Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 10: Italia 2-1 Norwegia

Italia berhasil memungkasi babak kualifikasi EURO 2016 dengan kemenangan 2-1 atas Norwegia di Roma pada hari Rabu (14/10) dini hari WIB kemarin. Dua gol Gli Azzurri dipersembahkan oleh Alessandro Florenzi dan Graziano Pelle pada babak kedua. Sementara itu, gol tim tamu dicetak oleh Alexander Tettey pada babak pertama.

Pada awalnya, laga antara Italia dan Norwegia berjalan lamban dan cenderung membosankan. Meski mampu mendominasi permainan, tuan rumah kesulitan untuk menembus kotak penalti tim tamu. Ketidakhadiran Andrea Pirlo dan Marco Verratti yang sedang cedera membuat serangan Gli Azzurri terlalu monoton. Riccardo Montolivo yang kemarin bertindak sebagai regista terlihat kurang kreatif dalam membongkar pertahanan tim dari negeri asalnya Thor tersebut.

Norwegia yang sengaja bertahan dan mengandalkan serangan balik cepat akhirnya berhasil memanfaatkan melempemnya Italia di babak pertama. Berawal dari tendangan bebas pada menit ke-23, bola sebenarnya masih mampu dihalau oleh bek tuan rumah. Namun, Tettey dengan cermat memanfaatkan bola liar tersebut dari luar kotak penalti yang akhirnya menjebol gawang Gigi Buffon.

Tertinggal satu gol membuat Italia seakan terbangun dari tidurnya. Roberto Soriano dkk berusaha menggencarkan serangan mereka. Namun, hingga turun minum, keadaan tetap tidak berubah. Norwegia masih unggul 1-0.

Pada babak kedua, Antonio Conte mulai melakukan perubahan skema dari 3-5-2 menjadi 4-3-3 untuk meningkatkan agresivitas timnya. Eder yang loyo di lini depan digantikan oleh Sebastian Giovinco. Begitu juga dengan Montolivo yang nggak becus mengatur permainan di lini tengah digantikan oleh Andrea Bertolacci untuk menemani Florenzi dan Soriano. Di lini belakang, Andrea Barzagli juga ditarik keluar dan Antonio Candreva dimasukkan untuk bersanding dengan Giovinco dan Pelle di depan.

Upaya Italia akhirnya menuai hasil pada menit ke-73. Crossing dari Giovinco gagal dihalau oleh bek Norwegia dan bola akhirnya disikat oleh Florenzi untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tak lama kemudian, Florenzi kembali mencetak gol. Namun, wasit menganulirnya karena menganggap posisi Candreva offside. Padahal, dalam tayangan ulang, winger asal Lazio tersebut terlihat onside.

Akan tetapi, gol kedua yang ditunggu Italia akhirnya datang juga. Pada menit ke-82, Florenzi kembali beraksi dengan mengirimkan crossing dari sisi kanan yang kemudian langsung dituntaskan oleh Pelle. Skor pun berubah menjadi 2-1 yang bertahan hingga wasit meniup peluit akhir.

Dengan kemenangan ini, Italia mampu mempertahankan posisi sebagai juara grup H sekaligus tak terkalahkan selama babak kualifikasi EURO 2016. Sementara itu, Norwegia yang semula berada di posisi kedua harus terpental ke posisi ketiga dan mengikuti play-off karena digeser oleh Kroasia yang pada saat bersamaan menang 1-0 atas tim gurem Malta.

***

Ratings

Italia (3-5-2): 7
Buffon 6; Barzagli 6/Candreva 6.5 (72′), Bonucci 6, Chiellini 6; Darmian 6.5, Florenzi 7.5, Montolivo 5.5/Bertolacci 6.5 (68′), Soriano 6.5, De Sciglio 6.5; Pelle 7, Eder 5.5/Giovinco 7 (62′).
Coach: Conte 7.5.

Norwegia (4-2-3-1): 5
Nyland 7; Elabdellaoui 5, Hovland 5, Forren 5.5, Aleesami 4.5; Johansen 5.5, Tettey 7; Skjelbred 5/Samuelsen 5 (51′), Henriksen 5, Berget 5/Berisha 5 (78′); Soderlund 5/King 5 (60′)
Coach: Hogmo 5.5.

Referee: Felix Brych (GER) 6.

Man of the Match: Alessandro Florenzi.

Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 10: Italia 2-1 Norwegia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s