Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 4: Borussia Moenchengladbach 1-1 Juventus

Juventus harus puas dengan hanya meraih hasil imbang saat melawat ke Borussia Park di Moenchengladbach pada hari Rabu (4/11) dini hari WIB kemarin. Matchday keempat grup D Liga Champions tersebut berakhir dengan skor 1-1 lewat gol yang dicetak oleh Fabian Johnson dan Stephan Lichtsteiner.

Saat laga baru dimulai, Juventus sebenarnya lebih dahulu melakukan tekanan terhadap tuan rumah. Namun, dua kesempatan yang mereka dapatkan tidak mampu dituntaskan dengan baik oleh Patrice Evra dan Paulo Dybala. Gladbach sendiri tidak tinggal diam melihat ancaman Juve. Tim besutan Andre Schubert itu juga berusaha melakukan serangan balik untuk menjebol gawang Gigi Buffon.

Usaha Granit Xhaka dkk akhirnya tercapai setelah pada menit ke-18 Giorgio Chiellini melakukan blunder. Berusaha melakukan sapu bersih, pemain botak itu malah kepleset dan bola mengarah ke Raffael yang kemudian mengirimkan umpan ke Fabian Johnson. Tanpa ampun, Johnson yang menusuk lewat sisi kanan langsung menghunjamkan tembakan silang yang merobek keperawanan sang Nyonya Tua.

Setelah unggul 1-0, Gladbach semakin menggebu-gebu dalam menggempur pertahanan Juve. Beruntung, di antara tiang gawang berdiri seorang santo pelindung, San Gigi Buffon, yang membuat Bianconeri tidak kebobolan lebih banyak gol. Malah, sesaat sebelum turun minum, tepatnya pada menit ke-44, tim tamu yang akhirnya mampu menyamakan kedudukan.

Gol pemecah kebuntuan Juve itu bermula dari Paul Pogba yang menguasai bola di sisi kiri. Sejurus kemudian, gelandang bernomor punggung 10 itu melepaskan umpan chip ala Andrea Pirlo ke dalam kotak penalti Gladbach. Stephan Lichtsteiner yang melakukan penetrasi coming from behind tak terkawal oleh para bek lawan. Pemain yang baru pertama kali tampil setelah menjalani operasi jantung itu kemudian langsung melepaskan tembakan yang gagal dibendung oleh kiper Sommer.

Pada babak kedua, Juve mulai menunjukkan dominasi mereka. Namun, di saat permainan Claudio Marchisio dkk sedang oke-okenya, tiba-tiba Hernanes melakukan tekel berbahaya dengan menggunakan dua kaki terhadap Alejandro Dominguez. Tak pelak, wasit Bjorn Kuipers langsung mengganjarnya dengan kartu merah. Tim tamu pun harus melanjutkan laga dengan 10 pemain saja.

Kalah jumlah personel, Juve yang semula berusaha memenangkan pertandingan mulai bermain defensif. Pelatih Max Allegri menarik duet striker Paulo Dybala dan Alvaro Morata serta memasukkan Juan Cuadrado dan Andrea Barzagli. Tim Zebra yang semula menerapkan formasi 4-3-1-2 langsung berganti menjadi 3-5-1 dengan Cuadrado sebagai ujung tombak palsu, alias tanpa striker murni.

Di lain pihak, merasa di atas angin, Gladbach mulai menggencarkan serangan meraka. Namun, lagi-lagi kehebatan Gigi Buffon membuat tekanan tim tamu seakan menghantam tembok beton. Dewi Fortuna juga belum berpihak pada tim Bundesliga tersebut. Pada menit ke-88, ketika tembakan keras Thorgan Hazard hanya menghantam mistar gawang Juve.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap tidak berubah. Gladbach tercatat unggul dalam penguasaan bola hingga 66 persen. Namun, dari 20 tembakan yang mereka lepaskan, sembilan di antaranya on target, hanya satu yang menembus gawang Buffon. Sementara itu, Juve menghasilkan satu gol dari 15 tembakan, di mana tujuh di antaranya mengarah ke sasaran.

Dengan hasil imbang ini, meski belum terkalahkan, Juve harus merelakan puncak klasemen grup D dikudeta oleh Manchester City (9 poin). Tim asal Inggris itu juga memastikan lolos ke babak 16 besar. Di lain pihak, Juve (8 poin) harus memperebutkan dua tiket tersisa dengan Sevilla (3 poin) dan juga Gladbach (2 poin) yang belum beranjak dari posisi juru kunci. Dua laga berikutnya bakal sangat menentukan konfigurasi akhir grup ini.

***

Ratings

Borussia Monchengladbach (4-4-1-1): 6.5
Sommer 6; Nordtveit 6.5, Christensen 6.5, Dominguez 6, Wendt 6; Traore 6.5, Dahoud 7, Xhaka 7.5, Johnson 7/Hazard 6 (85′); Stindl 6; Raffael 6.5.
Coach: Schubert 6.5.

Juventus (4-3-1-2): 6
Buffon 7.5; Lichtsteiner 7, Bonucci 6, Chiellini 5.5, Evra 5; Sturaro 5.5/Lemina 6 (87′), Marchisio 5.5, Pogba 6.5; Hernanes 4; Morata 6/Barzagli 6 (75′), Dybala 5.5/Cuadrado 6 (63′).
Coach: Allegri 6.

Referee: Kuipers 6.

Man of the Match: Gianluigi Buffon.

Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 4: Borussia Moenchengladbach 1-1 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s