Review Serie A 2015-2016 Giornata 11: Juventus 2-1 Torino

Juventus berhasil meraih kemenangan dramatis saat mejamu rival sekota mereka, Torino, pada hari Minggu (1/11) dini hari WIB kemarin. Gol penentu kemenangan Juve diceploskan oleh Juan Cuadrado pada detik terakhir injury-time berkat umpan dari Alex Sandro.

Sejak awal laga, tuan rumah sebenarnya langsung melakukan tekanan terhadap tamunya. Namun, Juve kemudian diterpa masalah pada menit ke-11 karena Sami Khedira yang menjadi andalan di lini tengah mengalami cedera. Alhasil, pelatih Max Allegri pun langsung memasukkan Juan Cuadrado sebagai pengganti gelandang asal Jerman tersebut dan mengubah pola yang semula 4-3-1-2 menjadi 4-3-3.

Keputusan Allegri untuk memasukkan Cuadrado ini terbukti tepat. Buktinya, beberapa saat kemudian, tepatnya pada menit ke-19, winger asal Kolombia itu menyodorkan bola kepada Paul Pogba di luar kotak penalti yang langsung menembakkannya dan menjebol gawang Torino dengan cantiknya. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Bianconeri.

Tertinggal satu gol membuat Torino tersentak dan bangkit melakukan serangan lewat Fabio Quagliarella. Beruntung bagi Juve, tembakan sang mantan tersebut masih melenceng dari gawang padahal sudah berhadapan dengan Gigi Buffon. Tuan rumah pun langsung melakukan balasan dua menit kemudian. Namun, sayang, bola hasil tendangan Paulo Dybala tersebut melayang di atas gawang Daniele Padelli.

Pada awal babak kedua, Torino terus menggencarkan serangan mereka. Sementara itu, Juve tampak terlena. Akibatnya, enam menit setelah turun minum, gawang Buffon pun dijebol oleh Cesare Bovo memanfaatkan bola rebound dari tendangan bebas. Sebelumnya, wasit memberi hadiah free-kick tersebut kepada Torino karena Leonardo Bonucci menjatuhkan Quagliarella di depan kotak penalti Juve.

Setelah kedudukan menjadi sama kuat, tuan rumah yang tadi sempat terlelap seakan bangun dari tidurnya. Juve mulai menggempur pertahanan tamunya secara sporadis. Torino pun tak tinggal diam dengan melancarkan serangan balik cepat. Namun, ketangguhan dua penjaga gawang membuat kedua tim tersebut kesulitan mencetak gol.

Pada menit ke-67, sundulan Kamil Glik masih mampu dimentahkan oleh Buffon. Begitu juga dengan tembakan keras Giuseppe Vives dari luar kotak penalti pada menit ke-70 yang masih mampu digagalkan oleh santo pelindung gawang Juventus tersebut.

Juve sendiri melakukan serangan lewat Cuadrado dari sayap kanan pada menit ke-62. Akan tetapi, umpannya gagal dituntaskan oleh Pogba karena tembakannya masih melambung. Begitu juga dengan upaya Dybala pada menit ke-68 yang lagi-lagi digagalkan oleh Padelli.

Hingga memasuki injury-time, para Juventini tampaknya sudah pasrah tim kesayangan mereka bakal memetik hasil seri. Torino sendiri juga tampak sudah puas dengan skor imbang 1-1. Namun, para pemain Juve tampaknya masih belum mau menyerah. Gagal menang di kandang setelah tiga hari sebelumnya dipermak Sassuolo tentu saja akan menjadi sebuah bencana.

Spirit “fino alla fine” alias determinasi hingga saat terakhir sang Nyonya Tua itu pun menemui hasil. Berawal dari sundulan Pogba yang membentur tiang gawang, bola kemudian ditembakkan oleh Claudio Marchisio yang masih mampu ditepis oleh kiper Padelli. Namun, bola malah mengarah ke Alex Sandro yang melakukan penetrasi dari sayap kiri. Sejurus kemudian, pemain asal Brasil itu mengirimkan umpan silang mendatar ke depan gawang Torino yang langsung disikat oleh Cuadrado. Skor pun berubah menjadi 2-1 dan beberapa saat kemudian wasit meniup peluit tanda laga telah usai.

Dengan tiga angka yang diraih ini, Juve memang masih belum mampu beranjak dari papan tengah, tepatnya di posisi ke-10 dengan 15 poin. Namun, kemenangan dramatis atas musuh sekota ini setidaknya bisa menjadi titik balik dan pembangkit semangat bagi La Vecchia Signora bahwa peperangan masih belum usai. Masih banyak pertempuran-pertempuran yang harus dilalui. Apapun masih bisa terjadi hingga akhir musim nanti. Termasuk menembus papan atas, lolos ke Liga Champions musim depan, dan bahkan meraih kembali meraih Scudetto yang kemarin seakan-akan sudah lepas dari jangkauan.

***

Ratings

JUVENTUS (4-3-1-2): 6.5
Buffon 7; Padoin 6, Barzagli 6, Bonucci 6, Evra 5.5; Khedira 6/Cuadrado 7 (11’), Marchisio 6, Pogba 6.5; Hernanes 6; Morata 5.5/Mandzukic 5.5 (78′), Dybala 6.5/Alex Sandro 6 (87′).
Coach: Allegri 6.5.

TORINO (3-5-2): 5.5
Padelli 6.5; Bovo 6.5, Glik 6.5, Moretti 5.5; Bruno Peres 5, Acquah 5, Vives 6.5, Baselli 5.5/Benassi 5 (65′), Molinaro 5.5/Zappacosta 5 (61′); Maxi Lopez 5.5/Belotti 6 (88′), Quagliarella 5.5.
Coach: Ventura 5.5.

Referee: Rocchi 6.

Man of the Match: Juan Cuadrado.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 11: Juventus 2-1 Torino

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s