Preview World Cup 2018 Qualifiers Matchday 4: Colombia vs. Argentina

Posisi Argentina saat ini sedang terpuruk di peringkat kesembilan dari 10 kontestan babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Dari tiga laga yang sudah dilakoni, tim Tango belum pernah menang sama sekali dan baru mengumpulkan dua poin dari dua kali hasil imbang dan sekali kalah. Mimpi buruk gagal lolos ke Rusia pun mulai membayangi hampir seluruh bangsa Argentina yang dikenal menganggap sepak bola sebagai agama kedua.

Absennya Lionel Messi dan Sergio Aguero karena cedera, serta belum fitnya Carlos Tevez diyakini membuat Argentina mandul. Bayangkan, dalam tiga laga perdana, La Albiceleste hanya mampu menceploskan satu gol lewat Ezequiel Lavezzi yang dicetak ketika menjamu Brasil kemarin. Tentu saja ini adalah kondisi yang mengenaskan karena sebelumnya Argentina dikenal sebagai tim yang ganas dengan deretan bomber yang haus gol.

Pada matchday keempat hari Rabu (18/11) pagi WIB ini, Argentina bakal kembali mendapat ujian berat dengan melawat ke kandang Kolombia di Barranquilla. Tim Tango diharapkan bisa bangkit karena kota tersebut juga menjadi titik balik saat Lionel Messi dkk terseok-seok dalam Kualifkasi Piala Dunia 2014 empat tahun yang lalu.

Kala itu, dalam tiga laga perdana, Argentina baru memetik satu kemenangan, sedikit lebih baik daripada sekarang. Nah, saat melawat ke Barranquilla, tim Tango yang waktu itu diarsiteki oleh Alejandro Sabella berhasil mempecundangi Kolombia. Setelah kemenangan tersebut, dalam 12 laga selanjutnya, La Albiceleste langsung menang tujuh kali, imbang empat kali, dan hanya sekali kalah. Hasilnya, Javier Mascherano dkk pun memastikan satu tempat di Brasil.

Kali ini, momentum tersebut berusaha diulang oleh tim besutan Tata Martino. Laga melawan Kolombia ini adalah kunci penting. Jika Argentina sampai meraih hasil imbang, apalagi kalah, mimpi buruk gagal lolos ke Piala Dunia 2018 bakal semakin mendekati kenyataan. Memang, masih tersisa 14 laga lagi setelah ini. Tapi, tetap saja butuh keajaiban untuk melaju ke Rusia seandainya tidak pernah menang dalam empat laga perdana.

Di lain pihak, Kolombia sendiri sudah mulai bangkit seiring dengan kembalinya James Rodriguez. Saat dijamu oleh juara Copa America 2015 Cile pada matchday ketiga yang lalu, tim besutan Jose Pekerman itu mampu memaksakan hasil imbang berkat gol James. Kali ini, di kandang sendiri, Los Cafeteros ingin membalas dendam atas kekalahan dari Argentina di Barraquilla empat tahun silam.

Hanya saja, upaya James dkk kali ini terbentur oleh absennya beberapa pemain kunci. Yang pertama adalah Jackson Martinez cedera engkel sepulang dari Cile. Padahal, bomber Atletico Madrid yang sudah mencetak 10 gol bagi Kolombia itu diharapkan menjadi tandem bagi Carlos Bacca di depan. Tanpa Jackson, Pekerman mungkin akan mengandalkan Teofilo Gutierrez karena penampilan Radamel Falcao masih melempem.

Di lini pertahanan dan tengah, Pekerman juga kehilangan bek Santiago Arias dan gelandang Carlos Sanchez. Tanpa Juan Cuadrado yang ditinggal di Juve, otomatis Kolombia hanya bisa mengandalkan Fredy Guarin sebagai pemasok bola bagi para striker mereka. Meski demikian, Argentina tetap harus waspada karena masih ada James yang biasa beroperasi sebagai gelandang serang dan kerap tampil sebagai pembeda dengan gol-golnya.

***

Perkiraan Susunan Pemain:

Kolombia (4-3-1-2):
1 Ospina; 17 Palacios, 2 Zapata, 22 Murillo, 18 Fabra; 20 Torres, 13 Guarin, 15 Mejia; 10 James; 19 Gutierrez, 7 Bacca.
Pelatih: Pekerman.

Argentina (4-3-3):
1 Romero; 4 Peruzzi, 17 Otamendi, 13 Funes Mori, 16 Rojo; 6 Biglia, 14 Mascherano, 8 Banega; 10 Di Maria, 9 Higuain, 22 Lavezzi.
Pelatih: Martino.

Wasit: Carlos Vera (ECU).
Venue: Estadio Metropolitano Roberto Melendez, Barranquilla.
Kick-off: Wed, Nov 18, 2015, 03.30 WIB.
Live: Stream.

Preview World Cup 2018 Qualifiers Matchday 4: Colombia vs. Argentina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s