Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 3: Juventus 0-0 Borussia Moenchengladbach

Kegemilangan Juventus di Liga Champions musim ini akhirnya tertahan pada laga ketiga. Menjamu Borussia Moenchengladbach di Juventus Stadium, hari Kamis (22/10) dini hari kemarin, Juve harus puas dengan hasil imbang kacamata alias 0-0.

Meski mendominasi sepanjang laga, Juve tampak frustrasi karena tidak berhasil menjebol gawang tamunya yang menerapkan strategi parkir bus. Sejak awal, tim tuan rumah memang langsung melancarkan serangan agresif ke tim asal Jerman itu. Tujuannya adalah mencari keunggulan cepat sehingga akan membuat lawan mereka bermain terbuka. Namun, upaya itu tidak berhasil.

Pertahanan Gladbach yang diasuh oleh Andre Schubert dini hari kemarin memang bermain cukup disiplin dalam membendung serangan Juve. Mereka tetap tenang meski mendapat ancaman yang konstan hampir sepanjang laga. Akan tetapi, karena terlalu berkonsentrasi untuk bertahan, Granit Xhaka dkk hampir tidak pernah memberikan ancaman yang berarti terhadap Juventus dan membuat Gigi Buffon nyaris menganggur sepanjang laga.

Peluang emas sebenarnya didapat Juve pada akhir babak pertama. Ketika itu, salah satu bek Gladbach melakukan blunder yang mengakibatkan bolanya direbut oleh Alvaro Morata. Namun, sejurus kemudian, Morata langsung dijatuhkan sebelum memasuki kotak penalti. Wasit pun langsung mengeluarkan kartu kuning dan memberi Juve hadiah tendangan bebas. Claudio Marchisio dkk langsung memprotes karena menganggap bek Gladbach melakukan pelanggaran orang terakhir yang seharusnya diganjar dengan kartu merah.

Pada babak kedua, Juve tetap kesulitan menembus pertahanan Gladbach. Tim dengan warna kebesaran hijau itu tampaknya memang sengaja mencari hasil seri dengan tidak melakukan serangan berbahaya ke gawang Bianconeri. Mereka hanya memain-mainkan bola dengan operan-operan pendek di lini tengah dan belakang. Hampir sepuluh pemain berjaga di sekitar kotak penalti yang membuat Juan Cuadrado dkk kesulitan untuk melakukan penetrasi.

Pada menit ke-60, Allegri pun mulai melakukan pergantian pemain. Cuadrado ditarik keluar dan digantikan oleh Roberto Pereyra. Sepuluh menit kemudian, giliran Mario Mandzukic yang digantikan oleh Simone Zaza. Setelah itu, Paulo Dybala menyusul masuk menggantikan Alvaro Morata pada menit ke-81.

Ketiga pergantian itu ternyata tidak kunjung membuahkan hasil. Dybala yang mengandalkan skill olah bolanya juga terlihat kebingungan membongkar pertahanan Gladbach. Demikian juga dengan Pereyra dan Zaza yang tak kuasa menaklukkan Hans Sommer hingga wasit meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir.

Selama 90 menit, Gladbach tercatat kalah tipis dalam penguasaan bola (sekitar 43 persen). Namun, mereka hanya melepaskan empat tembakan dan tidak ada satupun yang mengarah ke gawang Buffon. Sementara itu, Juve yang lebih dominan dalam ball possession (sekitar 53 persen) melesatkan 22 tembakan. Akan tetapi, dari sekian banyak berondongan itu, hanya dua yang on target dan tak ada yang menjadi gol. Ini menjadi bukti mandulnya serangan Juve.

Paul Pogba berandil besar dalam ompongnya sang Nyonya Tua. Meski mampu menyumbangkan sepuluh tembakan, hanya dua yang on target dan tidak ada yang menjadi gol. Seusai laga, Allegri sampai marah dan menyindir Pogba, meski tidak secara langsung. Menurut dia, ada pemain Juve yang bertindak egois. Ketika mendapat bola, bukannya diumpankan ke pemain lain yang posisinya lebih terbuka, tapi malah ditembak sendiri. Tercatat, ada tiga momen yang seperti itu kemarin.

Dengan hasil seri ini, Juve memang masih memimpin klasemen sementara grup D dengan 7 poin. Namun, keunggulan mereka dari Manchester City di peringkat kedua kini hanya tinggal satu angka saja. Dengan tiga laga tersisa, apapun masih bisa terjadi. Posisi Juve masih jauh dari aman untuk lolos ke babak 16 besar. Apalagi, jika mereka mengincar status sebagai juara grup agar tidak mendapat lawan yang berat di fase knock-out.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 5.5
Buffon 6; Barzagli 7, Bonucci 6, Chiellini 6; Cuadrado 5.5/Pereyra 5.5 (60’), Khedira 5.5, Marchisio 6, Pogba 6, Alex Sanndro 5.5; Morata 6.5/Dybala 6 (81′), Mandzukic 5/Zaza 5 (70′).
Coach: Allegri 5.

Borussia Monchengladbach (4-4-2): 6
Sommer 6; Korb 6, Christensen 6.5, Dominguez 5, Wendt 6; Traore 6/Hahn 6 (82′), Dahoud 6/Nordtveit 6 (88′), Xhaka 6.5, Johnson 6; Stindl 5, Raffael 6.5/Hazard 6 (74′).
Coach: Schubert 6.

Referee: Thompson (SCO) 5.

Man of the Match: Andrea Barzagli.

Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 3: Juventus 0-0 Borussia Moenchengladbach

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s