Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 3: Juventus vs. Borussia Moenchengladbach

Juventus akan melanjutkan kiprah mereka di Liga Champions dengan menjamu Borussia Moenchengladbach pada hari Kamis (22/10) dini hari WIB. Matchday ketiga ini sangat penting bagi Juve jika ingin tetap memuncaki klasemen sementara grup D. Pada dua laga sebelumnya, sang Nyonya Tua sukses merengkuh enam poin penuh setelah menghajar Manchester City dan Sevilla.

Dibandingkan tiga kontestan lainnya di grup D, Borussia Moenchengladbach memang paling tidak diunggulkan. Tim asal Jerman itu jarang berkiprah di Liga Champions. Untuk sementara ini, Gladbah terpuruk di dasar klasemen karena selalu gagal menang dalam dua laga awal. Prestasinya di Bundesliga juga sempat melorot setelah musim lalu membuat kejutan dengan finish di tiga besar. Namun, dalam empat laga terakhir, tim besutan Andre Schubert ini mampu bangkit dengan menyapu empat kemenangan beruntun.

Juve sendiri memang tidak boleh terlalu jumawa menghadapi tim yang sempat merajai Jerman di tahun 1970-an itu. Apalagi, akhir pekan kemarin mereka baru saja memetik hasil kurang memuaskan setelah bermain imbang tanpa gol saat dijamu Inter di Liga Italia Serie A. Kemandulan Bianconeri di level domestik tidak boleh menular di ajang Eropa yang lebih prestisius ini.

Saat bertandang ke San Siro kemarin, pelatih Max Allegri tampaknya memang sengaja menyimpan Paulo Dybala sebagai cadangan agar tenaganya bisa lebih fresh saat menjamu Gladbach. Striker asal Argentina itu sepertinya akan kembali diduetkan dengan Alvaro Morata dalam skema 3-5-2 yang akhir-akhir menjadi andalan pasca Stephan Lichtsteiner menjalani operasi jantung.

Dari sisi sayap, Juan Cuadrado dan Patrice Evra kemungkinan besar akan kembali dipasang sebagai wing-back. Penetrasi dan kecepatan Cuadrado dari sisi kanan musim ini memang menjadi andalan Juve dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan yang biasanya menerapkan parkir bus tersebut. sementara itu, meski tidak seagresif Cuadrado, pengalaman Evra di sisi kiri sangat dibutuhkan untuk membantu pertahanan tim Zebra.

Trio gelandang sebagai motor permainan tampaknya akan kembali dipercayakan kepada Sami Khedira, Claudio Marchisio, dan Paul Pogba. Meski tampil kurang memuaskan saat menghadapi Inter, mereka masih dianggap sebagai midfielder terbaik yang dimiliki Juve saat ini. Ketiga pemain tersebut diperkirakan tidak akan kesulitan mengatasi lini tengah Gladbach yang kali ini mungkin tidak diperkuat oleh Granit Xhaka yang sedang cedera.

Sementara itu, Gianluigi Buffon yang sempat mengalami cedera saat menahan gempuran Inter, kabarnya sudah cukup fit untuk tampil tengah pekan ini. Selain tiga benteng tangguh (Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini), kehadiran sang Superman memang sangat dibutuhkan oleh Juve untuk melindungi gawang mereka dari serangan lawan-lawannya. Namun, jika San Gigi terpaksa absen, di bangku cadangan juga masih ada Noriberto Neto yang siap menggantikannya.

Melihat komposisi skuat yang mereka miliki, Juve seharusnya bisa kembali mengamankan tiga poin. Apalagi, Claudio Marchisio dkk bermain di Juventus Stadium yang selama ini menjadi tempat angker bagi lawan-lawan mereka di ajang Eropa. Jika bisa menang atas Gladbach, posisi La Vecchia Signora di puncak klasemen grup D bakal semakin sulit dikejar oleh Manchester City.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Cuadrado, Khedira, Marchisio, Pogba, Evra; Dybala, Morata.
Coach: Max Allegri.

Borussia Moenchengladbach (4-4-2):
Sommer; Korb, Christensen, Dominguez, Wendt; Traore, Nordtveit, Dahoud, Johnson; Raffael, Stindl.
Coach: Andre Schubert.

Referee: Craig Thompson (SCO).
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Thu, Oct 22, 2015, 01.45 WIB.
Live: OrangeTV Quad Sport.

Prediction: Juventus 1-0 Borussia Moenchengladbach.

Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 3: Juventus vs. Borussia Moenchengladbach

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s