Preview Formula 1 Abu Dhabi Grand Prix 2015

Sirkus balap mobil Formula 1 akan memasuki seri terakhir di Abu Dhabi musim ini. Sirkuit Yas Marina bakal menjadi tuan rumah ronde ke-19, yang mana sudah tidak lagi menentukan karena posisi 1-2 di klasemen sementara sudah dikunci oleh Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Begitu juga dengan juara konstruktor yang sudah jauh-jauh hari digenggam oleh tim Mercedes.

Meski demikian, GP Abu Dhabi akhir pekan ini tetap menjanjikan sesuatu yang seru, terutama terkait dengan friksi antara Hamilton dan Rosberg yang sempat terpercik kembali saat berlangsungnya GP Brasil dua pekan lalu. Kala itu, Hamilton merasa dirugikan oleh strategi tiga kali pit stop yang diterapkan oleh Mercedes, yang dianggap lebih memprioritaskan Rosberg untuk mengunci posisi kedua di klasemen sementara. Alhasil, pebalap Inggris itupun gagal menggapai kemenangan di tanah kelahiran idolanya, almarhum Ayrton Senna.

Akhir pekan ini, Rosberg yang sudah meraih dua kemenangan beruntun memang diunggulkan untuk mencetak hat-trick. Performa pebalap Jerman itu memang menanjak dalam beberapa balapan terakhir. Lima pole position beruntun berhasil dia raih. Meski demikian, itu sudah terlambat untuk menahan laju Hamilton dalam meraih gelar juara dunia. Di Abu Dhabi, rekor Rosberg sebenarnya tidak terlalu oke. Dia hanya mampu naik podium sekali pada tahun 2013. Sementara itu, Hamilton sudah dua kali menang di sana.

Selain disibukkan oleh friksi dua pebalapnya, Mercedes sudah terancam oleh Ferrari yang penampilannya semakin membaik. Memang, gelar juara musim ini sudah berhasil diamankan. Tapi, jika tim Kuda Jingkrak terus menanjak, bukan tidak mungkin tahun depan Sebastian Vettel bakal merebut gelar tersebut dari tangan mereka. Saat ini, kecepatan Vettel memang semakin mendekati Hamilton dan Rosberg. Bukan hal yang mustahil jika mantan pebalap Red Bull tersebut bisa kembali mencuri kemenangan di seri terakhir di Abu Dhabi.

Selain Vettel, Ferrari juga punya misi mengamankan jagoan mereka lainnya, Kimi Raikkonen untuk mengunci posisi keempat di klasemen sementara. Saat ini, juara dunia 2007 tersebut tertinggal hanya satu poin di belakang kompatriotnya asal tim Williams, Valtteri Bottas. Pertarungan antara dua pebalap Finlandia itu sepertinya bakal berlangsung seru di Yas Marina.

2015 Formula 1 Etihad Airways Abu Dhabi Grand Prix akan dimulai pada hari Jumat, 27 November 2015, dengan sesi Free Practice 1 (16.00 WIB) dan Free Practice 2 (20.00 WIB). Hari Sabtu, 28 November 2015, akan diawali sesi Free Practice 3 (17.00 WIB) dan dilanjutkan sesi Qualifying (20.00 WIB). Hari Minggu, 29 November 2015, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 20.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Abu Dhabi Grand Prix 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s