Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 5: Juventus vs. Manchester City

Setelah menghabisi perlawanan AC Milan di kompetisi domestik akhir pekan kemarin, Juventus akan melanjutkan kiprahnya di ajang Eropa dengan menjamu Manchester City pada hari Kamis (26/11) dini hari nanti WIB. Kemenangan atas Rossoneri menjadi modal penting bagi Juve dalam mengarungi matchday kelima grup D yang bakal menentukan kelolosan mereka ke babak 16 Liga Champions musim ini.

Berbeda dengan Juventus yang memetik hasil sempurna, Manchester City harus menelan pil pahit saat berlaga di Premier League matchweek ke-13 kemarin. Sergio Aguero dkk yang bermain di kandang sendiri secara mengejutkan dibantai oleh Liverpool dengan skor telak 1-4. Skema gegenpressing yang diterapkan oleh Juergen Klopp berhasil memorak-porandakan pertahanan City yang selama ini dikenal tangguh di Inggris.

Dengan situasi seperti ini, pelatih Max Allegri pun optimistis Juve bakal mampu kembali mempecundangi Manchester City seperti saat mereka melawat ke Etihad Stadium pada matchday pertama yang lalu. Jika menang, tim Zebra akan melenggang ke 16 besar, menemani lawannya tersebut yang sudah terlebih dahulu memegang tiket untuk berlaga di fase knock-out. Jika kalah atau seri, Bianconeri masih harus berjuang di kandang Sevilla, yang kini berada di peringkat ketiga, pada matchday terakhir.

Untuk mengalahkan City, Juve harus mampu mengulangi penampilan apik yang mereka peragakan pada babak kedua saat menghabisi Milan. Kala itu, kerjasama antara Paul Pogba dan Alex Sandro di sayap kiri mampu dituntaskan oleh Paulo Dybala untuk member pelajaran pada kiper ababil Gianluigi Donnarumma. Dybala pun sangat mungkin bakal kembali menjadi andalan Allegri untuk membombardir gawang Joe Hart.

Kendala yang dihadapi Juve untuk meraih tiket ke 16 besar adalah absennya sejumlah pemain, termasuk para gelandang yang selama ini kerap diandalkan oleh Allegri, yaitu Sami Khedira, Hernanes, Kwadwo Asamoah, dan Roberto Pereyra. Tanpa mereka, Stefano Sturaro mungkin akan dipasang untuk menemani Claudio Marchisio dan Paul Pogba sebagai trio di lini tengah. Sementara itu, Patrice Evra yang kondisinya meragukan, masih masuk dalam skuat, tapi mungkin hanya akan menghuni bangku cadangan.

Di lain pihak, City juga harus melawat ke Juventus Stadium tanpa diperkuat oleh sang kapten, Vincent Kompany yang kondisinya meragukan. Absennya bek tangguh asal Belgia itu juga yang ditengarai membuat pertahanan the Citizens rapuh dan akhirnya di-bully oleh Liverpool akhir pekan kemarin. Meski demikian, pelatih Manuel Pellegrini masih yakin Kompany bisa sembuh dari cedera betis dan bakal tampil saat dijamu Juve. Selain itu, di lini depan, Samir Nasri, David Silva dan Wilfried Bony juga tidak bisa memperkuat mereka.

Meski sudah memastikan lolos ke babak 16 besar, City memang masih berhasrat untuk mengalahkan Juve dini hari nanti. Alasannya, yang pertama, mereka ingin membalas dendam atas kekalahan pada matchday pertama di kandang sendiri. Yang kedua, dan ini lebih penting, City ingin mengamankan posisi juara grup D agar terhindar dari lawan berat di fase knock-out. Dalam dua musim terakhir, Yaya Toure dkk memang selalu kandas karena harus bentrok dengan tim juara grup semacam Barcelona di babak perdelapan final.

Melihat kondisi terakhir, Juventus memang sedikit diunggulkan dibandingkan Manchester City. Secara moral, mereka sedang naik setelah meraih kemenangan dua kali beruntun, meski dengan skor tipis. Selain itu, sang Nyonya Tua bermain di kandang sendiri. Oleh karena itu, menang dengan selisih satu gol seharusnya bisa digapai oleh Paulo Dybala dkk.

***

Probable Line-ups:

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 26 Lichtsteiner, 27 Sturaro, 8 Marchisio, 10 Pogba, 12 Alex Sandro; 9 Morata, 21 Dybala.
Coach: Massimiliano Allegri.

Manchester City (4-2-3-1):
1 Hart; 3 Sagna, 26 Demichelis, 30 Otamendi, 11 Kolarov; 42 Yaya Toure, 6 Fernando; 15 Navas, 17 De Bruyne, 7 Sterling; 10 Aguero.
Coach: Manuel Pellegrini.

Referee: Felix Brych (GER).
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Thu, Nov 26, 2015, 02.45 WIB.
Live: RCTI / beIN SPORTS 2.

Prediction: Juventus 2-1 Manchester City.

Preview Champions League 2015-2016 Group D Matchday 5: Juventus vs. Manchester City

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s