Review Serie A 2015-2016 Giornata 10: Sassuolo 1-0 Juventus

Setelah sempat bangkit dengan menghancurkan Atalanta 2-0, Juventus kembali terpuruk kala dijamu oleh Sassuolo pada giornata ke-10 Liga Italia Serie A, hari Kamis (29/10) dini hari kemarin. Sang Nyonya Tua untuk pertama kalinya takluk di kaki tim gurem tersebut dengan skor tipis 1-0 lewat tendangan bebas Nicola Sansone pada menit ke-20.

Kekalahan tersebut adalah kekalahan keempat yang diderita oleh Juve di Serie A musim ini. Praktis, hingga pekan ke-10 ini, Gigi Buffon dkk baru mengumpulkan 12 poin dan tersungkur di peringkat ke-12. Ini adalah start terburuk Bianconeri sejak Liga Italia menerapkan sistem tiga angka untuk satu kemenangan pada musim 1994-1995.

Sebelum dipermak Sassuolo kemarin, Juve sudah terlebih dahulu ambruk kala meladeni Udinese pada laga pembuka Serie A musim ini. Lalu, sang Nyonya Tua juga dipaksa bertekuk lutut dan merelakan dirinya digagahi saat melawat ke kandang Roma dan Napoli. Tak pelak, akhir pekan ini Max Allegri langsung menerapkan kebijakan “ritiro” alias menyepi sebelum menjalani Derby della Mole melawan musuh bebuyutan, Torino.

Sejak awal laga kemarin, Juve sebenarnya mampu mendominasi permainan dan menekan pertahanan Sassuolo. Namun, para bek tim Zebra, terutama Giorgio Chiellini terlihat kerepotan meredam gerakan lincah Domenico Berardi yang melakukan serangan balik cepat. Alhasil, Chiello pun langsung mendapat kartu kuning karena menjegal Berardi.

Petaka bagi Juve terjadi pada menit ke-20 saat Sassuolo mendapat hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti. Nicola Sansone yang menjadi eksekutor tak membuang kesempatan tersebut. Dengan melakukan tembakan ala Andrea Pirlo, bola meluncur deras menembus pojok atas gawang Buffon yang kali ini hanya melongo dan tidak bisa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Unggul satu gol, tuan rumah pun langsung menerapkan strategi parkir bus. Sementara itu, Juve langsung tersentak dan berusaha menyamakan kedudukan. Namun, pada menit ke-39, bencana kembali menerpa. Chiellini yang sejak awal kesulitan menghadang gerakan Berardi kali ini mendapat kartu kuning kedua dan terpaksa harus terusir dari lapangan. Tertinggal satu gol dan hanya berkekuatan 10 pemain, Juve makin kesulitan untuk membalik keadaan.

Pada babak kedua, meski tetap dominan dalam pengusaan bola, Juve masih tidak mampu menembus pertahanan Sassuolo yang digalang dengan apik oleh Francesco Acerbi. Kreativitas tim tamu di lini tengah juga macet dengan absennya Claudio Marchisio yang menderita flu. Pilihan Allegri menurunkan Mario Lemina untuk mengisi peran Marchisio juga kurang tepat karena dia bertipe sama dengan Stefano Sturaro.

Pada laga kemarin, Lemina dan Sturaro memang menjadi kartu mati di lini tengah. Pogba juga tidak bisa ngapa-ngapain tanpa sokongan Marchisio dan Sami Khedira. Masuknya Hernanes pada menit ke-82 juga tidak membantu banyak karena waktu hanya tersisa sedikit. Seandainya dia dimainkan sejak awal di posisi Lemina sebagai regista, mungkin hasilnya akan berbeda.

Di lini depan, duet Paulo Dybala dan Mario Mandzukic yang cukup moncer saat Juve melumat Atalanta, kemarin juga melempem. Begitu pun dengan Alvaro Morata dan Simone Zaza yang dimasukkan untuk menggantikan duo striker tersebut. mereka berdua hanya berlari-lari seperti anak ayam kehilangan induk tanpa bisa mengancam gawang Sassuolo.

Hingga akhir laga, meski unggul dalam penguasaan bola sampai 63 persen, Juve tetap gagal mencetak gol. Dari 14 tembakan yang mereka lepaskan, hanya tiga yang mengarah ke gawang. Sisanya melenceng. Berbeda dengan Sassuolo yang bermain lebih efektif. Dari tujuh shot yang mereka miliki, tiga di antaranya on target dan satu menjadi gol.

Tambahan tiga angka ini juga semakin mengukuhkan dominasi Sassuolo atas Juve musim ini. I Neroverdi kini nangkring di posisi kelima klasemen sementara dengan 18 poin. Tim besutan Eusebio Di Francesco itu unggul enam angka atas sang Nyonya Tua yang kini termehek-mehek di papan tengah. Dunia sudah terbalik.

***

Ratings

Sassuolo (4-3-3): 6.5
Pegolo 6.5; Vrsaljko 6, Cannavaro 6.5, Acerbi 7, Peluso 7; Missiroli 6.5, Magnanelli 6.5, Biondini 6/Duncan 6 (71′); Berardi 5.5/Laribi 6 (81′), Sansone 6.5, Floccari 5.5/Defrel 6 (70′).
Coach: Di Francesco 6.5.

Juventus (4-4-2): 5.5
Buffon 6; Barzagli 6.5, Bonucci 6, Chiellini 4.5, Alex Sandro 5.5; Cuadrado 6, Sturaro 6, Lemina 5/Hernanes 6 (82′), Pogba 5.5; Mandzukic 5/Morata 5.5 (60′), Dybala 5.5/Zaza 6 (78′).
Coach: Allegri 5.5.

Referee: Gervasoni 5.5.

Man of the Match: Francesco Acerbi.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 10: Sassuolo 1-0 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s