Review Formula 1 Gran Premio de Mexico 2015

Nico Rosberg akhirnya berhasil menjadi pemenang GP Meksiko edisi perdana setelah balapan di Negeri Sombrero tersebut vakum dari Formula 1 sejak tahun 1992. Dalam lomba di Autodromo Hermanos Rodriguez di Mexico City pada hari Senin (2/11) dini hari WIB kemarin, pebalap asal Jerman tersebut finish terdepan setelah mengalahkan sang juara dunia sekaligus rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton.

Setelah nyaris selalu dipecundangi oleh Hamilton dalam dua musim terakhir ini, Rosberg menunjukkan kemampuannya di Meksiko dengan memenangkan duel yang luar biasa melawan pebalap asal Inggris tersebut. Rosberg pun menyebut podiumnya kemarin sebagai podium terhebat tahun ini. Namun, sayangnya, hal itu sudah tidak berpengaruh dalam perebutan gelar juara dunia yang sudah dikunci oleh Hamilton sepekan yang lalu di Amerika Serikat.

Bagi tim Mercedes, finish 1-2 yang dilakukan oleh Rosberg dan Hamilton kemarin semakin mengukuhkan dominasi mereka di ajang F1 tahun ini. Setelah mengamankan gelar juara dunia konstruktor dan pebalap, the Silver Arrows memang berambisi menguasai posisi dua besar musim ini. Pesaing utama yang bisa menggagalkan upaya mereka, yaitu Sebastian Vettel dari Ferrari, kemarin malah gagal finish. Peringkat Vettel yang semula di ranking kedua pun melorot menjadi ketiga setelah digusur oleh Rosberg.

Dengan kemenangannya di Meksiko, Rosberg meraup 25 poin. Sementara itu, Vettel yang DNF (do not finish) tentu saja pulang dengan tangan hampa. Dari yang semula tertinggal empat angka dari Vettel, kini Rosberg menjadi unggul 21 poin. Dengan hanya dua lomba tersisa musim ini, sangat besar peluang jagoan Mercedes itu untuk mengunci posisi kedua pada lomba berikutnya di Brasil, atau setidaknya pada seri terakhir di Abu Dhabi.

Vettel sendiri sebenarnya sudah membalap habis-habisan. Sebelum out, dia sempat tiga kali terlibat insiden sehingga akhirnya harus menyerah dan mengakhiri lomba lebih awal. Pada lap pertama, juara dunia empat kali tersebut sudah serempetan dengan Daniel Ricciardo dan mengakibatkan bannya pecah. Setelah itu, mobilnya sempat selip saat melibas chicane. Kondisi sirkuit di Meksiko memang superlicin karena jarang digunakan sehingga belum banyak sisa-sisa ban yang menempel di pori-pori aspal.

Perjuangan Vettel terpaksa harus berakhir setelah dia kembali mengalami kecelakaan di chichane yang sama. Seusai lomba, mantan pebalap Red Bull itu mengakui bahwa itu adalah kesalahannya dan tidak ada masalah dengan mobil Ferrari yang kemarin pulang dari Meksiko tanpa membawa hasil karena Kimi Raikkonen juga gagal finish.

Lomba berikutnya bakal berlangsung di sirkuit legendaris, Interlagos, dua pekan yang akan datang. Mampukah Rosberg mengunci posisi kedua dari kejaran Vettel? Ataukah Vettel yang mampu membuat kejutan dengan memperpendek gap? Sampai jumpa di Brasil!

Review Formula 1 Gran Premio de Mexico 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s