Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 5: Juventus 1-0 Manchester City

Juventus kembali mempecundangi Manchester City pada matchday kelima grup D Liga Champions di Juventus Stadium pada hari Kamis (26/11) dini hari kemarin WIB. Gol tunggal kemenangan Juve dicetak oleh Mario Mandzukic pada menit ke-18. Pada matchday pertama ketika Bianconeri mempermak the Citizens 2-1 di Etihad Stadium, striker asal Kroasia tersebut juga turut menyumbangkan gol bersama dengan Alvaro Morata.

Pada laga kemarin, sejak awal kedua tim sudah saling menyerang dan berusaha untuk mengendalikan permainan. City tampak lebih dominan dalam penguasaan bola. Sementara itu, Juve lebih mengandalkan serangan balik cepat untuk mengancam pertahanan tamu mereka yang dikomandani oleh Nicolas Otamendi.

Pada menit ke-18, Paul Pogba yang melakukan serangan balik lantas membawa bola sendirian dari lapangan tengah. Saat mendekati kotak penalti City, gelandang asal Prancis itu mengoperkan bola ke sisi kiri dan mampu dikuasai oleh Alex Sandro yang melakukan overlapping ke depan. Sejurus kemudian, pemain asal Brasil tersebut mengirimkan umpan silang ke depan gawang yang tanpa ampun langsung disikat oleh Mario Mandzukic.

Tertinggal satu gol, City terus meningkatkan serangan mereka. Namun, Sergio Aguero dkk kali ini tak sanggup untuk menembus benteng pertahanan Juve yang dijaga oleh trio bek Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini. Hingga turun minum, skor 1-0 tetap tidak berubah untuk keunggulan tuan rumah.

Pada babak kedua, City masih bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Namun, Juve juga tidak tinggal diam. Pelatih Max Allegri lantas memasukkan Alvaro Morata pada menit ke-55 untuk menggantikan Mario Mandzukic. Dengan tenaga yang lebih fresh, mantan striker Real Madrid tersebut diharapkan mampu mengobrak-abrik dan menjebol gawang Joe Hart seperti pada matchday pertama yang lalu.

Pelatih City, Manuel Pellegrini, pun merespon dengan mengganti Fernandinho dengan Fabian Delph pada menit ke-60. Tak lama kemudian, Kun Aguero yang tampil melempeng juga ditarik keluar untuk digantikan oleh Raheem Sterling. Dengan kecepatannya, mantan striker Liverpool tersebut diharapkan mampu melakukan penetrasi ke dalam pertahanan Juve yang sulit ditembus sejak babak pertama.

Memasuki menit ke-75, kedua tim masih belum mengendurkan serangan. Tidak adanya gol yang tercipta lebih disebabkan penampilan ciamik dari dua kiper, yaitu Gigi Buffon dan Joe Hart. Buffon sempat melakukan penyelamatan luar biasa dengan menghalau bola yang nyaris melewati garis gawang. Demikian juga dengan Joe Hart yang mampu mementahkan beberapa tembakan para pemain Juve.

Sang Nyonya Tua sebenarnya nyaris menambah keunggulan. Berkat aksi individunya, Alvaro Morata berhasil menciptakan peluang emas. Namun, karena dia egois ingin membuat gol, tembakannya bisa digagalkan oleh Joe Hart. Seandainya dia mengoperkan bola kepada Paulo Dybala yang posisinya lebih bebas, mungkin Juve sudah unggul 2-0 saat itu.

City sendiri juga memiliki peluang lewat Raheem Sterling. Akan tetapi, tembakannya yang melenceng tidak berhasil merobek gawang Buffon. Selain gagal menyamakan kedudukan, the Citizens juga harus kehilangan Joe Hart pada menit ke-81 karena cedera. Posisi kiper tim nasional Inggris itu kemudian digantikan oleh Willy Caballero.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor 1-0 tetap tidak berubah. selama 90 menit, City sebenarnya lebih dominan dalam penguasaan bola hingga 59 persen. Namun, dari 13 tembakan yang mereka lepaskan, hanya dua yang mengarah ke sasaran dan tidak ada yang mampu menembus gawang Buffon. Sementara itu, dari 13 tembakan yang dilesatkan oleh Juve, lima di antaranya on target, dan satu yang menjadi gol.

Dengan kemenangan ini, Juve dipastikan menggenggam satu tiket untuk berlaga di babak 16 besar Liga Champions. Selain itu, Claudio Marchisio dkk berhasil mengkudeta City dari puncak klasemen sementara grup D. untuk mengamankan posisi sebagai juara grup, tim Zebra hanya perlu bermain imbang saat bertandang ke Sevilla pada matchday terakhir.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 6.5
Buffon 7.5; Barzagli 6.5, Bonucci 6.5, Chiellini 6.5; Lichtsteiner 5.5, Sturaro 6.5, Marchisio 5.5, Pogba 7, Alex Sandro 7/Evra 6 (78′); Mandzukic 7/Morata 6.5 (55′), Dybala 6.5/Cuadrado 6 (82′).
Coach: Allegri 7.5.

Manchester City (4-2-3-1): 5.5
Hart 7.5/Caballero 6 (81′); Sagna 5.5, Demichelis 5, Otamendi 5, Clichy 5; Fernando 6, Fernandinho 5.5/Delph 6 (60′); Navas 5, Yaya Toure 6.5, De Bruyne 5.5; Aguero 5/Sterling 5 (69′).
Coach: Pellegrini 5.5.

Referee: Felix Brych (GER) 6.5.

Man of the Match: Gianluigi Buffon.

Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 5: Juventus 1-0 Manchester City

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s