Review World Cup 2018 Qualifiers Matchday 3: Argentina 1-1 Brazil

Argentina kembali gagal memetik kemenangan saat menjamu musuh bebuyutan mereka, Brasil, pada hari Sabtu (14/11) pagi WIB kemarin. Tim Tango hanya mampu meraih hasil seri 1-1 pada laga yang sedianya dihelat pada hari Jumat (13/11) pagi WIB, tapi ditunda sehari karena hujan lebat mengguyur Estadio Monumental di Buenos Aires.

Dengan hasil imbang ini, posisi Argentina semakin terpuruk di klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Latin. Javier Mascherano kini nangkring di posisi kesembilan dengan hanya meraup dua poin dari tiga laga (dua kali seri dan satu kali kalah), setingkat di atas tim juru kunci Venezuela yang belum meraih angka sama sekali. Situasi ini jelas sangat membuat galau seluruh bangsa Argentina yang terkenal gila bola.

Sepanjang sejarah zona CONMEBOL, belum ada tim yang mampu lolos ke putaran final Piala Dunia setelah gagal meraih kemenangan di tiga laga perdana. Jika nanti berhasil melaju ke Rusia pada tahun 2018, Argentina bakal menjadi tim Amerika Latin pertama yang memecahkan rekor tersebut, dan menjadi tim keempat di dunia setelah Amerika Serikat (1950), Rusia (1986), dan Republik Irlandia (1990).

Pada laga kemarin, Argentina sebenarnya sempat unggul duluan melalui gol Ezequiel Lavezzi yang memanfaatkan umpan silang dari Gonzalo Higuain pada menit ke-34. Namun, pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-58, Brasil mampu menyamakan skor lewat sontekan Lucas Lima, memanfaatkan kemelut di depan gawang Sergio Romero.

Secara statistik, Argentina sebenarnya lebih dominan dalam kemarin. Sebanyak sebelas tembakan berhasil dilontarkan tim Tango. Sementara itu, Brasil hanya menghasilkan delapan tembakan. Namun, finishing buruk membuat tim tuan rumah harus puas memetik hasil imbang karena hanya mampu menceploskan satu gol. Ketidakhadiran Lionel Messi, Sergio Aguero, dan Carlos Tevez yang tengah cedera memang membuat ketajaman La Albiceleste menurun drastis.

Di pihak lain, bintang Brasil Neymar yang baru kembali tampil setelah menjalani skorsing empat laga juga tidak bermain maksimal. Ketatnya penjagaan yang dilakukan oleh para bek Argentina membuat striker yang sedang hot bersama Barcelona itu hanya mampu menghasilkan dua tembakan tanpa gol.

Upaya tim Samba untuk meraih kemenangan di kandang musuhnya juga semakin sulit setelah David Luiz terkena kartu merah. Mereka beruntung hal itu terjadi pada menit ke-88 sehingga Argentina yang unggul dalam jumlah pemain hanya memiliki sedikit waktu yang tersisa untuk menggempur gawang kiper Alisson.

Dengan hasil imbang ini, baik Argentina maupun Brasil dituntut untuk menang dalam laga selanjutnya. Peluang tim Samba lebih besar karena mereka “hanya” akan menjamu Peru di Salvador pada hari Rabu (18/11) pagi WIB. Sementara itu, tim Tango harus melawat ke “neraka” Barranquilla untuk meladeni tuan rumah Kolombia yang trend-nya sedang meningkat setelah James Rodriguez kembali dari cedera.

***

Susunan Pemain:

Argentina:
Romero, Roncaglia, Otamendi, Rojo, Funes Mori, Mascherano, Biglia, Di Maria, Banega/Lamela (81’), Higuain/Dybala (81’), Lavezzi/Gaitan (70’).
Pelatih: Martino.

Brasil:
Alisson, Miranda, Dani Alves, Luis, Luiz, Willian/Gil (90’), Luiz Gustavo, Elias, Lucas Lima/Renato Augusto (63’), Ricardo Oliveira/Douglas Costa (57’), Neymar.
Pelatih: Dunga.

Review World Cup 2018 Qualifiers Matchday 3: Argentina 1-1 Brazil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s