Review Serie A 2015-2016 Giornata 9: Juventus 2-0 Atalanta

Juventus akhirnya kembali meraih kemenangan setelah di dua laga sebelumnya selalu bermain imbang tanpa gol melawan Inter di Serie A dan Borussia Moenchengladbach di Liga Champions pekan lalu. Pada hari Minggu (25/10) kemarin, Gigi Buffon dkk berhasil mengandaskan Atalanta 2-0 dan mengamankan tiga poin yang berharga di Juventus Stadium.

Laga melawan Atalanta kemarin seakan juga menjadi penahbisan kembalinya duet Paulo Dybala dan Mario Mandzukic lewat dua gol yang mereka ciptakan. Lewat dua gol striker baru tersebut, Juve sukses menghajar Lazio di SuperCoppa Italiana awal musim yang lalu. Setelah itu, penampilan keduanya, terutama Mandzukic, cenderung menurun. Gol kemarin juga tercatat sebagai gol pertama Super Mario di Serie A bersama Juventus.

Sejak awal laga, Juve yang bertekad untuk tidak lagi terpeleset, langsung menekan pertahanan Atalanta. Namun, meski mendominasi penguasaan bola dan berkali-kali menggempur tim asuhan Edy Reja itu, selama hampir setengah jam Bianconeri gagal menciptakan gol. Sampai akhirnya, pada menit ke-28, Dybala berhasil memecah kebuntuan.

Dengan keunggulan skill-nya, saat itu Dybala melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Kiper Atalanta, Marco Sportiello, tak mampu menghadang bola yang menembus gawangnya tersebut. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Juventus. Hingga turun minum, kedudukan itu tidak berubah. Dybala sebenarnya sempat memiliki dua peluang lagi yang gagal dia konversi menjadi gol berkat kesigapan Sportiello.

Pada babak kedua, Juve tidak mengendurkan tekanan. Hasilnya, Mandzukic berhasil menggandakan keunggulan tuan rumah. Berawal dari umpan Pogba dari sisi kiri, Dybala mengirim umpan silang ke depan gawang Atalanta yang langsung disikat oleh Super Mario. Berkat satu gol dan satu assist-nya tersebut, Dybala memang layak ditahbiskan sebagai man of the match.

Atalanta sendiri bukannya tanpa perlawanan. Pada menit ke-65, Mauricio Pinilla memiliki kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, tembakannya masih melenceng. Selain peluang tersebut, praktis tak ada ancaman berarti lainnya dari tim tamu. Gigi Buffon selaku penjaga gawang Juve nyaris menganggur sepanjang laga.

Pada menit ke-73, upaya Atalanta untuk melepaskan diri dari tekanan sang Nyonya Tua semakin berat. Bek Rafael Toloi mendapatkan kartu kuning yang kedua setelah menjegal Mandzukic. Wasit pun langsung mengusirnya dari lapangan. Tertinggal dua gol dan bermain hanya dengan 10 orang, bisa dibilang sudah “game over” bagi Atalanta.

Juve sebenarnya berpeluang menambah gol lagi sebelum laga berakhir berkat penetrasi Dybala yang dijatuhkan Gabriel Paletta di dalam kotak penalti. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Namun, sayang, tembakan yang dilakukan oleh Paul Pogba bisa dimentahkan oleh Sportiello. Seandainya Dybala yang menjadi eksekutor, mungkin hasilnya bakal berbeda.

Meski Juve terus menekan, hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap tidak berubah. Selama 90 menit, tuan rumah tercatat unggul dalam penguasaan bola hingga 69 persen. Sebanyak 14 tembakan dilepaskan oleh Claudio Marchisio dkk, dengan delapan di antaranya on target dan dua menjadi gol. sementara itu, dari tujuh tembakan yang dilesatkan Atalanta, tidak ada satu pun yang mengarah ke gawang Buffon, alias semuanya melenceng.

Dengan kemenangan ini, Juve berhasil merangkak naik ke posisi ke-12 dengan raihan 12 poin di klasemen sementara. Jarak dengan Roma di puncak memang masih jauh, yaitu 8 angka. Namun, dengan masih banyaknya laga yang tersisa musim ini, apapun bisa terjadi. Yang penting, La Vecchia tidak boleh lagi terpeleset saat menjamu tim-tim gurem dan medioker, seperti contohnya Sassuolo yang bakal mereka hadapi tengah pekan ini.

***

Ratings

Juventus (4-3-3): 6.5
Buffon 6; Padoin 6, Bonucci 6.5, Chiellini 6.5, Evra 6.5; Khedira 6.5/Sturaro (89′), Marchisio 6.5, Pogba 6.5; Pereyra 6/Asamoah 6.5 (37′), Mandzukic 6/Morata 6 (77′), Dybala 7.5.
Coach: Allegri 6.5.

Atalanta (4-4-2): 5
Sportiello 5.5; Bellini 5/Masiello 5.5 (46′), Toloi 5, Paletta 5, Drame 6; Grassi 5, De Roon 5.5/Migliaccio 6 (73′), Kurtic 5.5; D’Alessandro 5, Pinilla 5, Moralez 6/Gomez 6 (52′).
Coach: Reja 5.

Referee: Di Bello 6.5.

Man of the Match: Paulo Dybala.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 9: Juventus 2-0 Atalanta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s