Preview Serie A 2015-2016 Giornata 8: Inter vs. Juventus

Setelah international break selama dua pekan, Lega Calcio Serie A akan berlanjut dengan menyajikan Derby d’Italia antara Internazionale Milano melawan Juventus. Pertarungan dua musuh bebuyutan itu akan berlangsung pada hari Senin (19/10) dini hari WIB di Stadio Giuseppe Meazza, San Siro, Milan.

Dalam lima tahun terakhir, Inter selalu menjadi pihak yang inferior dalam Derby d’Italia. Kali ini, situasinya berbeda. Tim besutan Roberto Mancini itu berada di posisi kedua klasemen sementara di bawah Fiorentina. Di lain pihak, Juve, yang biasa mendominasi Serie A, kini terpuruk di posisi ke-12 dengan raihan delapan poin dari tujuh laga, tertinggal delapan angka dari Inter.

Maka dari itu, dalam laga kali ini, Inter sedikit diunggulkan. Apalagi, Stevan Jovetic dkk juga bermain di hadapan para pendukungnya. Faktor lainnya, il Nerazzurri juga memiliki Mauro Icardi yang selama ini memiliki hobby menjebol gawang Gigi Buffon. Bayangkan, dalam lima pertemuan, striker asal Argentina itu mampu menggagahi sang Nyonya Tua enam kali, alias lebih dari satu gol setiap laga.

Ketajaman Icardi bisa makin menjadi-jadi karena musim ini dibantu oleh duo Balkan, Ivan Perisic dan Stevan Jovetic. Selain piawai mencetak gol, Perisic dan Jovetic juga handal dalam menyajikan umpan-umpan matang untuk menjadi santapan Icardi. Di bench juga masih ada Rodrigo Palacio jika Mancini ingin menjajal trio PAIJO (Palacio, Icardi, Jovetic) kebanggaan Big Boss Erick Thohir.

Di lini tengah, Inter juga memiliki tiga tukang jagal asal Amerika Latin yang paling ganas di Serie A saat ini. Fredy Guarin, Gary Medel, dan Felipe Melo siap menghalalkan segala cara untuk menghancurkan lawan-lawannya. Di bangku cadangan, Inter juga masih memiliki Geoffrey Kondogbia yang disebut-sebut sebagai “Paul Pogba KW”. Tiga gelandang tadi akan membantu empat bek, Davide Santon, Miranda, Jeison Murillo, dan Juan Jesus atau Alex Telles untuk membentengi gawang Samir Handanovic.

Di lain pihak, Juventus harus melawat ke Inter dengan kondisi skuat yang kurang fit. Setelah Stephan Lichtsteiner harus menepi pasca-operasi jantung, Martin Caceres juga mengalami cedera saat membela Uruguay di babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Ironisnya, yang mencederai Caceres adalah pemain Juve sendiri, Juan Cuadrado, yang saat itu memperkuat Kolombia. Tanpa Lichtsteiner dan Caceres, praktis, posisi sayap kanan Bianconeri akan menjadi milik Cuadrado. (Tunggu, tadi yang mencederai Caceres itu Cuadrado, ya? Hmmm..).

Di sisi kiri, Patrice Evra kemungkinan akan kembali dipilih oleh Max Allegri daripada Alex Sandro. Untuk laga sepenting ini, pengalaman Evra tampaknya memang lebih dibutuhkan daripada agresivitas mantan bek kiri Porto tersebut. Kedua wing-back dalam formasi 3-5-2 memang juga dituntut untuk bisa membantu pertahanan yang bakal dihuni oleh Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini. Ketiganya akan bahu-membahu menjaga gawang Buffon dari gempuran trio PAIJO milik Inter.

Sementara itu, meski terancam kehilangan Roberto Pereyra yang kondisinya kurang fit setelah pulang dari tugas bela negara bersama Argentina, Allegri bisa bernapas sedikit lega karena Claudio Marchisio telah kembali. Tanpa il Principino, Juve memang kehilangan sosok regista karena Andrea Pirlo sudah hengkang ke New York. Hernanes yang biasanya diplot sebagai sutradara permainan sering kali tampil amburadul dan membuat lini tengah La Vecchia Signora porak-poranda seperti ketika dipermak Napoli.

Marchisio kemungkinan akan ditemani oleh Sami Khedira dan Paul Pogba sebagai trio gelandang yang bertugas menyokong duet striker Paulo Dybala dan Alvaro Morata. Jika Morata dirasa belum fit, di bangku cadangan sudah siap sang Imhotep Simone Zaza untuk mendampingi Dybala. Sementara itu, Mario Mandzukic yang baru sembuh dari cedera tampaknya akan diistirahatkan terlebih dahulu.

Bagi Juve, laga melawan Inter ini memang menjadi kesempatan emas untuk bangkit. Jika kembali terpeleset, sang Nyonya Tua bakal semakin terpuruk dan pastinya semakin sulit untuk menembus tiga besar. Kemenangan wajib digapai jika mereka masih bermimpi untuk merebut scudetto kelima berturut-turut.

***

Probable Line-ups

Inter (4-3-1-2):
1 Handanovic; 21 Santon, 25 Miranda, 24 Murillo, 5 Juan Jesus; 13 Guarin, 17 Medel, 83 Melo; 44 Perisic; 10 Jovetic, 9 Icardi.
Bench: 30 Carrizo, 12 Telles, 23 Ranocchia, 33 D’Ambrosio, 55 Nagatomo, 7 Kondogbia, 27 Gnoukouri, 77 Brozovic, 8 Palacio, 11 Biabiany, 22 Ljajic, 97 Manaj.
Coach: Mancini.
Injured: Vidic (45 days).

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 16 Cuadrado, 6 Khedira, 8 Marchisio, 10 Pogba, 33 Evra; 21 Dybala, 9 Morata.
Bench: 25 Neto, 38 Audero, 12 Alex Sandro, 24 Rugani, 11 Hernanes, 18 Lemina, 20 Padoin, 22 Asamoah, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 7 Zaza, 17 Mandzukic.
Coach: Allegri.
Injured: Caceres (15 days), Lichtsteiner (40 days), Rubinho (unpredictable).

Referee: Valeri.
Venue: Stadio Giuseppe Meazza, Milan.
Kick-off: Mon, Oct 19, 2015, 01.45 WIB.
Live: OrangeTV Festival.

Prediction: Inter 1-2 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 8: Inter vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s