Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 6: Sevilla 1-0 Juventus

Juventus akhirnya menelan kekalahan perdana di Liga Champions musim ini saat dijamu oleh Sevilla pada matchday terakhir grup D. Tampil di Estadio Ramos Sanchez Pizjuan pada hari Rabu (09/12) dini hari kemarin, Gigi Buffon dkk harus takluk 1-0 gara-gara gol sundulan yang dicetak oleh sang mantan, Fernando Llorente.

Sejak awal laga, kedua tim bermain cukup terbuka tap tidak dalam tempo yang cepat. Juve yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar terlihat tampil hati-hati. Sementara itu, Sevilla yang butuh kemenangan agar bisa lolos ke Europa League tampak lebih agresif dalam menekan pertahanan tim tamu.

Dengan mengandalkan striker yang pernah bermain di Juve, Fernando Llorente, sebagai ujung tombak, Sevilla secara konstan menggedor gawang Buffon. Untung saja, penampilan kiper veteran tersebut sangat yahud. Hingga menit ke-20, kapten tim Zebra tersebut sudah melakukan dua kali penyelamatan hebat.

Juve sendiri bukannya tanpa perlawanan. Stefano Sturaro dan Alvaro sempat mendapatkan peluang untuk menjebol gawang Sergio Rico. Namun, penyelesaian akhir Morata yang sangat buruk membuat Sevilla terhindar dari kebobolan. Gol yang sudah di depan mata pun melayang. Hingga turun minum, skor kedua tim masih sama-sama mandul, alias 0-0.

Pada babak kedua, Juve terlihat sedikit dominan dalam penguasaan bola. Namun, mereka masih kesulitan untuk menembus pertahanan Sevilla. Dua gelandang bertahan tuan rumah membuat trio lini tengah Juve mati kutu. Claudio Marchisio dan Paul Pogba tidak cukup kreatif untuk membongkar benteng tim asal Andalusia tersebut. Sementara itu, serangan dari sayap yang digalang oleh Stephan Lichtsteiner dan Alex Sandro juga tampak tumpul.

Pada menit ke-66, Sevilla mencoba membalas tekanan Juventus akhirnya berhasil unggul. Berawal dari sepak pojok yang diambil oleh Yevhen Konoplyanka, Llorente berhasil menyundul bola dan mengarahkan ke tiang jauh. Buffon yang sebelumnya melakukan penyelamatan gemilangan tak kuasa menahan bola dari mantan rekan setimnya tersebut. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal satu gol membuat Juve tersentak. La Vecchia Signora pun meningkatkan serangan mereka. Lichtsteiner yang loyo di sayap kanan akhirnya digantikan oleh Juan Cuadradro yang lebih agresif. Namun, Morata yang finishing-nya sangat melempem tidak diganti oleh Allegri.

Pada 15 menit terakhir, Sevilla dan Juve bergantian menciptakan peluang. Paulo Dybala nyaris menyamakan kedudukan. Sayang, tembakannya masih membentur gawang. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap tidak berubah.

Selama 90 menit, Juve sebenarnya lebih dominan dalam penguasaan bola hingga 53 persen. Namun, dari 19 tembakan, delapan di antaranya on target, tidak ada yang menjadi gol karena finishing touch yang sangat buruk. Sementara itu, dari 18 tembakan yang dilepaskan oleh Sevilla, enam di antaranya mengarah ke sasaran dan salah satunya menjebol gawang Buffon.

Dengan kekalahan ini, Juve gagal mempertahankan posisi juara grup D dan harus tergusur oleh Manchester City yang menang 4-2 atas Borussia Moenchengladbach. Status runner-up grup ini membuat Juve terancam bertemu tim-tim top semacam Barcelona, Real Madrid, atau pun Bayern Muenchen di babak 16 besar. Pray for Juve.

***

Ratings

Sevilla (4-2-3-1): 7
Rico 7.5; Coke 6, Rami 5.5, Kolodziejczak 5.5/Mariano 6.5 (57′), Tremoulinas 5.5; N’Zonzi 6, Krychowiak 7; Vitolo 6, Banega 6.5, Konoplyanka 6.5/Khron-Dehli 6.5 (68′); Llorente 7.5/Gameiro 6 (77′).
Coach: Emery 7.

Juventus (3-5-2): 6
Buffon 7; Barzagli 5.5, Bonucci 5.5, Chiellini 6; Lichtsteiner 5.5/Cuadrado 5.5 (76′), Sturaro 5, Marchisio 6, Pogba 5, Alex Sandro 6; Dybala 6.5, Morata 4.5.
Coach: Allegri 5.5.

Referee: Marciniak (POL).

Man of the Match: Fernando Llorente.

Review Champions League 2015-2016 Group D Matchday 6: Sevilla 1-0 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s