleta untuk mengawal sisi kanan bersama Funes Mori, Nicolas Otamendi, dan Emmanuel Mas.

Tiga poin memang wajib dibawa pulang oleh Argentina dari Paraguay. Jika sampai gagal menang, perjuangan tim Tango untuk menuju Rusia bakal semakin berat. Apalagi, bulan depan mereka bakal bertemu musuh bebuyutan, Brasil. Melihat ketatnya persaingan di zona Amerika Latin, Argentina memang tidak boleh lagi membuang angka jika ingin tampil di Piala Dunia 2018.

***

Probable Line-ups

Paraguay (4-4-2):
Silva; Valdez, Da Silva, Aguilar, Samudio; Derlis, Ortigoza, Ortiz, Benitez; Barrios, Santander.
Coach: Ramon Diaz.

Argentina (4-3-3):
Romero; Zabaleta, Funes Mori, Otamendi, Mas; Kranevitter, Mascherano, Pastore; Di Maria, Tevez, Lavezzi.
Coach: Tata Martino.

Referee: Andres Cunha (URU).
Venue: Estadio Defensores del Chaco, Asuncion.
Kick-off: Wed, Oct 14, 2015, 07.00 WIB.
Live: Stream.

Prediction: Paraguay 1-2 Argentina.

Preview World Cup 2018 Qualifiers Matchday 2: Paraguay vs. Argentina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s