Preview Serie A 2015-2016 Giornata 10: Sassuolo vs. Juventus

Tidak ada waktu untuk bersantai bagi skuat Juventus setelah melumat Atalanta akhir pekan yang lalu. Hari Kamis (29/10) dini hari WIB ini, Gigi Buffon dkk akan melanjutkan kiprahnya di Serie A dengan melawat ke kandang Sassuolo di Mapei Stadium, Reggio Emilia. Laga ini sangat penting bagi Juventus agar bisa terus merangkak naik yang saat ini berada di peringkat ke-12 klasemen sementara Liga Italia.

Sassuolo sendiri, meski tergolong sebagai “anak baru” di Serie A, tidak bisa diremehkan begitu saja. Memang, sejak berkiprah di kasta teratas Liga Italia pada musim 2013/14, Sassuolo tak pernah menang atas Juventus. Dari empat laga yang sudah mereka lakoni kontra sang Nyonya Tua, hasilnya adalah tiga kali kalah dan sekali seri. Namun, musim ini bisa jadi ceritanya bakal lain.

Ya, Sassuolo yang biasanya menjadi bulan-bulanan, kali ini berhasil menembus sepuluh besar. Bahkan, raihan poin mereka (15) lebih baik daripada Juve (12). Otomatis, peringkat Domenico Berardi dkk pun kini berada di atas La Vecchia Signora. Sebuah hal yang aneh dan mencengangkan. Tapi, itulah kenyataan yang terjadi saat ini.

Keberhasilan Sassuolo tersebut bukan karena keberuntungan semata. Musim ini, I Neroverdi tercatat sebagai salah satu dari tujuh tim di Serie A yang belum terkalahkan dalam laga kandang. Tim besutan Eusebio Di Francesco tersebut bahkan tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan home terakhir mereka. Mapei Stadium kini menjadi tempat yang cukup angker bagi tim tamu.

Sebaliknya, catatan Juve akhir-akhir ini termasuk melempem saat melakoni laga tandang. Hal itulah yang membuat mereka kini terjerembab di papan bawah Serie A. Dalam empat pertandingan away musim ini, Giorgio Chiellini dkk hanya mampu menang sekali, seri sekali, dan kalah dua kali. Juve juga hanya mampu mencetak empat gol dan kebobolan empat kali dalam empat game di kandang lawan tersebut.

Maka dari itu, Sassuolo saat ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Jika biasanya Max Allegri melakukan rotasi pada laga tengah pekan, mungkin kali ini dia akan tetap menurunkan skuat utama seperti ketika Juve menghajar Atalanta tiga hari yang lalu. Sangat riskan seandainya Allegri memilih untuk menurunkan para pemain pelapis di Mapei Stadium.

Di lini belakang, Gigi Buffon hampir pasti menjadi andalan untuk menjaga gawang. Santo Pelindung Juventus tersebut akan dibentengi oleh trio BBC, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini dalam skema tiga pemain bertahan. Sementara itu, Juan Cuadrado dan Alex Sandro sepertinya akan dipasang sebagai wing-back jika Allegri memilih untuk mengistirahatkan Patrice Evra yang sudah uzur.

Di lini tengah, trio Sami Khedira, Claudio Marchisio, dan Paul Pogba, yang semakin padu sebagai motor permainan Juventus, sepertinya akan tetap diandalkan untuk menyuplai bola bagi duet striker Paulo Dybala dan Alvaro Morata atau Mario Mandzukic. Bagi Dybala, laga ini juga pembuktian konsistensinya setelah kemarin dia tampil gemilang dengan satu gol dan satu assist saat membekap Atalanta.

Dengan mengandalkan agresivitas dari sayap yang ditempati oleh Cuadrado dan Sandro untuk memasok bola ke depan, kemungkinan bagi Dybala untuk kembali mencetak gol juga sangat besar. Apalagi, Sassuolo dikenal lemah dalam mementahkan serangan dari sisi lapangan seperti yang terjadi ketika mereka dihajar Milan weekend kemarin. Maka dari itu, tiga poin seharusnya bisa dibawa pulang oleh Juve.

***

Probable Line-ups

Sassuolo (4-3-3):
79 Pegolo; 11 Vrsaljko, 28 Cannavaro, 15 Acerbi, 13 Peluso; 7 Missiroli, 4 Magnanelli, 32 Duncan; 25 Berardi, 92 Defrel, 83 Floro Flores.
Bench: 1 Pomini, 3 Longhi, 20 Ariaudo, 23 Gazzola, 26 Terranova, 6 Pellegrini, 8 Biondini, 10 Laribi, 9 Falcinelli, 16 Politano, 17 Sansone, 99 Floccari.
Coach: Di Francesco.
Suspended: Consigli (1).
Injured: Antei (21 weeks).

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 16 Cuadrado, 6 Khedira, 8 Marchisio, 10 Pogba, 12 Alex Sandro; 21 Dybala, 9 Morata.
Bench: 25 Neto, 28 Audero, 33 Evra, 24 Rugani, 20 Padoin, 27 Sturaro, 18 Lemina, 11 Hernanes, 17 Mandzukic, 7 Zaza.
Coach: Allegri.
Suspended: –
Injured: Rubinho (unpredictable), Lichtsteiner (20 weeks), Caceres (4 weeks), Pereyra (40), Asamoah (20).

Referee: Gervasoni.

Venue: Mapei Stadium, Reggio Emilia.

Kick-off: Thu, Oct 29, 2015, 02.45 WIB.

Live: OrangeTV Festival.

Prediction: Sassuolo 0-2 Juventus.

Preview Serie A 2015-2016 Giornata 10: Sassuolo vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s