Review World Cup 2018 Qualifiers Matchday 4: Colombia 0-1 Argentina

Argentina akhirnya berhasil memetik kemenangan perdana dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Latin. Bermain di Barranquilla, Paulo Dybala dkk mampu menggulung tim tuan rumah 1-0 di kota yang terletak di sebelah utara Kolombia tersebut. Lucas Biglia menjadi pencetak gol kemenangan tim Tango pada laga yang berlangsung di Estadio Metropolitano Roberto Melendez, hari Rabu (18/11) pagi WIB kemarin.

Menjelang laga melawan Kolombia, Argentina sebenarnya sempat cemas karena Erik Lamela mengalami cedera. Winger asal Tottenham Hotspur itu digadang-gadang untuk menjadi andalan di lini depan bersama dengan Angel Di Maria dan Gonzalo Higuain. Tanpa Lamela, pelatih Gerardo “Tata” Martino terpaksa memainkan Ezequiel Lavezzi di sayap kiri.

Keputusan Tata tersebut terbukti tepat. Lavezzi, yang mencetak satu-satunya gol saat Argentina ditahan imbang Brasil beberapa hari sebelumnya, menjadi kreator bagi gol La Albiceleste. Crossing pemain asal Paris Saint-Germain tersebut berhasil dituntaskan oleh Lucas Biglia pada menit ke-20 untuk menjebol gawang Kolombia.

Meski menang, penampilan Argentina kemarin masih belum ganas. Dari sepuluh tembakan yang mereka lepaskan, hanya tiga yang mengarah ke gawang David Ospina, dan hanya satu yang menjadi gol. Itu pun bukan berasal dari lini depan, melainkan dari gelandang. Baik Lavezzi, Higuain, Di Maria, ataupun Dybala yang masuk pada menit ke-70 masih belum mampu mengembalikan ketajaman tim Tango yang melempem tanpa kehadiran Lionel Messi, Sergio Aguero, dan Carlos Tevez yang sedang cedera.

Untung saja, barisan gelandang yang kemarin dihuni oleh Javier Mascherano, Lucas Biglia, dan Ever Banega mampu menjadi penyelamat. Jika kemarin sampai gagal menang di Kolombia, Argentina bakal semakin terpuruk. Saat ini saja mereka baru menduduki posisi keenam dengan lima poin di klasemen sementara. Padahal, hanya penghuni empat besar yang otomatis lolos langsung ke Rusia. Mereka tertinggal jauh dari pemuncak klasemen Ekuador yang sudah mengantongi 12 angka setelah menyapu bersih kemenangan pada empat laga perdana.

Meski belum mampu menembus empat besar, kemenangan kemarin setidaknya bisa menyelamatkan masa depan Martino. Seandainya kembali terpeleset di Kolombia, publik Argentina yang terkenal gila bola pasti semakin mendesak AFA untuk memecat mantan pelatih Barcelona tersebut. Saat ini, Tata bisa bernafas lega, minimal selama empat bulan, karena Argentina baru akan bertanding lagi pada 24 Maret 2016 di kandang juara Copa America 2015, Cile.

Di lain pihak, Kolombia sebenarnya berpeluang untuk mengungguli Argentina saat laga baru dimulai. Pada menit ketiga, Macnelly Torres yang membawa bola dari sayap kanan mampu mengirimkan crossing ke depan gawang Sergio Romero. Namun, duet Teofilo Gutierrez dan Carlos Bacca yang dipasang didepan terlalu impoten untuk menuntaskannya.

Kolombia akhirnya malah kebobolan duluan karena barisan pertahanan mereka salah mengantisipasi pergerakan Biglia. Crossing yang dilepaskan Lavezzi pada menit ke-20 sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Namun, karena tak terkawal, Biglia mampu dengan mudah menyontek bola dan menjebol gawang Ospina.

Sebelum turun minum, sebanyak dua kali pemain Kolombia sempat jatuh di dalam kotak penalti Argentina. Akan tetapi, wasit tidak menganggap hal itu sebagai pelanggaran. Pada babak kedua, upaya mereka untuk menyamakan skor dengan bermain cepat juga digagalkan oleh Nicolas Otamendi dkk yang cenderung memperlambat tempo untuk mempertahankan keunggulan.

Kolombia juga nyaris ketinggalan 0-2 jika gol Dybala tidak dianulir wasit karena dianggap offside. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 0-1 tetap tidak berubah. Tim asuhan Jose Pekerman itu kini terbenam posisi ketujuh, satu strip di bawah Argentina, dengan empat poin. Peluang James dkk untuk lolos ke Piala Dunia 2018 pun semakin berat.

***

Susunan Pemain

Kolombia:
Ospina; Palacios, Zapata, Murillo, Fabra; M. Torres, Mejia/Ramos (78′), D. Torres, Rodriguez; Bacca, Gutierrez/Cardona (58′).
Pelatih: Pekerman.

Argentina:
Romero; Mercado/Peruzzi (79′), Otamendi, Funes Mori, Rojo; Biglia, Mascherano; Di Maria, Banega, Lavezzi/Enzo Perez (86′); Higuain/Dybala (70′).
Pelatih: Martino.

Review World Cup 2018 Qualifiers Matchday 4: Colombia 0-1 Argentina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s