Review Serie A 2015-2016 Giornata 12: Empoli 1-3 Juventus

Juventus berhasil membawa pulang tiga angka setelah melawat ke kandang Empoli di Stadio Carlo Castellani pada hari Minggu (08/11) malam WIB. Laga Liga Italia Serie A giornata ke-12 tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan tim tamu berkat gol yang dicetak oleh Mario Mandzukic, Patrice Evra dan Paulo Dybala. Sementara itu, tuan rumah mendapatkan gol hiburan dari Massimo Maccarone.

Di awal laga, Juventus sebenarnya sempat keteteran menghadapi tekanan dari Empoli. Tim besutan Marco Giampaolo itu cukup dominan dalam penguasaan bola dan membuat pertahanan Bianconeri panik. Akibatnya, pada menit ke-19, Leonardo Bonucci membuat kesalahan dan membuat bola lepas ke kaki Massimo Maccarone. Penyerang botak itu pun tak membuang kesempatan dengan langsung melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Sial bagi Juve, Gigi Buffon tak mampu menghadangnya. Bola pun menembus masuk ke gawang dan membuat kedudukan berubah menjadi 1-0.

Setelah unggul satu gol, Empoli mulai mengurangi agresivitas mereka dan cenderung menumpuk pemain di daerah pertahanan. Juve yang semula tertekan perlahan-lahan mendapat kesempatan untuk bangkit dan menguasai permainan.

Upaya tim tamu untuk menyamakan kedudukan akhirnya tercapai pada menit ke-32. Mario Mandzukic berhasil memanfaatkan kegagalan para bek Empoli dalam menyapu bola di depan gawang. Dengan menjatuhkan diri, mantan striker Bayern Muenchen itu pun langsung mencocor bola dan mebuat skor menjadi 1-1.

Tidak berapa lama kemudian, tepatnya pada menit ke-38, Juve berhasil membalik keadaan. Dari tendangan sudut yang diambil oleh Juan Cuadrado, di antara kepungan para bek Empoli, Patrice Evra mampu menyundul bola yang dengan indah menembus gawang kiper Skorupski. Skor 2-1 pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Juve tetap dominan dalam penguasaan bola. Meski demikian, para penggawa Bianconeri tidak terlalu gencar melakukan serangan dan cenderung untuk mempertahankan keunggulan. Pelatih Max Allegri pun mengubah pola yang semula 4-3-3 menjadi 3-5-2 dengan memasukkan Giorgio Chiellini dan Paulo Dybala serta menarik keluar Juan Cuadrado dan Alvaro Morata pada menit ke-68.

Empoli yang bernafsu untuk menyamakan skor sempat memberikan tekanan kepada Juve. Namun, mereka malah kebobolan lagi pada menit ke-84. Berawal dari Paul Pogba yang mengirimkan umpan lambung ke dalam kotak penalti Empoli, Stephan Lichtsteiner melakukan aksi coming from behind untuk menyambutnya dan melepaskan tembakan. Akan tetapi, Skorupski masih bisa menghadangnya. Bola muntah lantas disikat oleh Mandzukic dan lagi-lagi masih bisa digagalkan oleh Skorupski. Lalu, akhirnya, Dybala-lah yang berhasil menuntaskan “karambol” tersebut dengan menjebol gawang Empoli.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor 3-1 tetap bertahan. Juve tercatat unggul tipis dalam ball possession hingga 53 persen. Sebanyak 11 tembakan mereka lepaskan dengan empat di antaranya on target dan tiga menjadi gol. Sementara itu, meski mampu melakukan 12 tembakan, empat di antaranya mengarah ke sasaran, Empoli hanya mampu sekali menjebol gawang Buffon.

Dengan kemenangan ini, Juve berhasil merangkak ke posisi ketujuh dengan 18 poin dari 12 laga. Jarak dengan pemuncak klasemen, Fiorentina, yang sudah mengumpulkan 27 angka memang masih jauh. Namun, dengan musim yang belum berjalan separuh, apapun masih bisa terjadi. Yang penting, La Vecchia Signora tidak boleh lagi membuang poin dengan percuma. Laga melawan Milan selepas jeda internasional bakal menjadi salah satu ujian konsistensi sang Nyonya Tua.

***

Ratings

Empoli (4-3-1-2): 6
Skorupski 5.5; Laurini 5.5, Tonelli 6, Costa 6, Mario Rui 5.5; Zielinski 6/Buechel 6 (86’), Maiello 6/Diousse 5.5 (58′), Paredes 6/Krunic 5.5 (68′); Saponara 6; Pucciarelli 5.5, Maccarone 6.5.
Coach: Giampaolo 6.

Juventus (4-3-3): 6.5
Buffon 5.5; Lichtsteiner 6.5/Padoin 6 (86’), Barzagli 6, Bonucci 5, Evra 6.5; Khedira 5.5, Marchisio 6, Pogba 6; Cuadrado 6.5/Chiellini 6 (68′), Mandzukic 6.5, Morata 5.5/Dybala 6.5 (68′).
Coach: Allegri 6.5.

Referee: Massa 6.

Man of the Match: Juan Cuadrado.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 12: Empoli 1-3 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s