Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 4: Borussia Moenchengladbach vs. Juventus

Setelah mengalahkan Torino secara dramatis di Serie A weekend kemarin, Juventus bakal melanjutkan kiprah mereka di Liga Champions dengan melawat ke kandang Borussia Moenchengladbach pada hari Rabu (4/11) dini hari WIB. Saat bertemu pertama kali dua pekan yang lalu, Gladbach berhasil menahan imbang sang Nyonya Tua tanpa gol di Turin. Maka dari itu, pertemuan yang kedua ini diperkirakan juga tak akan mudah bagi Juve untuk meraih kemenangan di Jerman.

Gladbach yang sempat terpuruk di dasar klasemen Bundesliga pada awal musim, saat ini sudah bangkit. Pergantian pelatih dari Lucien Favre ke Andre Schubert membawa angin segar bagi Granit Xhaka dkk. Alhasil, dalam liga laga terakhir di Bundesliga, mereka selalu menang, dan kini sudah nangkring di posisi kelima dan siap kembali menembus empat besar seperti musim lalu.

Juve sendiri, meski kemarin menang atas Torino, penampilannya masih belum konsisten. Kemenangan atas il Toro lebih ditentukan oleh keberuntungan pada detik-detik terakhir. Selain itu, tengah pekan yang lalu, Gigi Buffon dkk dipermalukan oleh tim gurem Sassuolo. Dengan performa di ajang domestic bak roller-coaster seperti itu, Gladbach bakal menjadi ujian berat bagi stabilitas Bianconeri, yang sejauh ini cukup oke, di Eropa.

Hasil yang diraih Juve di Liga Champions musim ini memang berkebalikan dengan prestasi mereka yang sedang termehek-mehek di Serie A. Paulo Dybala dkk masih belum terkalahkan di grup D dengan dua kali menang dan sekali seri. Jika bisa mengalahkan Gladbach, Juve yang kini mengumpulkan tujuh poin bakal memastikan lolos ke babak 16 besar asalkan Sevilla (tiga poin) dibekuk oleh Manchester City (enam poin).

Salah satu kendala Juve untuk mengamankan tiga angka dari Moenchengladbach adalah cederanya Sami Khedira saat menghadapi Torino kemarin. Sebagai pemain asal Jerman, pengalaman mantan gelandang Real Madrid tersebut sangat diperlukan untuk menaklukkan tim-tim Bundesliga. Tanpa pemain yang mukanya mirip aktor Aryo Wahab itu, Max Allegri tampaknya akan kembali menurunkan Hernanes yang bakal ditemani oleh Claudio Marchisio dan Paul Pogba.

Meski tidak ada Khedira, secara kualitas, sebenarnya para pemain Juventus masih berada di atas Gladbach. Maka dari itu, di atas kertas, seharusnya La Vecchia Signora bisa meraih kemenangan, atau sesial-sialnya menanggguk hasil seri dalam lawatannya kali ini. Jika sampai kalah, dua laga berikutnya menghadapi Manchester City dan Sevilla bakal sangat berisiko karena kedua tim tersebut sejatinya memiliki skuat yang lebih kuat daripada Gladbach.

***

Probable Line-ups

Borussia Moenchengladbach (4-4-2):
Sommer; Korb, Nordtveit, Dominguez, Wendt; Traore, Dahoud, Xhaka, Johnson; Stindl, Raffael.
Coach: Schubert.

Juventus (4-3-3):
Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini, Evra; Marchisio, Hernanes, Pogba; Cuadrado, Dybala, Morata.
Coach: Allegri.

Referee: Kuipers.
Venue: Borussia Park, Moenchengladbach.
Kick-off: Wed, Nov 4, 2015, 02.45 WIB.
Live: OrangeTV Quad Sport.

Prediction: Borussia Moenchengladbach 0-1 Juventus.

Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 4: Borussia Moenchengladbach vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s