Review Formula 1 Abu Dhabi Grand Prix 2015

Nico Rosberg berhasil menutup Formula 1 musim 2015 dengan meraih kemenangan di GP Abu Dhabi. Victory hari Minggu (29/11) kemarin sekaligus merupakan hat-trick setelah pebalap Mercedes tersebut juga berjaya di dua seri sebelumnya, yaitu GP Meksiko dan GP Brasil.

Dalam tiga balapan terakhir, Rosberg memang seakan bangkit dari keterpurukan. Sayangnya, hal itu sudah terlambat. Pesaing utama sekaligus rekan setimnya, Lewis Hamilton, sudah terlanjur mengunci gelar juara dunia tahun 2015 pada GP Amerika Serikat yang lalu. Seandainya Rosberg berhasil menemukan performa terbaik pada beberapa seri sebelumnya, mungkin Hamilton harus berjuang hingga balapan terakhir untuk meraih gelar juara dunianya yang ketiga.

Meski sudah tidak menentukan dalam perebutan gelar juara, Rosberg tetap puas dengan hat-trick kemenangan yang diraihnya dalam tiga lomba terakhir. Anak mantan legenda F1 Keke Rosberg itu merasa kebangkitannya di akhir musim ini bisa menjadi pelecut semangatnya untuk mengarungi musim depan. Bahkan, dia berkoar tidak butuh liburan untuk segera mempersiapkan diri menyambut tahun 2016 yang diperkirakan bakal lebih ketat dan seru.

Sementara itu, Hamilton yang kemarin kembali gagal meraih victory setelah hanya finish kedua di belakang Rosberg, kembali terlibat friksi dengan timnya sendiri, Mercedes, mengenai strategi pit stop. Seperti saat di Brasil, Hamilton ngotot untuk melakukan dua kali pit stop saja sepanjang lomba. Sementara itu, Mercy kekeuh menolaknya.

Dalam balapan yang berlangsung 55 putaran kemarin, Rosberg melakukan pit stop keduanya pada lap ke-31. Di lain pihak, Hamilton berusaha mengulur waktu dan tidak segera mengganti ban. Hasilnya, pebalap asal Inggris itu memimpin di depan dengan keunggulan hingga 18 detik. Namun, tim Mercedes memaksanya untuk segera mengganti ban. Hamilton sendiri ngeyel bahwa ban soft-nya masih cukup awet untuk digeber agar bisa menjauh dari kejaran Rosberg.

Pada lap ke-41, Hamilton akhirnya menuruti permintaan timnya untuk masuk pit untuk mengganti ban. Akan tetapi, dia malah memasang ban soft, bukan supersoft yang notabene lebih cepat. Alhasil, saat kembali ke trek, dia kesulitan mengejar ketertinggalan 12,5 detik dari Rosberg. Hingga garis finish, Hamilton akhirnya hanya mampu mengurangi gapnya menjadi 8,2 detik di belakang Rosberg.

Sementara itu, tempat terakhir di podium berhasil direbut oleh Kimi Raikkonen. Jagoan Ferrari tersebut finish di posis ketiga di depan rekan setimnya, Sebastian Vettel. Dengan hasil tersebut, pebalap asal Finlandia itu berhasil mengunci posisi keempat di klasemen sementara, mengalahkan kompatriotnya dari Williams, Valtteri Bottas.

Dengan berakhirnya GP Abu Dhabi kemarin, berarti tuntas sudah gelaran F1 musim ini. Tahun depan, balapan jet darat ini diperkirakan bakal berlangsung lebih seru dengan kebangkitan tim Kuda Jingkrak Ferrari untuk menyaingi the Silver Arrows Mercedes. Selain itu, Rosberg dan Vettel mungkin juga sudah mampu untuk mengakhiri dominasi Hamilton. Sampai jumpa di 2016!

Review Formula 1 Abu Dhabi Grand Prix 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s