Review Serie A 2015-2016 Giornata 13: Juventus 1-0 Milan

Juventus berhasil memetik tiga angka dalam grande partita Liga Italia melawan AC Milan pada hari Minggu (22/11) dini hari WIB kemarin. Gol tunggal dalam laga giornata ke-13 tersebut dicetak oleh Paulo Dybala pada menit ke-65, sekaligus mengantarkan sang Nyonya Tua meraih tiga kemenangan beruntun di Serie A.

Awalnya, Juve sempat kesulitan dalam menembus pertahanan Milan. Kedua tim cenderung berhati-hati dan menerapkan tempo rendah dalam membangun serangan. Meski demikian, tuan rumah terlihat lebih dominan dalam penguasaan bola dan berusaha mencari celah untuk menembus pertahanan tamunya lewat umpan-umpan pendek.

Pada menit ke-29, Juve yang mulai agresif dalam menekan pertahanan Milan terpaksa harus kehilangan Patrice Evra karena cedera. Mantan bek Manchester United itu pun digantikan oleh Alex Sandro. Masuknya pemain asal Brasil ini membuat serangan Bianconeri lebih tajam, terutama dari sayap kiri. Akan tetapi, para penggawa tuan rumah tetap kelihatan susah untuk menjebol gawang kiper ababil Gianluigi Donnarumma.

Menjelang turun minum, Hernanes yang terlihat frustrasi mulai melancarkan tembakan jarak jauh sebanyak dua kali. Namun, semuanya melenceng. Penampilan melempem mantan pemain Inter tersebut menjadi salah satu penyebab kemandulan Juve. Sebagai seorang trequartista, Hernanes terlalu lamban dan tidak kreatif dalam membongkar pertahanan lawan.

Pada awal babak kedua, pelatih Max Allegri langsung melakukan perubahan dengan menarik keluar Hernanes dan menggantikannya dengan Leonardo Bonucci. Skema Juve yang semula 4-3-1-2 pun berubah menjadi 3-5-2. Alex Sandro yang semula bermain agak ke belakang menjadi semakin aktif menyerang dengan perubahan pola ini.

Pada menit ke-65, Juve akhirnya mampu memecah kebuntuan. Paul Pogba yang beroperasi di lapangan tengah sebelah kiri mampu menjalin kerjasama dengan Alex Sandro, yang kemudian memberi assist matang ke depan gawang Milan. Paulo Dybala yang menusuk ke dalam kotak penalti langsung menguasai bola dan sejurus kemudian melesatkan tembakan yang tak mampu dihalau oleh kiper ababil Donnarumma.

Tertinggal satu gol, Milan tampak desperate dan mulai melancarkan sporadis. Untungnya, Juve sudah bersiap dengan skema 3-5-2 dan langsung memperkuat pertahanan mereka. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor 1-0 tetap tidak berubah. Sang Nyonya Tua pun mempertahankan rekor selalu menang atas il Diavolo Rosso dalam enam pertemuan terakhir mereka di Serie A.

Selama 90 menit, Juve tercatat lebih dominan dalam ball possession hingga 55 persen. Sebanyak 16 tembakan dilepaskan oleh Mario Mandzukic dkk, namun hanya lima yang on target dan satu menjadi gol. Sementara itu, Milan lebih parah lagi. Dari 9 tembakan yang mereka lepaskan, hanya dua yang mengarah ke gawang Gigi Buffon.

Dengan kemenangan ini, Juve menyalip Milan di klasemen sementara. Bianconeri saat ini mengumpulkan 21 poin di peringkat keenam, unggul satu angka atas Rossoneri yang tertinggal satu strip di bawah mereka. Pelan tapi pasti, La Vecchia Signora mulai merangkak ke papan atas. Jika trend tiga kemenangan beruntun ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin Claudio Marchisio dkk bisa kembali meramaikan perburuan scudetto pada tahun baru nanti.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 6.5
Buffon 6; Lichtsteiner 6, Barzagli 6.5, Chiellini 6, Evra 6/Alex Sandro 7 (29′); Sturaro 6, Marchisio 6.5, Pogba 6.5; Hernanes 5/Bonucci 6 (46′); Mandzukic 5.5, Dybala 7/Morata 6 (81′).
Coach: Allegri 6.5.

Milan (4-3-3): 5
Donnarumma 6.5; Abate 5, Alex 5, Romagnoli 6.5, Antonelli 5; Kucka 6/Luiz Adriano 5.5 (74′), Montolivo 6, Bonaventura 6.5; Cerci 5, Bacca 5.5, Niang 6/Honda 6 (84′).
Coach: Mihajlovic 5.

Referee: Mazzoleni.

Man of the Match: Paulo Dybala.

Review Serie A 2015-2016 Giornata 13: Juventus 1-0 Milan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s