Review Serie A 2015-2016 Giornata 8: Inter 0-0 Juventus

Derby d’Italia yang tersaji pada hari Senin (19/10) dini hari tadi WIB berakhir dengan hasil imbang. Inter dan Juventus harus puas memungkasi laga pada giornata ke-8 tersebut tanpa satu pun gol yang tercipta. Meski demikian, pertemuan antara dua tim yang bermusuhan ini cukup menarik untuk ditonton karena berjalan dengan ketat selama 90 menit.

Sejak awal, laga antara Inter dan Juve ini sudah berlangsung panas. Tensi tinggi sudah tersulut pada 15 menit pertama. Hasilnya, wasit harus mengeluarkan empat kartu kuning, satu untuk tuan rumah dan tiga untuk tim tamu. Kerasnya pertandingan ini memang sudah diperkirakan karena Nerazzurri menurunkan dua tukang jagalnya, Felipe Melo dan Gary Medel, di lini tengah.

Setelah laga berjalan hampir setengah jam, Inter mulai menunjukkan kebolehannya sebagai tim penghuni peringkat kedua di Serie A musim ini. Stevan Jovetic dkk beberapa kali mengancam gawang tamunya. Beruntung, Juve masih memiliki Gigi Buffon sebagai santo pelindung mereka. Kiper yang dijuluki Superman itu sempat melakukan penyelamatan spektakuler untuk menggagalkan Marcelo Brozovic mencetak gol.

Selain penampilan ciamik Buffon, bek Andrea Barzagli juga menunjukkan kelasnya sebagai veteran juara Piala Dunia 2006 bersama Italia. Kedua pemain tersebut membuat gempuran yang dilakukan Inter berhasil dimentahkan. Hasilnya, agresivitas La Beneamata mulai loyo menjelang babak pertama berakhir. Akhirnya, saat turun minum, skor tetap sama kuat 0-0.

Pada babak kedua, Juve mulai bangkit dan mengendalikan permainan. Tusukan-tusukan yang dilakukan Juan Cuadrado lewat sayap kanan cukup merepotkan pertahanan Inter yang dijaga oleh Juan Jesus dkk. Namun, kesigapan kiper Samir Handanovic mampu menggagalkan peluang winger yang dicampakkan oleh Chelsea tersebut untuk membuat gol.

Inter sendiri bukannya tanpa perlawanan. Meski sudah tidak dominan seperti babak pertama, Ivan Perisic dkk beberapa kali melancarkan serangan balik sporadis dan melalukan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti. Tapi, tidak ada upaya mereka yang membuahkan hasil.

Melihat Inter tidak seganas babak pertama, Juve pun terus meningkatkan serangan mereka. Sami Khedira hampir saja mengubah keadaan. Tapi, sayang seribu sayang, tembakan pemain yang mirip actor Aryo Wahab itu malah membentur tiang gawang. Padahal,dia sudah berhadapan one-on-one dengan Handanovic.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap sama-sama mandul 0-0. Juve tercatat lebih mendominasi ball possession hingga 54 persen. Dari 15 tembakan yang mereka lepaskan, empat di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, Inter hanya bisa melesatkan delapan tembakan, dan hanya dua di antaranya yang on target.

Dengan hasil ini, Inter gagal menggeser Fiorentina yang baru dibekuk Napoli dari puncak klasemen. Sedangkan Juve sendiri masih tertambat di posisi ke-14 dengan sembilan poin dari delapan laga, tertinggal sembilan poin dari peringkat pertama.

***

Ratings

Inter (4-3-1-2): 6
Handanovic 6.5; Santon 5.5, Miranda 6, Murillo 6, Jesus 5.5; Melo 6/Guarin 5.5 (64′), Medel 6.5/Kondogbia 6 (92′), Brozovic 6; Perisic 6; Jovetic 6.5/Palacio 6 (92′), Icardi 6.
Coach: Mancini 6.

Juventus (3-5-2): 6
Buffon 6.5; Barzagli 6.5, Bonucci 6, Chiellini 6; Cuadrado 6.5, Khedira 6, Marchisio 5.5, Pogba 5.5, Evra 6; Morata 6/Mandzukic 5.5 (71′), Zaza 5.5/Dybala 6 (78′).
Coach: Allegri 6.

Referee: Valeri 5.

Man of the Match: Juan Cuadrado.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 8: Inter 0-0 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s