Preview Formula 1 Gran Premio de Mexico 2015

Gelar juara dunia pebalap sudah diamankan oleh Lewis Hamilton di GP Amerika Serikat (AS) pekan lalu. Begitu juga dengan gelar juara dunia konstruktor yang sudah dipertahankan oleh Mercedes. Yang tersisa dari Formula 1 musim ini hanyalah persaingan untuk meraih posisi runner-up yang bakal diperebutkan oleh Nico Rosberg dan Sebastian Vettel.

Pertarungan untuk menjadi pebalap nomor dua sejagad itu akan memasuki fase krusial dalam tiga balapan yang masih tersisa musim ini. Dan, GP Meksiko akhir pekan ini akan menjadi seri pembuka persaingan antara Rosberg (247) dan Vettel (251) sebelum GP Brasil dan GP Abu Dhabi di akhir bulan November nanti.

Di Austin weekend kemarin, Rosberg sebenarnya berpeluang besar untuk menang. Bagaimana tidak, saat itu dia mengawali lomba dari pole position dan menjadi pebalap tercepat saat kualifikasi. Namun, hasil akhir lomba berkata lain. Lagi-lagi, pebalap asal Jerman itu harus mengakui keunggulan rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang sekaligus mengunci gelar juara dunianya yang ketiga. Beruntung, Rosberg masih mampu finish di depan Vettel yang mengakhiri balapan di posisi ketiga.

Kegagalan Rosberg di GP AS kemarin bermula saat start ketika mobilnya diserempet Hamilton sehingga membuatnya melorot ke posisi kelima. Rosberg pun sepertinya tidak bisa menerima manuver rekan setimnya tersebut. Sialnya, pada lap kedelapanan menjelang finish, Rosberg kembali membuat kesalahan saat melibas genangan air yang membuatnya melebar dan keluar dari trek. Hal itu membuatnya kehilangan banyak waktu dan tertinggal dari Hamilton yang akhirnya memenangi lomba.

Seusai balapan, Rosberg masih terlihat KZL. Dia melemparkan kembali topi runner-up yang diberikan oleh Hamilton. Di atas podium, Rosberg juga terlihat bête banget saat Hamilton merayakan kemenangan sekaligus gelar juara dunianya. Untungnya, Hamilton tak ikut panas. Mungkin karena suasana hatinya sedang gembira. Mercedes pun kabarnya sudah memanggil kedua jagoannya itu untuk meredam friksi. Hamilton pun mengaku sedang happy dan tidak marah atas sikap masam Rosberg tersebut.

Nah, Rosberg sendiri berjanji untuk melupakan insiden pekan lalu. Di Meksiko weekend ini, dia akan berusaha untuk menebusnya. Meski sudah tidak bisa menjadi juara dunia, dia masih punya tiga balapan tersisa untuk mengamankan posisi kedua dari ancaman Vettel. Melihat trend kebangkitan Ferrari akhir-akhir ini, Mercedes memang wajib waspada jika tidak ingin ambisi mereka untuk menguasai posisi 1-2 sirna.

GP Meksiko sendiri merupakan seri “baru” dalam kalender F1. Musim ini adalah kali pertama balapan jet darat itu kembali ke Negeri Sombrero setelah absen sejak tahun 1992. Maka dari itu, hampir semua pebalap tidak mengetahui seluk beluk Sirkuit Autodromo Hermanoz Rodriguez, kecuali Sergio Perez yang merupakan driver jagoan tuan rumah.

Maka dari itu, bisa dipastikan hampir semua pebalap buta akan karakter sirkuit di Meksiko karena tidak ada yang pernah berlomba secara resmi di sana. Yang mereka miliki hanyalah data-data yang dikumpulkan oleh para mekanik. Tiga sesi latihan bebas bakal menjadi sarana efektif bagi para driver untuk mempelajari seluk-beluk trek negerinya Maria Mercedes tersebut.

Formula 1 Gran Premio de Mexico 2015 akan dimulai pada hari Jumat, 30 Oktober 2015, dengan sesi Free Practice 1 (23.00 WIB). Lalu, dilanjutkan hari Sabtu, 31 Oktober 2015 dengan sesi Free Practice 2 (03.00 WIB) dan sesi Free Practice 3 (23.00 WIB). Hari Minggu, 1 November 2015, adalah sesi Qualifying pada pukul 02.00 WIB dan hari Senin, 2 November 2015, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 02.00 WIB. Live di FOX Sports 2. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Gran Premio de Mexico 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s